top of page
ismaniarsutardi

Berbagai Kelakuan Aneh Kucing yang Bikin Heran

Diperbarui: 7 Apr

Pernah mengalami kucing sendiri kelakuannya bikin bingung? Well, cat pawrent ngga sendirian! Berikut kami rangkum sejumlah attitude kucing yang aneh, berikut penjelasan mengapa mereka melakukan itu!


Kelakuan Aneh Kucing Sehari-hari

Apa yang terlihat aneh bagi kita nampaknya dianggap normal buat anabul. Kita mungkin tidak akan pernah memahami mereka seutuhnya, tapi kita masih mungkin mengerti kelakua ajaibnya. Para ahli binatang telah membuat kesimpulan akan beberapa keanehan pada tingkah kucing dan maksud di baliknya. Apa aja sih?


1. Berguling-guling


Kucing putih abu berguling di atas karpet cokelat muda.
Kelakuan aneh kucing: berguling dekat Anda (sumber: unsplash)

Kucingmu suka menjatuhkan diri dekat kakilalu guling-guling lucu di sana? Mungkinkah kena pengaruh tanaman catnip, atau memang ada hal lain yang jadi penyebabnya? Ketika kucing berbaringan berguling di dekat Anda, tandanya ia sedang merasa nyaman. Mereka juga sedang caper. Dengan berguling, kucing menandai areanya melalui bau tubuh mereka.


2. Menunjukan pantatnya

Lagi ngelus-ngelus, eh kok kucing naikkin pantatnya sih? Pasti cat pawrents pernah ngalamin juga. Ini namanya pose "elevator butt". Kucing merespon elusan Anda dengan memberi tahu bahwa elusan itu nyaman di tempat yang tepat.

Kalua kucing menunjukkan pantatnya ke arah kita bagaimana? Itu pertanda yang baik juga lho! Ekor kucing dan pantatnya yang terangkat naik ke arah Anda tandanya dia sedang menunjukkan sapaan ke sesama kucing. Artinya, Anda seolah sedang diajak berpelukan. Ya kan, cat pawrents ga perlu endus balik. Just pet them back or scratch their back.


3. Mengubur kotorannya

Semua kucing pasti mengubur kotorannya? Well, ternyata engga juga! Ada beberapa kucing yang sengaja meninggalkan kotorannya tanpa ditutupi. Ini menandakan kucing sudah mengklaim teritori. Kebiasaan kucing mengubur kotorannya sudah diajarkan induknya sejak mereka disapih. Namun, cat pawrents juga bisa mengajarkan anak kucing untuk menggunakkan litter box dengan mengikuti tips berikut di blog ini.


4. Menutupi makanannya

Apakah kucing cat pawrents di rumah termasuk yang pilih-pilih makanan? Nah, sebagian kucing ternyata menunjukkan preferensi gustatory atau pilihan makanannya dengan menutupi mangkok makanan mereka. Jika kucing menutupi sebagian makanannya, itu adalah insting liar kucing untuk melindungi makanan dari kucing lainnya. Kucing akan menggaruk-garuk lantai di sekitar makanannya setelah makan. Perilaku ini juga biasa muncul jika ada lebih dari satu kucing yang dipelihara di rumah.


5. Mengunyah plastik

Anak-anak kucing sifatnya suka penasaran. Terkadang mereka mengunyah sesuatu dan punya keterikatan dengan bahan-bahan khusus, termasuk plastik. Kebiasaan ini mungkin terbawa sampai dewasa. Meskipun begitu, plastik bukan bahan yang baik. Jangan sampai tertelan sebab berbahaya bagi pencernaan kucing dan membuatnya keracunan.


6. Makan dedaunan


Kucing abu-abu makan rumput di balik pohon, background outdoor blur.
Kelakuan aneh kucing: makan dedaunan atau rumput-rumputan (sumber: unsplash).

Kucing itu hewan karnivora, tapi ada kalanya mereka mencari rerumputan dan memakannya. Mereka bisa enjoy mengunyah daun-daun dari tanaman di pekarangan. Perhatikan tanaman apa yang kucing Anda makan. Sebisa mungkin hindari tanaman toxic yang berbahaya untuk kucing, misalnya bawang putih. Cat pawrents bisa menyediakan catnip atau wheatgrass supaya kucing tidak mengganggu tanaman di rumah.


7. Membuat ekspresi mengejek


Kucing putih berekspresi mengejek, background hitam.
Kelakuan aneh kucing: membuat ekspresi mengejek (sumber: unsplash).

Respon membentuk seringai itu terlihat seperti mengejek ya. Ekspresi mengejek ini sebetulnya bukan ditujukan untuk cat pawrents lho! Mereka menangkap feromon yang ditinggalkan kucing lain. Gerakan menangkap feromon dengan lidah menangkap saluran di langit-langit mulut menghasilkan bibir kucing berkerut seolah kucing sedang mendengus. Faktanya, kucing jantan melakukan ini lebih sering daripada kucing betina.


