top of page
ismaniarsutardi

6 Resep Makanan Kucing Homemade yang Penuh Nutrisi

Diperbarui: 7 Apr

Kucing boleh lho mengonsumsi makanan kucing homemade yang dibuat di rumah. Kabarnya ada kucing yang anteng makan apa saja dan dari merk mana pun, serta nggak milih-milih makanan. Namun ada juga kucing yang kadang menolak makanan sehari-harinya dan malah lebih antusias untuk makan cemilan. Biasanya mereka melakukan ini karena bosan dengan makanan yang sama.


Pernahkah mengalami kalau sedang memberi makan kucing, ada prasangka kalau kucing cat pawrents memasang wajah ala kadarnya dengan makanan pemberian yang sama setiap harinya? Seperti yang dialami manusia sehari-hari, sewaktu-waktu kucing juga akan bosan dengan makanan yang monoton.


Tenang saja, membuat makanan sendiri di rumah alias homemade untuk kucing kesayangan kita adalah salah satu solusi yang bisa dilakukan. Mau tau apa saja inovasi membuat makanan homemade yang berbeda dari makanan kucing instan seperti dry food? Pastikan untuk membaca artikel ini sampai selesai agar bisa menerapkan ide-ide dalam mencoba membuat makanan homemade untuk kucing kita.

Ide Makanan Kucing Homemade dari Protein Hewani dan Nabati


Suwiran ikan tuna di mangkok kaca, di atas meja putih dengan bayangan mangkok ke arah kiri.
Ikan tuna bisa dipilih menjadi salah satu bahan utama makanan kucing homemade (sumber: unsplash).

Ikan adalah jenis bahan makanan utama untuk kucing yang merupakan karnivora. Di dalam ikan mengandung banyak omega yang bagus untuk ketangkasan kucing. Jika kucing bosan dengan makanannya yang diproduksi di pabrik, cat pawrents bisa membuat olahan makanan dengan ikan di rumah. Menyiapkan ikan yang disukai kucing akan memudahkan untuk mencoba resep makanan kucing kapan saja.

Di bawah ini adalah beberapa ide menu racikan makanan kucing homemade yang bisa dicoba agar kucing kesayangan lahap kembali.


Makanan Kucing dari Olahan Ikan Tongkol

Pada umumnya kucing menyukai ikan, apalagi jika diolah menjadi makanan kucing homemade. Salah satu jenis ikan yang terjangkau harganya dan pasti disukai kucing adalah ikan tongkol. Cara membuat olahan makanan kucing dengan ikan tongkol adalah dengan merebusnya dan disuwir serta dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti oatmeal dan parutan wortel rebus. Langkah-langkah pembuatannya seperti berikut ini:

  1. Rebus ikan tongkol dan suwir ketika matang secukupnya

  2. Rebus wortel tidak sampai matang agar bisa diparut secukupnya

  3. Siapkan oatmeal ⅓ cangkir yang sudah matang atau dicampur dengan air hangat secukupnya

  4. Campur semua bahan di dalam mangkuk

  5. Beri ke kucing anda sebagai menu makan


Makanan Kucing Homemade dari Olahan Ikan Tuna

Selain ikan tongkol, olahan ikan lainnya yang juga bisa disiapkan untuk kucing adalah ikan tuna. Cara memasaknya juga dengan merebus ikan tuna terlebih dahulu baru kemudian diblender dengan beberapa bahan seperti beras merah dan sunflower oil. Bahan-bahan pada resep ini tergolong premium. Sekali-sekali kita perlu memanjakan kucing, maka cat pawrents dapat mencoba menu olahan ikan tuna ini. Langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut:

  1. Rebus ikan tuna sebanyak 200 gram

  2. Siapkan nasi merah yang sudah matang 1 sendok makan

  3. Giling ikan tuna rebus dengan nasi merah dan sunflower oil secukupnya dengan food processor, beri sedikit air sisa rebusan ikan tuna dari atas corong food processor sampai konsistensi yang diinginkan

