top of page
ismaniarsutardi

Tahukah Kamu? 8 Hal Ini Disukai Kucing Lho!

Sama seperti kita, manusia, banyak hal-hal yang kucing anggap itu menarik dan menyenangkan bagi mereka. Hal-hal yang asyik itu bisa berubah seiring bertambahnya usia kucing. Sekarang ini mungkin kucing cat pawrents suka banget mainan tali, tapi besok-besok dia anggap itu ngebosenin.

Karena kucing adalah salah satu hewan yang cerdas dan berindra, mereka bisa punya banyak hal yang disukai. Sebagai cat pawrents, kita memahami dan mengenali kapan minat kucing berubah agar ia tetap senang, sehat, dan berinteraksi baik dengan cat pawrents atau anggota keluarga. Yuk, kenali hal-hal yang disukai kucing berikut ini!


8 Hal yang Disukai Kucing

Dari pengalaman banyak cat pawrents, kucing umumnya suka hal yang sama persis dengan manusia, seperti makanan enak dan tidur di tempat yang nyaman. Kita bahas satu-satu deh!


Kucing Suka Tidur Siang

Kucing oranye tidur di atas kain lembut warna cream
Kucing suka banget tidur siang, di mana pun tempat yang dirasa nyaman olehnya (sumber: unsplash).

Bahkan manusia aja senang curi-curi waktu untuk bisa tidur siang. Kucing juga begitu lho! Faktanya, kucing bisa tidur seharian dan merasa bugar serta aktif saat bangun nanti. Sebagai hewan nocturnal, kucing bisa tidur sepanjang hari bahkan hingga 16 jam  lamanya, dan aktif saat malam hari.


Perlu dipahami bahwa anak-anak kucing dan kucing senior punya waktu tidur yang lebih lama dari kucing dewasa pada umumnya. Supaya cat pawrents merasa yakin dengan kondisi tidur kucing, kucing bisa dibawa ke dokter hewan untuk diperiksa jika level tidurnya terlalu banyak atau bahkan terlalu sedikit. Dokter hewan akan memeriksa kondisi kucing sesuai jenis ras, usia, level keaktifan kucing, dan bobot badannya.


Kucing Suka Grooming

Kucing dewasa menghabiskan setengah dari waktu aktifnya untuk grooming. Ada beberapa alasan kenapa kucing suka grooming:

  • Grooming membuat badannya bersih. Ternyata aktivitas ini ga hanya bikin badan dan bulunya bebas dari kotoran lho! Grooming juga membantu kucing terhindar dari hewan lain yang akan memangsa mereka. Menjilat-jilat tubuhnya sendiri akan mengaburkan bau khas dan membuat kucing terhindar dari pemangsa di alam liar.

  • Grooming membuat kulit dan bulunya sehat. Menjilat-jilat badannya secara rutin akan menyebarkan minyak tubuh natural dari kulitnya, membuat bulunya sehat, terhidrasi, dan berkilau.

  • Grooming membantu kucing rileks. Ternyata grooming pada kucing itu sama seperti massage di manusia, bikin tubuh rileks dan perasaan nyaman.

  • Grooming mempererat ikatan. Kucing saling membersihkan diri dan juga manusia yang disukainya, untuk mempererat hubungan mereka. Pastinya cat pawrents sering lihat kucing yang saling membersihkan satu sama lain kan!

  • Grooming menurunkan suhu tubuh. Ketika cuaca sangat panas, kucing membasahi bulunya dengan air liur untuk mendinginkan diri.


Ternyata tidak semua kucing suka dibersihkan oleh manusia, tetapi jika kucing suka, coba sikat bulunya dengan sikat bulu alami atau karet. Ini akan menghilangkan sisa-sisa kotoran dari bulunya dan juga membuat mereka rileks.


Kucing Suka Makanan Segar Bernutrisi

Bukan cuma manusia yang enggan dengan makanan basi, kucing juga begitu. Makanan yang sudah lama rasanya kurang enak dan tidak sehat karena ditumbuhi jamur dan bakteri. Setiap kali cat pawrents menyediakan makanan segar baik itu wet food atau dry food, pastikan tanggal kadaluwarsanya masih aman. Begitu juga jika cat pawrents yang rajin membuat makanan kucing homemade, taruh di tempat rapat di dalam kulkas agar selalu segar dan aman.