8. Mengedip

Ketika kucing mengedip ke kita, apakah mereka lagi flirting? Well, gerakan ini adalah salah satu bahasa tubuh kucing yang ditunjukkan dengan mata, dan ini disebut cat kiss. Gerakan mengedip perlahan adalah bentuk pujian. Kedipan perlahan digunakan kucing ke sesamanya, juga ke manusia yang disayangi kucing. Cat pawrents bisa melakukan hal yang sama lho, kasih kucing kesayangan kedipan perlahan. Most of the time, kucing akan membalas dengan kedipan yang sama.


9. Gerakan memijat

Kneading atau gerakan memijat biasanya dilakukan anak-anak kucing. Hal ini adalah bentuk insting alami anak kucing saat menyusu ke induknya, yang membuat produksi ASI lebih banyak. Memjiat ini adalah salah satu tanda bahwa dia sedang happy. Semakin bahagia dirinya, semakin keras pijatannya.


10. Mendorong-dorong kepalanya

Gerakan ini disebut bunting, yaitu menekan dan mendorong kepalanya, lalu menggosok-gosok kepalanya ke objek. Istilah lainnya adalah allorubbing, kucing menggosok-gosokkan kepalanya ke Anda, kucing lain, atau hewan lain seperti anjing yang sama-sama dipelihara di dalam rumah. Kucing melakukan ini untuk menandai Anda dengan aroma mereka dan mengklaim Anda sebagai miliknya.


11. Chattering atau berdecak

Kucing mengeluarkan suara dengan berbagai cara. Cat pawrents mungkin pernah mendengar kucing berdecak dan berdesis, terutama jika sedang di halaman atau melihat buruan seperti burung dari balik jendela. Kucing berdecak juga satu sama lain. Hal ini adalah bahasa sesama kucing yang bertukar cicitan. Entah apa maksud pastinya, namun para ahli menganggap ini adalah bentuk pertukaran kegembiraan atas sensasi berburu.


12. Menjatuhkan barang-barang

Kucing senang menjatuhkan barang-barang, dan melihatnya pecah atau berantakan. Ini cara kucing Anda memberi tahu bahwa ia bosan dan ingin diajak main. Untuk mengurangi perilaku mereka yng kerap menjatuhkan barang dengan sengaja, ajak kucing main dengan rutin atau beri mereka permainan interaktif.


13. Minum dari keran


Kucing siam minum dari keran.
Kelakuan aneh kucing: minum dari keran

Jika kucing cat pawrents malas minum dari mangkok, bukan berarti dia ga minum lho! Pernah mergokin mereka minum dari keran yang mengalir? Minum dari keran lebih fresh dan disukai kucing. Untuk menghindari kucing minum langsung dari keran, cat pawrents bisa menyiapkan water fountain. Namun jika kucing Anda suka meringkuk dalam sink sekaligus minum di sana, itu kebiasaan yang mungkin susah untuk dihindari.


14. Tidur di atas laptop


Kucing siam tidur di atas laptop yang terbuka.
Kelakuan aneh kucing: tidur di atas laptop (sumber: unsplash).

Kucing suka tempat yang hangat. Meskipun sudah punya bulu tebal di seluruh tubuhnya, tidak menutup kemungkinan dia akan berguling di bawah sinar matahari atau tidur-tiduran di atas laptop Anda. Cara mengurangi aktivitas ini, cat pawrents bisa menyimpan laptop di tempat yang tidak dapat ditemukan kucing. Cat pawrents perlu menyediakan tempat tidur kucing yang nyaman, beri penghangat bila perlu.


15. Masuk ke kotak kardus

Siapa yang paling sibuk tiap ada paket datang ke rumah? Yap, para kucing! Kucing senang bersembunyi, meringkuk, atau sekedar main di kotak kardus. Kotak kardus menjadi salah satu tempat bersembunyi yang aman untuk kucing. Mereka juga senang menggaruk mengasah kukunya, bahkan mengunyah kotaknya.


16. Menjilat manusia

Ada masa dimana kucing menjilat-jilat kaki atau tangan Anda. Perilaku ini wajar karena kucing senang groming dirinya sendiri. Menjilat Anda adalah bentuk kasih sayang. Walaupun kita merasa kurang nyaman karena jilatan lidahnya kasar, kucing sedang memberi tahu Anda bahwa ia menyukai Anda. Namun jika perilaku ini terlalu sering terjadi, cat pawrents perlu memeriksakannya ke dokter hewan.


Selucu itu tingkah laku anabul kesayangan ya! Beberapa dari kebiasaan mereka ternyata menunjukkan kasih sayang ke pemiliknya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk cat pawrents untuk memahami kucing lebih baik lagi.

Yuk, cek artikel menarik lainnya mengenai kucing kesayangan di sini.



Sumber: TheSprucePets

16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commentaires


bottom of page