top of page
ismaniarsutardi

7 Hal Menarik Tentang Catnip, Cat Pawrents Musti Tahu!

Kamu pernah lihat kucing yang semangat banget main dan lebih aktif setelah menghirup tanaman tertentu? Nah, tanaman itu namanya catnip. Tumbuhan ini digemari kucing dan biasanya para cat owner nyimpen stok tumbuhan ini di rumah. Yuk, kita bahas lebih lanjut tentang catnip!


Apa Itu Catnip?

Banyak orang yang sudah familiar dengan catnip, namun belum banyak yang tahu kenapa jenis tanaman ini bisa mempengaruhi mood dan perilaku kucing. Catnip, atau Nepeta cataria, adalah tumbuhan herbal yang diklasifikasikan di dalam jenis tumbuhan mint. Daunnya biasa dijadikan bahan teh dan bunganya dipercaya dapat menjadi obat alami untuk menyembuhkan batuk. Catnip juga menjadi salah satu bahan pengusir serangga di Amerika.


Bagaimana Catnip Mempengaruhi Kucing?

Kucing 'mabuk' catnip setelah menghirup nepetalactone, baik dari tanaman kering, tanaman hidup, maupun ekstrak minyaknya. Bahan kimia ini berikatan dengan area reseptor di hidung kucing yang menstimulasi saraf sensorik ke otak. Hal ini mengubah aktivitas di beberapa area otak, termasuk penciuman, amigdala, dan hipotalamus. Area hipotalamus mempengaruhi pengaturan emosi pada hewan.

Para ilmuwan pernah memberikan hipotesis bahwa nepetalactone juga memicu reaksi pada organ vomeronasal. Organ ini adalah bentuk penciuman ekstra yang ditemukan pada mamalia di bagian hidung terdalamnya yang dapat mempengaruhi feromon. Namun hal ini belum bisa dibuktikan secara saintifik. Yang jelas, nepetalactone bekerja seperti feromon untuk kucing ketika bertemu dengan reseptor nasalnya.


7 Hal Menarik Tentang Catnip


A cat was biting stuffed toy with catnip inside
Catnip juga tersedia dalam bentuk boneka (stuffed animal), sumber: unsplash)

Catnip tersedia dalam banyak bentuk untuk digunakan pada kucing, yaitu tanaman hidup (menanam sendiri di rumah), catnip kering, dalam bentuk spray, atau mainan kucing yang diisi catnip. Yuk, kita bahas 7 hal menarik tentang catnip berikut ini.


1. Tidak Semua Kucing Bisa Dipengaruhi Catnip

Saat banyak kucing terobsesi menghirup catnip, ada juga kucing yang benar-benar cuek. Respon terhadap catnip sebenarnya diwariskan secara genetik oleh sifat dominan autosomal, menurut dr. Lauren Demos, dokter hewan yang juga presiden Association of Feline Practitioners. Oleh karena itu, jika orang tua kucing tidak reaktif terhadap catnip, begitu pula anak-anaknya.


2. Respon Kucing Terhadap Catnip Bervariasi

Seperti halnya manusia yang memiliki respon berbeda terhadap zat-zat reaktif, begitu pula terhadap kucing. Respon yang umum biasanya ada mencium, menghirup, berguling, menggigit, menjilat-jilat, dan ada juga yang lebih aktif mengeong. Semuanya memiliki tingkat pengaruh yang berbeda di setiap kucing.


3. Nepetalactone Adalah Penyebab Kegilaan Catnip

Seperti yang sudah dibahas di atas, nepetalactone adalah substansi kimia yang terkandung di dalam catnip. Zat ini juga terkandung pada tumbuhan lain dalam jenis genus yang sama, Nepeta, dan menjadi pengusir serangga yang memakan tumbuh-tumbuhan. Namun efek nepetalactone ternyata hanya berpengaruh pada dua pertiga jenis kucing dewasa yang ada.


4. Catnip Tidak Bisa Mengusir Nyamuk

Sudah dibahas sebelumnya kalau catnip juga menjadi salah satu bahan pengusir serangga. Namun anehnya, nyamuk tidak akan pergi kalau kamu menggunakan catnip sebagai pengusir serangga. Dibutuhkan bahan lain yang lebih kuat untuk mengusir nyamuk.


5. Catnip Hanya Berpengaruh Pada Kucing Dewasa

It is adults only, begitulah kira-kira. Mabuk catnip ternyata hanya berpengaruh pada kucing dewasa. Sudah pernah dicobakan pada kucing kecilmu? Ilmuwan mengatakan bahwa efeknya butuh waktu yang lebih lama jika diekspos ke anak kucing. Ada juga yang tidak terpengaruh sama sekali meskipun sudah diperkenalkan dengan catnip sejak bayi.


6. Catnip Bisa Ditanam Sendiri

Untuk bisa memperoleh tanaman ini dengan kualitas yang masih segar, kita bisa menanamnya sendiri lho! Selain efeknya juga bisa bertahan lama, stok catnip yang ditanam sendiri bisa menghemat kantong. Catnip bisa ditanam dalam pot dan dibudidayakan di dalam rumah.


7. Catnip Adalah Mainan Murah yang Aman

Percaya atau engga, catnip adalah tumbuhan herbal yang direkomendasikan dokter hewan untuk merangsang keaktifan kucing lho! Satu-satunya hal yang harus cat pawrent perhatikan tentang catnip adalah jika kucingmu punya asma (Iya, kucing pun bisa punya asma!). Partikel kecil catnip akan berbahaya, menyebabkan batuk dan sesak nafas untuk mereka. Konsultasikan dengan dokter hewan jika kamu memilki kucing yang asma ya!


Nah, itulah hal-hal menarik tentang catnip yang bisa bermanfaat dalam memelihara kucing di rumah. Jangan ragu untuk menanam sendiri catnip di rumah. Catnip juga murah meriah sebagai penghias rumah. Beberapa tanaman rumahan berbahaya untuk kucing jika kamu memilikinya di rumah, namun catnip sudah terbukti baik sebagai pengusir serangga dan aman bagi kucing.

19 tampilan0 komentar

Comentarios


bottom of page