top of page
ismaniarsutardi

Bawang Putih Ternyata Sangat Berbahaya Untuk Kucing, Kamu Perlu Tahu!

Bawang putih adalah salah satu bahan makanan penting bagi kita. Namun bawang putih ternyata berbahaya lho untuk kucing! Apa sih yang bisa dilakukan jika kucing peliharaan memakan bawang putih? Yuk baca sebentar informasi tentang bahaya bawang putih bagi kucing berikut ini supaya kamu bisa melakukan pertolongan cepat untuk kucingmu!


Mengapa Bawang Putih Berbahaya Bagi Kucing?


Garlic on the wood board
Jauhkan bawang putih dari kucing karena bisa menyebabkan keracunan (sumber gambar: unsplash.com)

Sama seperti bawang merah, kucai, dan daun bawang, bawang putih adalah bagian dari genus Allium. Keseluruhan bahan tersebut berbahaya bagi kucing dan anjing dan bawang putih adalah yang paling beracun bagi kucing pada kelompok bahan tersebut.

Kucing yang memakan bawang putih akan mengalami keracunan. Keracunan bawang putih akan mengakibatkan anemia hemolitik, yang berarti tubuh mereka akan menyerang sel darah merahnya sendiri. Anemia hemolitik adalah anemia yang disebabkan oleh peningkatan kerusakan sel darah merah atau disebabkan oleh gangguan pada sel darah merah. Jika tidak ditangani dengan baik, anemia hemolitik dapat mengakibatkan komplikasi berbahaya seperti gangguan pada jantung.




Gejala Kucing yang Keracunan Bawang Putih

Keracunan bawang putih mungkin tidak akan terlihat secara langsung. Faktanya gejala keracunan bawang putih pada kucing akan muncul sejak 2 sampai 4 hari. Jika kamu merasa kucingmu telah menelan bawang putih secara tidak sengaja, maka perhatikan gejala berikut:

  • Muntah - muntah

  • Diare

  • Kelelahan yang berlebihan

  • Kesulitan bernafas

  • Detak jantung cepat

  • Respiratory rate naik

  • Gusi sangat pucat

  • Pingsan


a ginger cat vomitted
Muntah adalah salah satu gejala keracunan bawang putih (sumber gambar: unsplash.com)

Jika kamu menemukan gejala - gejala yang telah disebutkan tadi, segera bawa kucingmu ke dokter hewan terdekat ya! Dokter hewan akan memberikan perawatan langsung. Jangan lupa untuk menjelaskan kepada dokter hewan mengenai gejala yang terlihat pada kucingmu dengan jelas, kapan gejalanya muncul, dan makanan apa saja yang sudah dimakan oleh kucingmu.



Dokter hewan akan menguji tingkat toksik melalui cek hitung darah lengkap (Complete Blood Count), tes urin, dan blood chemistry profile untuk mengukur kandungan kimia dalam darah. Hasil tes ini akan membantu dokter untuk menentukan kadar sel darah merah yang rendah. Dokter hewan harus bisa menemukan badan Heinz dalam sampel darah, yang terjadi saat kucing mengalami anemia hemolitik. Badan Heinz adalah inklusi sel darah merah karena hemoglobin yang terdenaturasi. Dalam banyak kasus keracunan, badan Heinz menjadi patokan diagnosisnya.


Treatment Bagi Kucing yang Keracunan Bawang Putih

Pengobatan atau treatment terhadap kucing yang keracunan bawang putih akan berbeda tergantung dari kapan ia menelan bawang putihnya. Jika kucing baru saja menelan bawang putih, dokter hewan akan membuatnya muntah dengan memberikan larutan hidrogen peroksida 3% secara oral. Larutan ini akan mengeluarkan semua bawang putih yang tertelan dan mencegah memburuknya kondisi kucing. Metode membilas lambung atau stomach wash/gastric lavage juga dapat dilakukan untuk memastikan semua racun keluar dari dalam tubuh.


A cat was being injected with IV fluid
Pemberian cairan infus dilakukan untuk mencegah dehidrasi (sumber gambar: unsplash.com)

Dokter hewan juga mungkin akan memberikan zat arang aktif (activated charcoal). Arang akan menyerap racun sehingga racun tidak masuk ke jaringan darah kucing yang bisa menyebabkan kerusakan tubuh lebih lanjut. Perawatan suportif lainnya adalah pemberian infus dan terapi oksigen. Kucing yang keracunan bawang putih akan memerlukan cairan infus untuk mencegah dehidrasi karena muntah atau diare yang berlebihan. Walaupun jarang terjadi, kucing yang mengalami kondisi terburuk mungkin akan memerlukan transfusi darah untuk bertahan hidup.


Kebanyakan kucing akan tertarik pada siung - siung bawang putih. So, kamu harus pintar menyembunyikan itu dari mereka atau menjauhkan mereka dari area dapur ketika kamu memasak. Jika kucingmu tertarik dengan apa yang kamu makan, beri dia snack agar tidak lagi meminta makananmu. Banyak kasus keracunan terjadi karena pawrent kurang memahami informasi ini. Pemberian makanan manusia yang mengandung banyak bawang putih kepada kucing menjadi salah satu permasalahan utama. Setelah membaca artikel ini, diharapkan kamu menjadi lebih berhati - hati dalam memberi makanan untuk hewan peliharaan.

11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page