top of page
ismaniarsutardi

Cara Aman Memotong Kuku Kucing, Pahami 3 Langkah Ini!

Kucing kamu sulit untuk diam kalau dipotong kukunya? Well, kebanyakan kucing memang "reog" kalau sedang di-grooming. Memotong kuku kucing adalah bagian dari menjaga kesehatan anak bulu. Selain agar diri sendiri aman dari cakaran, sofa kamu juga akan selamat dari "bahaya". So, kalau bisa melakukannya sendiri, kamu akan menghemat uang dan waktu. Bagaimana caranya? Yuk, intip 3 langkah memotong kuku kucing yang aman di bawah ini.


3 Langkah Aman Memotong Kuku Kucing

Untuk memotong kuku kucing, sebaiknya menggunakan gunting kuku khusus. Bentuk kuku kucing melengkung dan tajam di ujung sehingga gunting kuku kucing memiliki blade yang menyerupai guillotine. Gunting kuku khusus hewan bisa didapatkan di pet shop terdekat. Namun jika kamu tidak punya gunting kuku kucing, boleh gunakan gunting lain yang pisaunya tajam.


1. Siapkan mood kucing dalam keadaan baik

Karena grooming adalah salah satu aktivitas yang mengganggu kenyamanan kucing, lakukan pemotongan kuku di tempat yang tenang dan hening. Idealnya, kamu bisa memotong kukunya saat mereka dalam keadaan mengantuk atau kekenyangan setelah makan. Jauhi tempat dengan jendela, atau area lain yang bisa mengalihkan perhatiannya. Gunting kuku kucing sebelum mereka dimandikan.


2. Potong bagian cakarnya saja

Ujung kukunya adalah bagian cakar yang paling tajam. Cukup memotong bagian cakar saja dan lakukan dengan posisi 45 derajat menggunakan gunting yang tajam. Bagian lain dari cakar kucing mengandung pembuluh darah dan syaraf, yaitu daerah yang berwarna merah muda yang dekat dengan kulit. Hindari memotong area tersebut karena kucing akan kesakitan, bahkan mengamuk.


3. Pegang bagian paws

Cat's paw
Pegang paws-nya saat hendak memotong kuku kucing (sumber gambar: unsplash.com)

Paws adalah bagian telapak kaki kucing. Dengan memegang paws, kamu akan lebih mudah mengontrol kakinya. Kamu bisa melakukannya dengan menaruh kucing di atas meja, atau dengan memeluknya di pangkuanmu. Minta bantuan orang lain untuk memegang kucingmu saat kamu hendak memotong kukunya.

Jika kamu hendak melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain, coba cara ini. Peluk kucing dengan tangan kiri sambil memegang paws di salah satu kakinya dan posisikan gunting ada di tangan kanan. Usap-usap dulu lalu tekan bagian lembut dari sela antara jari agar cakarnya keluar lalu potong bagian tersebut. Lepaskan paws-nya dan kamu bisa beri dia treat. Ulangi lagi langkah tersebut di bagian kuku yang lain.


Hal-Hal yang Diperhatikan Saat Memotong Kuku Kucing

  1. Hindari memotong kuku kucing saat mood mereka sedang kurang baik, yaitu saat lapar atau ketika mereka sedang bermain.

  2. Potong kukunya perlahan. Jika dilakukan terburu-buru, besar kemungkinan kamu akan melukainya.

  3. Jika mereka menolak, jangan berikan hukuman. Hukuman malah akan membuat mereka trauma.

  4. Potong kukunya setiap 10 hari atau setiap 2 minggu.

  5. Beri kucing hadiah saat kukunya berhasil dipotong seluruhnya, dengan treat atau makanan kesukaannya.

  6. Lakukan dengan rileks. Kucing pandai membaca energi manusia. Jika kamu merasa cemas atau takut, kucing akan menghindar dan enggan mendekat.

  7. Kenali sikap cemasnya. Saat merasa stres atau cemas, kucing akan menepuk-nepuk ekornya, hingga menggeram. Tunda memotong kuku jika kamu menemukan tanda-tanda stres tersebut.

Nah, setelah mengetahui tips tadi diharapkan kucing ga "reog" lagi saat dipotong kukunya ya! Sofa kesayangan akan awet, kamu pun bebas cakaran.

8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page