top of page
ismaniarsutardi

Ikuti 7 Tips Mudah Membersihkan Telinga dan Mata Kucing

Diperbarui: 7 Apr

Kucing peliharaan juga rentan dengan penyakit mata dan telinga lho! Pada umumnya penyakit mata dan telinga pada kucing disebabkan oleh bakteri, debu, polusi udara, air dan sabun bekas mandi, tungau, dan masih banyak lainnya. Hal yang kerap terjadi, biasanya cat pawrents nggak menyadari kucing peliharaan sedang mengalami penyakit mata atau telinga.

Ada cara yang bisa dilakukan cat pawrents agar kucing kesayangannya terhindar dari banyak macam penyakit mata (Konjungtivitis dan ulkus kornea) atau telinga (otitis dan tungau telinga). Salah satu caranya dengan membersihkan telinga dan mata kucing peliharaan secara rutin.

Memelihara kesehatan telinga dan mata kucing juga perlu untuk meminimalisir risiko finansial yang besar ketika kucing mengalami sakit parah dan memerlukan penanganan dokter atau prosedur penyembuhan. Berikut informasi yang kami rangkum dalam artikel ini untuk tahu cara yang tepat dalam menjaga kebersihan telinga dan mata kucing peliharaan.


Tips Membersihkan Telinga dan Mata Kucing Peliharaan


Kucing putih di pangkuan wanita sedang dibersihkan matanya.
Bawa kucing duduk di pangkuan agar membersihkan mata dan telinga kucing lebih mudah (sumber: unsplash).

Karena perlu upaya untuk menjaga kesehatan telinga dan mata kucing dengan membersihkannya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar cat pawrents dapat mengikuti. Biasanya kucing suka menolak untuk dibersihkan di bagian tertentu di badannya, maka cara berikut ini cocok untuk diterapkan cat pawrents agar bisa membersihkan telinga dan mata kucing peliharaan tanpa banyak ‘drama’.


1. Ajak Kucing Duduk di Pangkuan

Untuk dapat memeriksa keadaan kesehatan telinga dan mata anabul secara lebih teliti, yang bisa dilakukan oleh cat pawrents adalah dengan memangku mereka. Biasanya memangku kucing adalah salah satu hal yang gampang-gampang susah, terlebih karena kucing tahu bahwa anggota badannya akan dibersihkan sehingga mereka memberontak.

Cobalah bawa kucing peliharaan untuk duduk di pangkuan dengan perlahan. Usahakan agar kucing tidak bergerak menghindar dari pangkuan cat pawrents. Awali dengan mengajak mereka berinteraksi, seperti halnya mengajak bicara ke kucing jika cat pawrents akan memeriksa telinga dan mata kucing, lalu lanjutkan dengan mengelus kepala kucing perlahan.


2. Elus-Elus Kucing agar Anteng

Ada cara yang mujarab ketika cat pawrents ingin lebih lama memangku kucing untuk memeriksa kesehatan telinga dan mata, atau ketika hendak membersihkan area telinga dan mata, yaitu dengan mengelus-elus anabul seolah sedang bermain atau berpelukan. Kucing yang sudah mengenal cat pawrents lebih dekat akan lebih mudah dikontrol termasuk dalam hal memeriksa dan membersihkan telinga dan mata kucing.

Sebaliknya jika kucing Anda reog saat dipangku, maka proses mengelus kucing juga memerlukan cara tertentu. Biasakan ketika sebelum memangku para cat pawrents sudah mengelus kucing terlebih dahulu sehingga anabul saat dipangku tidak terlalu rewel. Pegang posisi anabul dalam keadaan nyaman. Hindari memeluk mereka terlalu erat. Tahan kedua kaki depan atau kaki belakangnya bila perlu.


3. Mulai Periksa Telinga dan Mata Kucing Seksama

Ketika kucing sudah nyaman di pangkuan, maka cat pawrents pun sudah bisa melakukan proses pembersihan telinga dan mata kucing. Pemeriksaan mata bisa dengan mengelus area bagian sudut mata kucing, sedangkan untuk telinga bisa dengan menggunakan bantuan senter mini agar mudah melihat ke bagian dalam dari telinga kucing.

Memeriksa telinga dan mata kucing adalah langkah yang tepat dilakukan sebelum hendak membersihkan kedua area berikut. Lebih baik melihat keadaan kesehatan telinga dan mata kucing dengan mengetahui apakah ada di dalam telinga terdapat gumpalan kotor. Korek pada kulit bagian dalam telinga untuk memeriksa apakah telinga kucing sedang tidak sehat. Periksa bagian mata dengan mengecek ada tidaknya belek.


