top of page
ismaniarsutardi

Ini Dia 10 Ras Kucing Paling Populer di Dunia!

Sebagai pecinta kucing, apapun ras mereka, tentu kamu akan tetap memelihara dan menyayangi mereka. Suara mengeong mereka saat kamu memanggil, atau dengkuran mereka saat kamu memanjakan mereka jelas akan bikin kamu gemes! Namun tahukah kamu? Ada 10 ras kucing eksotik yang paling terkenal di seluruh dunia. Apa saja ya? Yuk cari tahu di artikel ini!


1. Persia

Kucing persia bicolor hitam-putih duduk dengan latar belakang putih
Kucing persia bicolor (sumber: unsplash)

Kamu pasti pernah lihat dong kucing dengan ras ini? Saking banyaknya, ras kucing ini adalah salah satu yang paling dikenal dan banyak dipelihara di seluruh dunia. Ternyata kucing persia ini punya sejarahnya lho!


Ras kucing persia pertama kali dikenalkan di Eropa pada sekitar abad 17. Hingga abad 19, ras kucing dengan bulu panjang dan halus dari Turki, Afganistan, serta Persia diklasifikasi sebagai kucing Asia serta pada umumnya dikembangbiakkan secara bersama. Hingga hari ini, mereka terus dikembangbiakkan dengan jenis mereka sendiri agar tampilan unik mereka tetap terjaga, seperti kepala yang bulat, wajah yang pendek, hidung yang pesek, pipi yang chubby, serta mata dan telinga yang bulat. Gemes banget ya!


2. Maine Coon

Kucing maine coon abu putih dengan latar abu-abu buram
Kucing Maine Coon berasal dari Maine, Amerika Serikat (sumber: unsplash)

Seperti namanya, Maine Coon adalah ras yang berasal dari Maine, New England. Pada awalnya, mereka dikembangbiakkan di area pertanian untuk mengejar hama seperti tikus. Namun kemudian, pada abad 19, mereka dibawa ke berbagai daerah di seluruh dunia. Ras jenis ini punya sifat yang baik dan kalem, dan mampu beradaptasi dengan lingkungan serta kepribadian apapun dari pemiliknya. Mereka suka sekali berada di sekitar pemiliknya. Kamu jadi ingin punya juga kan? Jangan ragu, karena mereka ini jago banget mengejar tikus! Rumah kamu jadi bebas dari hama pengganggu.


3. Rag Doll

Rag doll putih dengan latar ruangan bercat oranye
Kucing Rag Doll adalah salah satu kucing cerdas eksotik yang populer (sumber: unsplash)

Memang cuma anjing saja yang bisa melakukan trik? Kucing juga bisa lho, apalagi kucing dengan ras Rag Doll. Iya, benar! Kucing dengan ras ini dikenal sebagai kucing yang cerdas, yang bisa kamu ajari untuk melakukan trik sederhana serta belajar untuk bersikap baik, misal saja dimana ia harus menggaruk.


Kucing ras ini tidak setua ras lainnya, karena baru dikembangbiakkan pada sekitar tahun 1960an. Tidak cuma dikenal sebagai ras yang cerdas, mereka ini juga super manja! Mereka akan langsung terlentang pasrah kalau kamu menggendong mereka karena mereka suka sekali dengan sentuhan manusia. Lucu ya!


4. Sphynx

Sphynx hitam dengan latar hitam
Sphynx adalah kucing eksotik yang tidak memiliki bulu di badannya (sumber: unsplash)

Dengan hanya sekali lihat, kamu pasti sudah bisa mengenali kucing dengan ras Sphynx. Ciri khas mereka begitu terlihat: mereka tidak punya bulu sama sekali, telinga mereka begitu besar, serta tubuh mereka yang begitu mungil. Kalau berdasarkan cerita rakyat, makhluk Sphynx dikenal dengan kecerdasannya, nah begitu juga dengan kucing ras Sphynx ini. Sama seperti ras Rag Doll, kamu bisa mengajari kucing ras Sphynx dengan beberapa trik sederhana.


5. Nebelung

Nebelung hitam duduk di kursi kulit cokelat dengan latar gelap
Nebelung dikenal dengan nama Long Haired Russian Blue (sumber: unsplash)

Pernah nonton animasi “How to Tame a Dragon”? Kucing ras ini mirip ya dengan naga bernama Toothless. Tapi tidak seperti seekor naga, kucing ras Nebelung ini dikenal sebagai kucing yang kalem dan pendiam. Mereka juga sangat suka bermain dan bermanja lho. Uniknya lagi, mereka sangat gemar untuk menaiki posisi tinggi, misal saja di atas meja atau lemari. Plus, seperti judul lagu terbaru New Jeans, mereka ini dikenal sangat “super shy” alias pemalu. Kalau ada orang asing bertemu mereka, mereka akan cenderung untuk mundur atau bersembunyi.


