top of page
ismaniarsutardi

Baca Ini Sebelum Travelling Bareng Kucingmu!


Buat cat pawrent yang punya hobi jalan-jalan, travelling ke tempat baru tentu saja menjadi kegiatan yang menyenangkan. Namun bagi yang punya hobi sama tetapi memiliki peliharaan kucing di rumah, serta selalu merasa cemas saat meninggalkan si anak bulu, travelling tentu menjadi tantangan tersendiri.

Lalu bagaimana ya bisa travelling kalau kita memelihara kucing? Jawabannya sederhana: bawa travelling kucingmu! Tentu saja, travelling bareng kucing jelas membutuhkan persiapan yang ekstra matang. Namun dengan membaca tips di artikel ini, kamu sudah siap untuk menjalani hobimu bareng si anak bulu kesayanganmu!


Tips Travelling dengan Kucing

Kucing dalam cat carrier bermotif zebra dibawa seorang wanita berjaket gelap, latar belakang pintu mobil dan pekarangan blur.
Kenalkan kucing dengan pet carrier agar ia terbiasa sebelum melakukan perjalanan (sumber: unsplash)

Pilih Carrier yang Tepat

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan ketika ingin travelling bareng kucingmu adalah memilih carrier yang tepat. Pastikan carrier yang kamu pilih akan membuat kucingmu nyaman: tidak terlalu sempit agar dia bisa bebas bergerak, juga tidak terlalu luas agar dia tidak merasa tak terlindungi.


Kenalkan Kucingmu dengan Carrier Lebih Awal

Jauh sebelum kamu travelling bareng kucingmu, kenalkan dan ajarkan dia dengan carrier yang akan kamu gunakan. Letakkan selimut atau mainan favoritnya di dalam carrier agar terbiasa dan merasa nyaman di dalamnya.


Bawa Pispot Disposable

Kucing tentu butuh buang air, karenanya membawa litter box atau pispot sekali pakai akan sangat membantumu dan kucingmu. Membawa alat ini tentu menyelamatkan kucingmu dari buang air sembarangan yang bisa berakibat perjalananmu menjadi tidak nyaman.


Rencanakan Perjalananmu Secara Detil

Tentukan rute mana yang akan kamu ambil dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat tujuanmu. Lihat tempat mana saja yang bisa kamu kunjungi untukmu dan kucingmu beristirahat sejenak, menggunakan litter box-nya, atau ingin sekadar bermanja denganmu.


Hindari Memberi Makan Kucing Sebelum Berangkat

Apakah kamu pernah merasa mual ketika travelling karena kamu sudah makan sebelumnya? Nah begitu juga kucingmu. Selama 5 hingga 6 jam sebelum travelling, ada baiknya kamu menghindari memberi makan kucing. Hal ini akan membantu kucingmu agar tidak mabuk perjalanan nantinya.


Bawa Barang Kesayangan Kucingmu

Jika kucingmu memiliki barang kesayangan, misal saja selimut, mainan, atau tempat makan favorit, coba untuk dibawa untuk perjalananmu. Hal ini untuk membantu kucingmu agar selalu merasa seperti di rumah.


Selalu Bawa Air Agar Kucingmu Tetap Terhidrasi

Perjalanan panjang tentu bisa sangat melelahkan bukan cuma untukmu, tapi juga untuk kucingmu. Si anak bulu bisa rentan kekurangan cairan tubuh, karenanya kamu wajib untuk selalu membawa air selama perjalanan dan sesekali memastikan kebutuhannya akan air tercukupi. Tentu, kamu juga wajib membawa makanan serta camilan favoritnya agar gizi kucingmu selalu terpenuhi.


Pastikan Kucingmu Punya ID

Entah dari name tag, kalung hewan, atau surat identifikasi, ID dengan nomor kontakmu ini penting jika saja selama perjalanan, kamu dan kucingmu terpisah. Hal ini sangat membantumu untuk menemukan kembali dan mengenali hewan peliharaanmu.


Konsultasi dengan Dokter Hewan

Tak kalah penting, sebelum membawa kucingmu travelling, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan tenaga profesional atau dokter hewan. Tanyakan apa saja persiapan yang harus kamu lakukan, serta jika kamu ingin bepergian melintasi negara, cek dan ricek apakah kucingmu butuh vaksinasi serta dokumen, atau bahkan hasil medical check up yang memadai. Kerap kali, dokumen seperti sertifikat kesehatan menjadi syarat wajib untuk membawa kucing kesayanganmu bepergian jauh.


Setelah tahu apa yang harus kamu lakukan untuk membawa kucingmu travelling, saatnya kamu tahu beberapa rekomendasi tempat untukmu mengajak si anak bulu kesayanganmu. Yuk masukkan ke dalam list tempat yang wajib kamu kunjungi berikut:


Objek Wisata yang Bisa Dikunjungi Bareng Kucing

Pause and Play (Pantai Indah Kapuk, Jakarta)

Ingin ke bar atau resto sambil membawa kucing kesayanganmu? Coba dulu Pause and Play di Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Tempat yang berlokasi di RG Island, Blok I No. 18 ini menyediakan resto, bar, serta gaming area dalam satu kawasan lho. Di sini, kamu bisa banget membawa kucing peliharaanmu untuk ikut bermain bersamamu, dengan syarat si anak bulu harus memakai pampers. Unik, bukan?


Orchid Forest Cikole (Lembang, Jawa Barat)

Menghirup segarnya udara Lembang tentu memiliki daya tarik tersendiri, apalagi kalau kamu bisa mengajak kucing kesayanganmu. Tempat ini merupakan wisata hutan pinus dan anggrek serta arena bermain yang memiliki konsep ramah hewan. Berlokasi di Genteng, Cikole, tempat ini memiliki area khusus bernama Petventure. Di Petventure ini, kamu akan menjumpai banyak permainan khusus anak bulu kamu dengan didampingi pengawasan staf yang terlatih. Seru!


Hutan Hujan Sentul (Bogor)

Healing memang paling tepat kalau ke alam terbuka, plus ditemani kucing kesayanganmu! Terletak di Kampung Cigobang, Desa Karang Tengah, Bogor, lokasi ini menawarkan keindahan alam menelusuri hutan dengan ditemani pemandu lokal. Tak hanya keindahan alam, tempat makan di area ini menawarkan berbagai panganan nikmat khas Jawa Barat lho! Serunya lagi, kamu bisa camping di sini.

Batu Pandang Ratapan Angin (Wonosobo, Jawa Tengah)

Kamu pasti pernah mendengar Telaga Warna yang begitu menawan di Dieng. Nah, lokasi terbaik untuk menikmati keindahan telaga ini tak lain adalah Batu Pandang Ratapan Angin. Di tempat ini, kamu bisa mengajak kucing kesayanganmu untuk turut serta menikmati keindahan Telaga Warna yang mempesona. Kamu dan kucing kesayanganmu tentu bisa berfoto di banyak spot terbaik di lokasi ini. Yuk dicoba!


Dengan persiapan yang matang, travelling bersama kucingmu bisa jadi pengalaman menyenangkan yang tak terlupakan lho! Yuk pantau artikel inspiratif lainnya soal hewan peliharaanmu di sini.

8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page