  4. Makanan olahan ikan tuna sudah jadi dan siap untuk diberikan ke kucing


Makanan Kucing Homemade dari Olahan Tahu

Sumber protein lainnya yang berjenis protein nabati yaitu tahu juga bisa dijadikan sebagai bahan pendamping dalam pembuatan menu makanan homemade kucing. Tahu berasal dari olahan kedelai putih dan bahan ini mudah didapat. Pastikan untuk memilih tahu tawar alias tahu tanpa campuran garam di dalamnya. Membuat resep ini adalah dengan merebus atau mengukus tahu kemudian dicampur dengan beberapa bahan-bahan lainnya. Berikut adalah cara pembuatanmakanan kucing homemade dari olahan tahu:

  1. Rebus atau kukus satu buah tahu utuh

  2. Rebus ikan tuna setengah cangkir

  3. Giling rebusan tahu dan ikan tuna dengan olive oil secukupnya (jika ada) pada food processor agar tercampur rata dengan beri sedikit air rebusan tuna agar konsistensi padatnya sesuai

  4. Makanan olahan tahu sudah jadi dan siap diberikan ke kucing

Makanan Kucing Homemade dari Olahan Tempe

Teman tahu yaitu si tempe juga bisa dijadikan bahan pendamping dalam pembuatan makanan homemade untuk kucing. Tempe yang juga merupakan protein nabati ini bagus karena banyak mengandung zat gizi yang baik salah satunya adalah probiotik. Cara mengolahnya hampir sama dengan olahan tahu yaitu dengan mengukus atau merebus tempe dan digiling dengan beberapa bahan lainnya. Begini cara mengolah tempe sebagai homemade makanan kucing:

  1. Rebus atau kukus tempe secukupnya (ambil sedikit saja)

  2. Rebus ikan tuna setengah cangkir

  3. Siapkan nasi putih hangat sedikit lembek 1 sendok makan

  4. Giling kukusan tempe dengan ikan tuna serta nasi ke dalam food processor bersama dengan olive oil secukupnya (jika ada) dan campur hingga konsistensinya tepat

  5. Berikan ke kucing saat waktu makan tiba

Makanan Kucing Homemade dari Olahan Daging Ayam

Sejenis daging-dagingan seperti ayam juga bisa menjadi bahan olahan homemade untuk kucing. Rasa ayam yang gurih dan juicy sudah pasti menjadi favorit banyak kucing. Rebus ayam dan kemudian giling dengan bahan-bahan lainnya seperti beberapa jenis sayur agar menambah rasa juga gizi pada olahan homemade makanan kucing olahan daging ayam. Beberapa langkah pembuatannya adalah:

  1. Rebus daging ayam sebanyak 200 gram

  2. Rebus wortel setengah cangkir dan brokoli ¼ cangkir

  3. Giling semua bahan dengan menggunakan food processor beri sedikit demi sedikit air hangat agar konsistensinya tepat

  4. Hidangkan ke kucing saat jam makan tiba


Makanan Kucing Homemade dari Olahan Daging Sapi

Jenis daging selain daging ayam yang bisa jadi bahan utama pembuatan homemade makanan kucing adalah daging sapi. Olahan daging sapi sebagai makanan kucing homemade ini juga menambahkan beberapa bahan lainnya yang mendukung rasa dan gizi, yaitu beras merah matang dengan kentang kukus. Langkah pembuatan makanan homemade olahan daging sapi diantaranya:

  1. Rebus daging sapi sebanyak 200 gram

  2. Rebus kentang sebanyak setengah buah

  3. Siapkan beras merah matang sebanyak 1 sendok makan

  4. Giling semua bahan dengan menggunakan food processor dengan menambahkan olive oil secukupnya (jika ada) dan beri sedikit demi sedikit air sisa rebusan daging sapi hingga konsistensinya tepat

  5. Berikan ke kucing saat jam makan tiba


Stop merasa kebingungan untuk membuat kucing bernafsu makan lagi karena sebenarnya menyiapkan makanan kucing homemade nggak membutuhkan banyak usaha keras. Namun terkadang ada beberapa bahan olahan premium yang mungkin berat di kantong cat pawrents. Buat makanan kucing homemade sesuai dengan budget dan bahan yang mudah didapatkan ya! Perhatikan juga respon dari pencernaan kucing setelah makan makanan homemade. Jika kucing makan dengan lahap dan tidak ada gejala diare, maka pemberian makanan homemade bisa dilanjutkan.



Baca artikel menarik lainnya mengenai kucing di sini.


7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page