6. Bengal

Kucing Bengal duduk dengan kepala menghadap ke kanan, latar belakang putih
Bengal adalah kucing peranakan yang liar dan aktif (sumber: Wilakusuma Cattery)

Bengal dikenal sebagai salah satu perkawinan silang yang populer di dunia lho! Warna dan pola di tubuhnya yang mirip harimau ini menjadikan kucing ras dengan gen Asian Leopard ini begitu eksotik dan diminati. Tapi kamu jangan takut, mereka ini tidak galak seperti harimau atau macan. Malah, mereka ini sangat ramah dengan manusia. Mereka begitu aktif serta senang bermain. Satu-satunya momen ketika mereka tenang adalah saat mereka tidur.

Kucing Bengal cocok untuk kamu yang punya ruangan luas dan area outdoor yang cukup bagi mereka berlarian dan memanjat.


7. Caracal

Caracal duduk bersantai di tanah dengan latar sabana kering
Kucing caracal adalah salah satu jenis kucing liar dari Afrika dan Asia Barat Daya (sumber: unsplash)

Kucing ras Caracal biasanya tinggal di hutan benua Asia dan Afrika lho. Telinga mereka mirip banget ya dengan kunciran rambut manusia? Ini yang membuat ras mereka unik dan eksotik. Telinga mereka ini bukan cuma unik, tapi punya kemampuan mendengar di atas kucing rata-rata pada umumnya. Mereka juga dikenal sebagai makhluk yang nocturnal atau aktif justru saat malam hari. Mereka juga cenderung untuk menyendiri.


8. Burmese

Kucing Burmese duduk di lantai abu-abu dengan latar abu-abu gelap
Kucing ras Burmese berasal dari Burma (sumber: unsplash)

Kalau kamu suka banget kucing yang aktif, sangat ramah, serta butuh perhatianmu dan orang-orang sekitarmu, kucing ras Burmese ini bisa jadi pilihan tepat untukmu. Mereka ini tidak bisa sering ditinggal sendiri karena kucing ras Burmese adalah makhluk sosial dan cenderung bisa stress saat sendirian. Kalau kamu punya peliharaan lain di rumah, anjing misalnya, kucing ras Burmese ini siap menjadi teman terbaik mereka.



9. Turkish Van

Kucing Turkish Vam dengan mata odd-eye menatap sesuatu dengan latar belakang blur
Turkish Van adalah kucing ras yang menyukai air (sumber: unsplash)

Konon katanya setiap kucing itu tidak suka air. Eits, tunggu dulu! Hal ini tidak berlaku untuk kucing ras Turkish Van. Mereka malah senang bermain air lho. Seperti namanya, kucing ras ini berasal dari Turki. Mereka punya rasa penasaran yang tinggi, serta kepribadian yang unik. Tidak heran, pemilik kucing ras ini harus bisa mengerti bahasa tubuh mereka dan harus tahu apa yang mereka mau. Sayangnya, mereka tidak bisa begitu akur dengan kucing dari jenis atau ras lainnya.


10. Savannah

Seekor Savannah abu dengan bintik-bintik hitam duduk, latar belakang cat tree dan tembok batu
Savannah adalah kucing ras persilangan serval Afrika dengan kucing domestik (sumber: unsplash)

Mendengar kata “Savannah” rasanya langsung membayangkan alam liar ya. Namun, tidak seperti nama “Savannah”, kucing ras ini sangat suka menyendiri serta ramah terhadap pemiliknya. Tubuhnya yang besar serta sifatnya yang pendiam, menjadikan kucing ras Savannah sebagai salah satu kucing eksotik yang terkenal. Savannah adalah kucing hybrid, hasil kawin silang kucing serval dari Afrika dengan (Leptailurus serval) dengan kucing domestik biasa. Hasilnya adalah Savannah, kucing separuh liar yang lengket dengan manusia, mengikuti kepribadian khas kucing domestik. Kucing ini punya rasa penasaran yang tinggi, ia akan membuntutimu untuk mengetahui apa yang sedang kamu kerjakan. Gemes kan?


Itulah 10 ras kucing eksotik yang paling terkenal di seluruh dunia. Dari seluruh ras kucing yang dijelaskan, mana yang bikin kamu penasaran? Atau malah ingin kamu pelihara? Yuk cari tahu lebih banyak di website kami mengenai serba-serbi kucing serta adopsi Bengal.

9 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page