top of page
ismaniarsutardi

Dianggap Pembawa Sial, Berikut Fakta Menarik tentang Kucing Hitam

Kucing hitam sering dijadikan dikaitkan akan sihir atau hal-hal yang berbau mistis lainnya. Mereka juga sering dihubungkan dengan aktivitas penyihir jahat atau kesialan. Lho kok bisa? Beberapa informasi berikut ini dapat menjadi wawasan seputar kucing hitam. Jangan sampai mitos atau takhayul membuat kucing hitam dijauhi. Check this out.


10 Fakta Menarik tentang Kucing Hitam

1. Kucing Hitam Jadi yang Paling Umum

Pigmen eumelanin, yaitu pigmen yang dibutuhkan untuk menjadikan bulu berwarna hitam, ada paling dominan di kucing hitam. Kucing mendapat dua turunan gen, dari induk jantan dan betina. Jika salah satu dari gen ini mengandung kode gen warna hitam, maka akan dipastikan anak kucingnya berwarna hitam.

Bulu hitam menjadikan kucing mampu beradaptasi di malam hari dengan baik. Keunggulan ini membantunya berburu mangsa di malam hari. Kelebihan genetik lainnya memungkinkan kucing hitam jauh lebih sehat dan lebih mudah berkembang biak.


2. Kucing Hitam Ternyata Jarang Diadopsi

Sayangnya, masih banyak yang percaya takhayul bahwa kucing hitam membawa kesialan bagi siapapun yang berinteraksi dengan mereka. Studi di Amerika bahwa menunjukkan bahwa kucing hitam jarang disukai untuk diadopsi. Namun, ada juga mitos yang mengatakan bahwa kucing hitam justru membawa keberuntungan. Apapun alasannya jangan sampai kucing ini tidak diberi kasih sayang yang sama lho ya.


3. Bulu Kucing Hitam Dapat Berubah Warna di Bawah Matahari

Berjemur di bawah sinar matahari langsung dalam waktu yang lama bisa membuat rambut kita menjadi kemerahan. Hal ini juga terjadi pada kucing hitam lho! Terlalu lama berada di bawah matahari bisa membuat bulu mereka kemerahan atau sedikit oranye. Matahari memutihkan pigmen dari bulu, dan membuatnya berwarna terang. Karena bulu bukan organ hidup, warna ini akan tetap stay sampai waktunya rontok.


4. Jarang Ditemukan Kucing Hitam All-Black

Loh, katanya paling umum, kok disebut jarang? All-black artinya kucing hitam yang seluruh bagian tubuhnya juga hitam, termasuk kumis, paw, hingga bulu dan ekornya.

Kumis kucing berakar lebih kuat dan merupakan folikel rambut yang berfungsi sensor bagi kucing. Ada waktunya kumis kucing akan rontok. Setelah rontok tumbuh kumis baru dan seringkali muncul dengan warna lain.

Warna paw seringkali sama dengan warna bulu. Kucing berbulu gelap cenderung memiliki paw gelap seperti abu-abu atau hitam. Paw merah muda ada pada kucing berbulu terang. Kucing hitam dengan beberapa corak bulu putih cenderung memiliki paw dengan bercak putih atau merah muda.


5. Ada Banyak Kucing Hitam yang Terkenal Lho!

Ada banyak kucing hitam yang terkenal di film animasi dan kartun. Contoh yang terkenal adalah Luna, kucing hitam piaraan Usagi di manga Sailormoon. Bagheera, panther hitam yang keren menjadi karakter penting di film animasi The Jungle Book.

Ada juga kucing yang menjadi selebriti karena dipelihara oleh orang terkenal. American shorthair all-black bernama India, dimiliki mantan presiden George W. Bush. Oscar, adalah kucing pertama dengan kaki palsu di tahun 2009. Ada juga kucing hitam bernama Blackie, yang mewarisi 12.5 juta dolar harta pemiliknya, seorang dealer barang-barang antik berdarah Inggris, Ben Rea.


6. Hampir Setiap Kucing Hitam Matanya Berwarna Kuning

Pigmen eumelanin juga ternyata berpengaruh terhadap warna iris mata kucing. Kebanyakan kucing hitam iris matanya berwarna kuning/emas, oranye tembaga, atau pigmen hijau.


Kucing hitam dengan waran mata keemasan.
Eumelanin juga mempengaruhi warna iris mata kucing hitam, menjadikannya kuning keemasan, merah tembaga, atau hijau (sumber: unsplash).

Kucing Bombay adalah salah satu jenis kucing dengan mata kuning keemasan atau merah tembaga. Kucing ini merupakan peranakan American shorthair dengan kucing Burma. Bombay memiliki bulu hitam yang mengilap.

Anak kucing biasanya lahir dengan mata biru. Iris mata anak kucing hitam akan berubah saat mereka beranjak besar. Warna iris matanya akan permanen ketika mereka berusia 3 hingga 4 bulan.


7. Ada Satu Jenis Kucing yang Warnanya Pasti Hitam

Kucing Bombay bermata emas sedang duduk menatap ke depan, latar belakang putih dengan lantai putih.
Bombay, kucing hitam dengan warna mata tembaga (sumber: unsplash)

Setiap jenis kucing mungkin ada yang berwarna hitam namun hanya ada satu jenis kucing di dunia yang warnanya hanya hitam. Kucing Bombay adalah satu-satunya jenis kucing yang pasti berwarna hitam. Bombay juga dijuluki "parlor panthers" karena ketampanan wajahnya, bulunya yang halus, dan matanya yang berwarna tembaga.


8. Kucing Hitam Bukan Pembawa Sial

Di abad pertengahan, kucing hitam mulai dikaitkan dengan hal-hal gaib sehingga saat itu banyak kucing hitam yang jadi korban karena takhayul ini. Populasi kucing menurun dan mengakibatkan penyakit pes yang menyebar karena populasi tikus yang meningkat. Peristiwa ini berlanjut di Amerika Utara, saat terjadi pengadilan penyihir di Salem tahun 1690. Tidak ada yang tahu apa persis penyebabnya namun jika bertemu kucing hitam di jalan belum tentu membawa kabar buruk bagi siapapun.


9. Ada Hari Nasional Khusus Kucing Hitam

Di Amerika Serikat, ada dua hari nasional yang berhubungan dengan kucing hitam:

  1. 27 Oktober: National Black Cat Day atau Hari Kucing Hitam Nasional

  2. 17 Agustus: National Black Cat Appreciation Day atau Hari Apresiasi Kucing Hitam


10. Kucing Hitam Paling Resisten terhadap Penyakit

Daya tahan tubuh kucing hitam paling kuat di antara yang lainnya. Beberapa studi pernah dilakukan bahwa genetik warna hitam pada bulunya dipercaya sebagai bentuk perlindungan dari penyakit.




Sumber: petMD

16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Komentar


bottom of page