4. Gunakan Kapas dan Tisu Basah untuk Membersihkan Mata

Periksa keadaan mata kucing dari beberapa kemungkinan jika ada keadaan kesehatan yang tidak baik seperti munculnya gumpalan di sudut mata atau selaput bening di mata kucing. Jika ditemukan hal-hal yang abnormal, maka cat pawrents dapat membawa anabul pergi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih teliti terhadap kondisi tadi.

Namun jika keadaan mata kucing sedang baik, cat pawrents juga bisa mempertahankan kesehatan mata kucing dengan melap bagian sudut-sudut mata atau area sekitar mata dengan menggunakan tisu basah tanpa aroma. Perlu diperhatikan bahwa indra penciuman kucing amat sensitif. Gunakan alat bantu tanpa bau atau tanpa wewangian, misalnya tisu basah khusus bayi yang tanpa alkohol dan tanpa pewangi tambahan. Anda juga dapat menggunakan kain yang lembut. Pastikan semua kotoran di sekitar mata kucing terangkat karena kebersihan mata dari kotoran itu penting sebelum memberikan obat tetes mata ke kucing.


5. Gunakan Tisu Basah dan Korek Kuping untuk Membersihkan Telinga

Telinga kucing juga perlu dibersihkan dari kotoran yang ada di dalam telinga dan di daun telinganya. Caranya adalah dengan menggunakan kapas atau korek kuping (cotton bud) untuk membersihkan bagian dalam telinga. Kapas biasa dapat dibentuk seperti jari tangan manusia. Saat cat pawrents membersihkan telinga, tinggal memasukkan jari yang diselubungi kapas dan mulai mengorek bagian dalam telinga kucing secara perlahan.

Kapas yang membungkus jari mungkin akan lebih membantu cat pawrents agar bisa membersihkan kotoran telinga secara menyeluruh. Pembersih tambahan seperti baby oil bisa digunakan untuk membersihkan telinga. Caranya, basahi potongan kapas dengan baby oil lalu bersihkan bagian dalam telinga kucing sampai semua kotoran telinga terangkat secara maksimal.


6. Teteskan Obat Khusus untuk Telinga dan Mata

Ada hal lainnya yang dapat dilakukan cat pawrents agar kebersihan dan kesehatan telinga serta mata kucing bisa terjaga, selain dengan membersihkan dengan kapas secara berkala. Cat pawrents dapat meneteskan obat khusus telinga dan mata ke anabul kesayangan. Obat khusus telinga dan mata ini berfungsi agar mencegah berbagai penyebab dari sakitnya telinga dan mata.

Seperti halnya jamur, kutu atau tungau kecil, bakteri, debu dan kotoran lainnya juga dapat masuk ke area telinga dan mata kucing. Jika cat pawrents ingin memilih mana jenis obat tetes yang terbaik, lakukan konsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu sebelum membeli obatnya. E-commerce kini juga menyediakan berbagai kebutuhan termasuk keperluan anabul, dan cat pawrents bisa melihat banyak jenis yang tersedia supaya bisa mengetahui mana jenis obat tetes yang sesuai dengan rekomendasi dokter.


7. Pijat Telinga dan Elus Area Sekitar Mata Kucing Setelahnya


Kucing oranye tabby sedang dibersihkan telinganya
Pijat area telinga kucing setelah meneteskan obat dan membersihkannya (sumber: unsplash).

Sesudah memberikan obat tetes ke area telinga dan mata si anabul kucing, cat pawrents dapat memijat-mijat area tersebut. Pastikan ketika meneteskan obat tetes ke telinga dan mata kucing, cat pawrents dapat mengkondisikan posisi kucing agar obat masuk dengan baik. Berikan obat tetes dan pijatan telinga dengan memastikan bagian telinga ada di atas dengan posisi muka kucing bersandar di pangkuan cat pawrents.

Untuk bagian mata, pastikan cat pawrents memposisikan kucing dengan kondisi tidur terlentang pada pangkuan agar memudahkan dalam memberi tetesan obat ke mata kucing. Anda dapat memijat-mijat area sekitar mata setelah kucing mengedipkan matanya agar obat tetesnya bisa masuk ke dalam mata dengan baik.


Memelihara kucing memerlukan komitmen dan konsistensi seumur hidup. Sudah semestinya cat pawrents dapat meluangkan waktu dan tenaga untuk memperhatikan kesehatan kucing, termasuk bagian telinga dan mata. Dengan membersihkan telinga dan mata kucing secara rutin, maka anabul kesayangan juga nggak akan mudah terkena penyakit mata atau penyakit telinga. Lakukan rutin saat membersihkan area telinga dan matakucing, misalnya satu kali setiap minggu atau setiap grooming di rumah.


Yuk, baca artikel lainnya di sini.


5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page