top of page
ismaniarsutardi

Gak Bikin Takut! 11 Ras Kucing Berbulu Hitam Ini Gemesin!

Cat pawrents pasti pernah denger kalau kucing dengan bulu berwarna hitam itu selalu dikaitkan dengan sesuatu yang mistis atau klenik. Mungkin karena warnanya hitam sehingga kesan misterius selalu mengikuti kucing-kucing ini, banyak orang makin percaya kalau kucing dengan bulu berwarna hitam berkaitan dengan sihir. Belum lagi banyak juga film, buku, atau cerita yang menempatkan kucing dengan bulu berwarna hitam sebagai peliharaan para penyihir. 


Jadi apakah kucing berbulu hitam ini mengerikan? Ya nggak dong! Justru kucing-kucing seperti ini begitu menggemaskan dan butuh kasih sayang manusia. Uniknya lagi, ada sebelas jenis ras kucing berbulu hitam yang bisa jadi pertimbanganmu dalam memelihara mereka. Yuk cek satu per satu!


1. Bombay

Kucing ras Bombay adalah kucing perpaduan American Shorthair hitam dengan Burmese. Kucing jenis ini selalu punya bulu yang hitam legam. Wajahnya yang polos dengan tekstur tajam serta matanya yang berwarna keemasan memberikan kesan selayaknya seekor harimau kumbang dengan tubuh mungil. Layaknya seekor harimau kumbang, kucing Bombay punya banyak energi sehingga sangat aktif bergerak. Mereka juga kerap kali mencari perhatianmu kalau cat pawrents berada di dekat mereka sehingga mereka rentan stress jika ditinggal terlalu lama. Gemas!

Kucing hitam bermata kuning duduk di atas seprai putih.
Kucing hitam sering dikaiitkan dengan hal yang mistis, padahal mereka manis. (sumber: unsplash).

2. Maine Coon

Kucing dengan ras Maine Coon pun ada lho yang berbulu hitam. Ukurannya yang cenderung lebih besar dari kucing ras lain sangat bertolak belakang dengan sifatnya yang lembut dan manja. Kucing jenis ini juga mudah punya ikatan batin dengan pemiliknya, jadi cat pawrents jangan heran kalau tiba-tiba ia melompat ke pangkuanmu untuk sekadar cuddling. Bulunya yang begitu lebat pasti membuatmu sangat ingin membelainya.

Kucing Bombay warna hitam bersantai di atas pasir.
Kucing hitam Maine Coon ini punya bulu yang lebat (sumber: unsplash).

3. Oriental Shorthair

Kalau kamu penggemar kucing yang mengeong dengan suara lucu mereka, Oriental Shorthair bisa jadi ras kucing yang cocok untukmu. Kucing dengan ras ini pun punya banyak varian bulu termasuk yang berwarna hitam. Coba kamu melangkah mengelilingi isi rumahmu, pasti dia mengikutimu kemanapun cat pawrents melangkah. Betul! Kucing ras ini memang selalu ingin dekat dengan pemiliknya. Lucu, ya?

 

Kucing Oriental Shorthair berwarna hitam dengan mata keemasan, latar belakang blur.
Kucing Oriental Shorthair ternyata ada yang dengan warna hitamnya lho! (sumber: unsplash)

4. American Shorthair

Berbeda dengan saudaranya si British Shorthair dengan bulu berwarna abu-abu, American Shorthair bisa punya bulu berwarna hitam. Mereka ini adalah ras kucing paling mandiri di antara ras kucing lainnya. Cat pawrents bisa meninggalkan mereka seharian selama tetap menyediakan mereka makanan dan air yang cukup, mainan favorit mereka, serta scratching post. Biar pun mereka mandiri, mereka tetap sayang sama kamu lho.


Kucing American Shorhair bermata hijau duduk di lantai kayu
Kucing American Shorthair hitam adalah yang paling mandiri (sumber: Marumau, Shutterstock)

5. Persia

Kucing dengan ras ini sangat bisa dibedakan dengan bentuk hidung atau moncongnya yang pendek. Persia sebetulnya punya jenis bulu yang berbeda-beda termasuk hitam lho. Biasanya, kucing Persia sangat suka dengan kesendirian, tapi terkadang butuh bermain denganmu. 


