top of page
ismaniarsutardi

9 Fakta Menarik tentang Kucing Bengal

Diperbarui: 7 Apr

Kucing Bengal janjan berjalan di teras dengan latar belakang outdoor rumah
Bengal memiliki ciri fisik mirip Asian Leopard Cat (sumber: Wilakusuma Cattery)

Bengal adalah salah satu kucing ras eksotis yang dibiakkan secara khusus. Jika sedang mencari anggota keluarga yang penyayang dan aktif, mungkin perlu mempertimbangkan kucing Bengal. Sebagai kucing peliharaan, kucing Bengal merupakan hasil perkawinan silang Asian Leopard Cat dengan kucing domestik berbulu pendek. Hasilnya, perkawinan silang ini menghasilkan kucing Bengal, yang separuh liar namun bisa dipelihara di rumah. Yuk, kita bahas fakta menarik kucing Bengal!


1. Nenek Moyang Bengal Berasal dari Alam Liar

Kucing Bengal yang pertama adalah kawin silang Asian Leopard Cat atau macan tutul Asia dengan kucing domestik. Di tahun 1900-an, Jean Sugden Mill berhasil memperoleh anak Bengal keturunan asli di California. Perawakan Bengal mirip kucing hutan liar dengan minim kepribadian agresif layaknya kucing liar. Inilah alasannya Bengal cocok menjadi hewan peliharaan di rumah.


2. Tubuh Bengal Besar dengan Corak Bulu Menarik

Bengal hitam-abu dengan corak marble di dalam kandang.
Salah satu keunikan Bengal adalah corak bulunya yang seperti marmer (sumber: unsplash)

Tubuh Bengal sangat atletis dan memiliki otot yang kuat meskipun bentuknya lebih kecil dari kucing Maine Coon. Secara umum, bobot tubuh Bengal bisa mencapai 3.5-7 kg lho! Wah, lumayan juga ya kalau sedang menggendong Bengal dewasa.

Pola bulu mereka adalah berbintik. seperti mawar atau rosette, dan marble. Bulu marble pada Bengal cukup unik karena menciptakan tampilan seperti marmer. Pola marble menunjukkan warna dasar bulu yang dicampur bintik-bintik dan corak berbentuk pusaran sehingga menciptakan efek menarik seperti marmer yang mengalir.

Pola rosette adalah salah satu ciri khas yang membedakan Bengal dengan kucing domestik lainnya. Bulu rosette pada Bengal dapat memiliki banyak warna seperti cokelat, hitam, dan warna lain yang menciptakan campuran warna kontras menarik. Rosette ditunjukkan dengan bintik-bintik bulu yang lebih besar dan terang. Biasanya pola tengah lebih kecil dari tepiannya, menciptakan tampilan seperti bunga mawar atau motif mirip bunga lainnya.


3. Bengal Sangat Enerjik

Kucing Bengal punya banyak energi dan membutuhkan banyak interaksi. Sifatnya ini membuat Bengal sangat seru diajak main, tapi bisa juga jadi challenging ya! Bengal cocok dengan cat pawrents yang juga aktif dan punya waktu untuk berinteraksi dengan mereka secara rutin.

Sifatnya yang enerjik membuat mereka senang berinteraksi dengan manusia. Jika butuh perhatian, Bengal juga vokal banget untuk dapetin interaksi dari manusia. Kucing Bengal sangat pintar. Selain senang bermain kejar-kejaran, Bengal juga mampu ngumpetin benda-benda kecil hanya untuk mencuri perhatian Anda.


4. Bengal Suka Air

Kucing Bengal suka air dan beberapa di antara mereka suka melompat ke air dan bermain di sana. Bengal juga suka berenang, jika di antara cat pawrents mengizinkan mereka bermain di air. Karena mereka tidak takut air, Bengal bahkan suka melompat ke arah Anda jika sedang cuci piring.


5. Bulu Bengal Berkilauan

Di bawah cahaya, bulu Bengal dapat terlihat berkilauan. Ciri khas ini disebut "glittering", yang membuat mereka seolah ditaburi bubuk emas. Sebagian besar penggemar kucing ras setuju bahwa bulu bercahaya ini yang menjadikan Bengal indah secara alami.


6. Bengal Tumbuh dengan Interaksi Konsisten

Hidup Bengal berkembang konsisten melalui interaksi. Bengal senang memiliki teman main. Jika cat pawrents menghabiskan banyak waktu di rumah dan punya waktu luang yang banyak, Bengal akan menikmati waktunya bersama Anda. Namun jika cat pawrents cukup sibuk, sebaiknya pertimbangkan untuk memiliki kucing lain untuk teman bermain Bengal Anda.

Yang perlu diperhatikan adalah jika Bengal tidak mendapatkan cukup perhatian atau aktivitas lain yang membuatnya sibuk, ia tidak segan-segan menghancurkan barang lho! Jangan mengabaikannya, dan buat Anda dan Bengal di rumah tetap aman. Jika tidak punya kucing lain untuk dijadikan teman mainnya, cat pawrents bisa mencari cat sitter untuk mengajak Bengal Anda bermain.


7. Bengal Dapat Dilatih dengan Baik

Bengal adalah salah satu kucing ras yang pintar. Mereka senang belajar trik-trik baru. Bengal juga dapat dilatih dengan clicker untuk melakukan perintah sederhana seperti mengambil mainan atau barang tertentu. Bahkan Bengal bisa dilatih untuk berjalan beriringan bersama pemiliknya dengan hairness.

Kucing Bengal dapat dilatih dengan stimulasi mental. Akan penting bagi mereka untuk bermain dengan pikirannya. Cat pawrents bisa melatihnya dengan permainan interaktif seperti food puzzles atau mainan lainnya.


8. Bengal Butuh Ruang Vertikal

Ruang vertikal adalah tempat tumbuh yang penting bagi kucing Bengal. Kucing Bengal adalah keturunan leopard sehingga sifatnya yang suka menjelajah dimiliki Bengal. Selain itu, Bengal adalah pemanjat yang berbakat. Informasi ini penting bagi cat pawrents yang ingin memiliki kucing Bengal untuk menyediakan ruang vertikal seperti area outdoor dengan pohon atau ruangan khusus dengan cat tree dan arena panjat lainnya.


9. Bengal Suka Berburu

Insting Bengal untuk berburu sangat tinggi. Kucing Bengal adalah pemburu yang bersemangat dan terampil. Seperti nenek moyangnya, kucing leopard, Bengal senang berburu di air. So, awasi akuarium Anda di rumah ya! Jauhkan dari Bengal atau letakkan di ruangan terpisah yang tidak dijangkau olehnya.

Hasrat berburu mereka yang tinggi membuat Bengal kurang cocok berdampingan dengan hewan peliharaan yang kecil seperti burung, marmut, atau kelinci. Perlu pertimbangan untuk mengadopsi Bengal hewan peliharaan di rumah, terutama jika Anda sudah punya peliharaan lain seperti burung, marmut, atau kelinci.



Jika Anda siap membawa Bengal ke rumah, tidak diragukan lagi Anda akan memperoleh kasing sayang tak terbatas dan momen-momen seru bersama Bengal. Perhatikan kondisi rumah dan pastikan Bengal bisa hidup nyaman dengan kucing-kucing yang lainnya. Hubungi Wilakusuma Cattery untuk memperoleh informasi seputar adopsi Bengal.

34 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page