Kucing Suka Air Mengalir

Kucing minum dari air keran yang mengalir di wastafel.
Air segar dari keran adalah salah satu hal yang disukai kucing (sumber: unsplash).

Cat pawrents pasti tahu kucing akan mencoba minum air dari keran yang mengalir setiap ada kesempatan. Untungnya, ada banyak sekali air mancur minum khusus dirancang untuk kucing sehingga mereka selalu memiliki persediaan air yang sejuk, segar, dan mengalir. Kucing yang rajin minum akan terhindar dari dehidrasi.


Percaya deh, beberapa ras kucing juga senang bermain air. Jika kucing suka main air, coba isi bathtub atau kolam anak-anak dengan air beberapa centimeter saat waktu bermainnya. Kegiatan ini akan membantunya berolahraga sedikit dan menyejukkan dirinya di hari yang sangat panas.


Kucing Suka Menggaruk dan Mencakar

Wah, kucing ternyata senang sekali menggaruk dan mencakar! Lucu ya, insting mereka ini. Selain untuk mengasah cakarnya agar tetap tajam, ternyata garuk-garuk juga bikin mereka senang luar biasa.

Seru banget! Mirip manusia yang suka pijatan saat pegal-pegal, garuk-garuk ini juga bisa membuat mereka rileks dan bersemangat lagi. Coba cat pawrents lihat saat kucing lelah, ajak dia main di cat tree atau scratching post-nya. Kucing akan bersemangat lagi.


Kucing Suka Bermain

Kucing hitam mengamati sesuatu dan bersiap menerkam.
Kucing suka bermain untuk mengasah naluri dan membuatnya bersemangat (sumber: unsplash).

Dari kitten hingga kucing dewasa, mereka semua butuh bermain. Asyiknya lagi, kucing bisa terhibur dengan apa aja, dari tali biasa sampai mainan kucing yang super keren. Tapi tahukah cat pawrents, bermain itu penting banget buat kesehatan dan perkembangan kucing?


Selain mengingatkan naluri berburu mereka jagoan di alam liar dulu, bermain membuat kucing tetap aktif, semangat, dan senang pastinya. Ada ratusan ribu mainan kucing di pasaran, tapi jangan kaget kalau kucing di rumah lebih suka main petak umpet. Yang penting sesi main bareng kucing kesayangan jangan sampai kelewatan, ya!


Kucing Suka Mengamati Burung

Kucing di jendela menempelkan satu kakinya ke kaca jendela, ada burung putih di luar jendela.
Kucing senang mengamati burung, mangsa potensial yang bergerak-gerak menarik (sumber: unsplash).

Aduh, hobi banget sih kucing nongkrong di ambang jendela? Ternyata ambang jendela itu tempat paling oke buat ngintip-ngintip burung! Burung memang jadi mangsa potensial karena gerakannya menarik. Ada tingkah kucing yang bahkan bisa berjam-jam mengamati burung setiap hari.


Jika kucing cat pawrents hobi santai di jendela, jangan lupa lindungi kulitnya dari sinar matahari yang terik, ya! Apalagi kalau bulunya berwarna terang. Kurangi waktunya di dekat jendela saat sinar matahari sedang terik-teriknya, yaitu jam 10 pagi sampai jam 4 sore.Kucing bisa terkena efek ngatif dari sinar UV.


Kucing Suka Manusia yang Dekat Dengannya

Meskipun kucing sering disebut makhluk penyendiri, mereka sangat suka manusia yang paling dekat dengannya. Kucing suka perhatian dan senang ditemani. Cara kucing menyampaikan kesukaannya dengan manusia itu dengan purring, menggosokkan kepalanya ke kita, tidur di dekat kita, menjilat, bahkan nunjukkin pantatnya. Really, those happens!

Nah, cat pawrents sudah tahu sekarang hal-hal yang umum disukai kucing. Ajak kucing kesayangan bermain di sela waktu sibuk kita. Hal ini menunjukkan bahwa manusianya juga perhatian dan sayang terhadap mereka. Jika ada hal lain yang membuat kucing tertarik, cat pawrents bisa mengenalinya sebagai sumber kebahagiaan anabul di rumah.


Yuk, baca artikel menarik lainnya seputar kucing di sini.


Sumber: TheSpruce Pets

9 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page