Kucing Persia hitam bermata keemasan duduk di kursi cokelat.
Kucing Persia hitam punya jenis bulu yang berbeda-beda (sumber: unsplash).

6. Sphynx

Kalau jenis kucing ini tentu tidak ada yang berbulu hitam, karena memang ras Sphynx tidak punya bulu! Namun begitu, kucing ras Sphynx ada juga yang berkulit hitam. Kucing Sphynx biasanya gampang ramah baik dengan manusia atau hewan lainnya. Mereka terkenal hangat dan ramah, maka tidak heran kalau kucing ras ini siap bermain kapan saja.


Kucing Sphynx hitam menaikkan satu kaki depannya, latar belakang gelap.
Kucing Sphynx warnanya bervariasi, termasuk yang hitam (sumber: unsplash).

7. Manx

Pernah melihat kucing tanpa ekor? Bisa jadi kucing yang kamu lihat adalah kucing dengan ras Manx. Perawakan kucing ini nyaris menyerupai kucing lainnya, namun ekor mereka yang cenderung sangat pendek atau nyaris tidak ada. Selain memiliki bulu tebal, beberapa dari mereka juga punya lho bulu berwarna hitam legam. Kucing ini juga juara satu dalam mengejar tikus di rumahmu! Keren!

Kucing Manx hitam bermata keemasan, latar belakang blur.
Kucing Manx hitam (sumber: freepik)

8. Japanese Bobtail

Kucing ras lain dengan ekor yang juga pendek. Perkenalkan: Japanese Bobtail! Kucing dengan ras ini punya banyak energi untuk bermain dan sering meminta perhatianmu untuk bermanja. Mereka juga dikenal dengan kecerdasan di atas rata-rata kucing lainnya lho. Kalau cat pwarents mau memelihara kucing yang mudah untuk di-grooming, Japanese Bobtail adalah jawabannya!


ucing Japanese Bobtail hitam dengan collar biru di dalam kotak kardus.
Kucing Japanese Bobtail hitam (sumber: unsplash)

9. Exotic Shorthair

Jika dilihat secara sekilas, kucing ras Exotic Shorthair ini persis dengan Persian. Namun begitu, seperti namanya, Exotic Shorthair memiliki bulu yang lebih pendek dari ras Persian. Karena bulunya lebih pendek, kamu tidak membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk merawat bulu-bulunya agar tetap halus. Nah, kucing Exotic Shorthair ini pun punya varian berbulu hitam yang jelas akan semakin menggemaskan untuk kamu rawat.


Kucing betina Exotic Shorthair hitam duduk di atas counter.
Kucing Exotic Shorthair hitam (sumber: unsplash).

 

10. Siberian

Tidak kalah besar dengan Maine Coon, Siberian ini juga ada lho yang berbulu hitam. Mungkin karena berasal dari Siberia yang super dingin, kucing ras ini punya bulu yang ekstra tebal namun tetap halus. Jangan tanya kalau soal sifat mereka. Siberian sangat menyukai perhatian dari manusia. Mereka juga terkenal cerdas, manja, dan ramah dengan makhluk hidup lainnya. Kalau cat pawrents punya kucing dengan ras ini, jangan pernah ragu untuk bermain dengannya!


Anak kucing SIberian hitam, latar belakang blur.
Kucing Siberian hitam punya bulu halus yang cantik (sumber: unsplash)

11. Devon Rex

Suka dengan kucing berbulu keriting? Memang ada? Ada dong! Devon Rex jawabannya. Kucing dengan ras ini memang punya ciri khas tersendiri di bulunya. Bukan cuma itu, kerap kali wajah mereka memberikan kesan galak. Namun begitu, tidak perlu khawatir, karena sifat mereka sangat friendly lho!


Kucing Devon Rex hitam berdiri di atas karpet abu-abu.
Kucing Devon Rex hitam (sumber: unsplash)

Jelas dong kalau kucing ras berbulu hitam itu sangat jauh dari kesan menyeramkan. Mereka semua sangat menggemaskan dan siap untuk dirawat serta cintai. Lalu dari 11 kucing ras berbulu hitam yang disebutkan di artikel ini, mana yang paling disukai?


Baca artikel menarik lainnya seputar kucing di sini.





4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page