top of page
ismaniarsutardi

Jangan Diganggu, Ini Siklus Tidur Kucing Setiap Hari

Diperbarui: 7 Apr

Ketika melihat kucing peliharaan tidur terus dalam kesehariannya, apakah siklus tidur kucing itu sebenarnya adalah tanda normal? Banyak cat pawrents yang suka mempertanyakan tentang kucingnya yang waktu tidurnya dalam sehari-hari ada dalam durasi yang panjang. Ternyata sesuai dengan fakta yang ada mengenai kucing, mereka memiliki siklus tidur yang cukup panjang dalam seharinya. 


Secara normal kucing dapat tidur seharinya sekitar 14 jam sehari, bahkan ada yang tidur sampai dengan 20 jam. Kucing tidur lebih lama ini adalah pertanda yang masih normal. Oleh karena itu, jangan kepikiran kalau kucing tidur lama. Ini bukan berarti kucing sedang tidak sehat.


Yang punya anabul suka tidur lama, yuk baca artikel berikut ini, yang membahas mengenai siklus tidur kucing. Di artikel ini, akan membuat cat pawrents bisa mengetahui banyak hal mengenai waktu kucing tidur dalam sehari-harinya, juga mencari cara agar anabul punya waktu tidur yang teratur. 


Siklus Tidur Kucing


Kucing tabby tidur di sofa dengan bantal motif garis
Kucingmu terlihat tidur terus, padahal siklus tidur kucing memang berbeda dengan manusia (sumber: unsplash)

Kerap memantau kucing yang hampir tidur seharian penuh, cat pawrents pasti jadi menyimpan pertanyaan tentang siklus tidur kucing. Apakah kucingku sehat atau memerlukan bantuan? Perlu diketahui mengenai siklus tidur kucing setiap harinya punya keteraturan sendiri, lho! Cat pawrents bisa memantau tentang durasi waktu tidur kucing dengan mengetahui beberapa ketentuan siklusnya yang akan dijelaskan di bawah ini.


Waktu Tidur Kucing Sesuai dengan Umur

Kucing punya siklus tidur setiap hari yang ditentukan oleh umur. Masa tidur kucing junior nyatanya tidak sama dengan kucing senior maupun geriatri. Rata-rata kucing junior tidur dalam durasi hampir 16 jam sehari. Begitu mereka memasuki masa senior mereka tidur lebih lama dari pada masa junior dan geriatri

Di umur senior, kucing menghabiskan waktu tidur hampir 20 jam atau 90% waktu dalam sehari. Sedangkan kucing pada masa geriatri akan mengalami penurunan durasi waktu tidur atau bisa aktif daripada kucing junior maupun kucing senior. Sesuai jenis hewan yang nokturnal, kucing memiliki ritme tidur “krepuskular”, yaitu suatu kondisi saat hewan akan bangun pada masa tenggelam fajar sampai senja datang. 


Durasi Waktu Tidur Kucing dalam Sehari

Siklus tidur kucing setiap hari berbeda-beda sesuai umurnya. Beberapa sumber bisa menyebutkan bahwa durasi waktu tidur kucing dalam sehari-hari bisa saja berbeda-beda. Lama waktu tidur kucing berkisar 15-20 jam, atau antara 13-16 jam hingga mencapai 21 jam. 

Namun sebenarnya tidak ada yang bisa memprediksi berapa lama waktu tidur kucing secara spesifik. Terkadang cat pawrents menemukan kucing sedang aktif di siang hari dan terlelap di malam hari, atau malah sebaliknya sehingga rutinitas tidur kucing susah untuk diprediksi. Namun secara ilmiah kucing adalah hewan “krepuskular”, memiliki durasi tidur yang panjang dalam sehariannya.


Fakta Mengenai Siklus Tidur Kucing

Apakah kucing selalu tidur terlelap setiap waktu tidurnya? Jawabannya adalah tidak selalu. Manusia maupun hewan memiliki dua jenis kebiasaan saat tidur, yaitu Rapid Eye Movement (REM) dan Slow-Wave Sleep. Saat kucing tertidur, mereka punya waktu tidur dengan terjaga atau masih waspada dengan keadaan sekitarnya, yang disebut dengan Slow-Wave Sleep selama 15-30 menit sebelum tertidur lelap. 

Saat tertidur, secara alamiah indra penciuman dan indra pendengar kucing masih aktif. Cat pawrents mungkin pernah melihat kucing tidur namun hidung atau kupingnya bergerak-gerak. Itu adalah kebiasaan tidur dengan Slow-Wave Sleep. Ada para pakar yang menyebutkan kebiasaan kucing tertidur seperti halnya mendengkur, bermimpi, mengeong lirih terjadi ketika kucing sedang mengalami Rapid Eye Movement.


Tips Agar Siklus Tidur Kucing Teratur


Kucing berbwarna krim sedang tidur di sofa cokelat keunguan
Kita bisa mengatius siklus tidur kucing agar sesuai dengan aktivitas penghuni rumah (sumber: unsplash).

Cat pawrents sebenarnya bisa mengatur waktu tidur kucing, meskipun tidak menutup kemungkinan siklus tidur kucing setiap hari adalah hal yang alamiah terjadi pada anabul sehingga menyebabkan segala usaha kita bisa jadi sia-sia. Namun coba bayangkan apabila anabul memang punya kebiasaan yang meniru banyak penghuni rumahnya. Banyak kucing yang jadi aktif apabila menemukan suasana yang tepat. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan supaya waktu tidur kucing menjadi lebih teratur.


Buat Jadwal Kegiatan Sehari-hari Kucing 

Apabila rutinitas kucing tidur masih belum bisa diprediksi, berarti cat pawrents bisa memperbaikinya dengan membuat jadwal kegiatan kucing sehari-hari. Buatlah jadwal kegiatan dengan menggunakan tabel yang dibuat secara digital dan di-print dan kemudian ditempel pada kulkas misalnya agar cat pawrents bisa mulai melaksanakan satu per satu rutinitas sehari-hari kucing. 

Tidak hanya cocok untuk mengatur jadwal tidur, dengan bantuan kertas jadwal cat pawrents bisa mengatur kapan jadwal makan kucing, bermain dengan kucing dan membiarkan kucing beristirahat. Aktivitas ini memudahkan kucing anda supaya bisa disiplin dengan waktu, terutama untuk mengelola rutinitas tidur anabul.


Kenalkan Kucing dengan Jadwal Sehari-hari Cat Pawrents

Ingin agar kucing bisa menyamai aktivitas aktif mereka dengan kegiatan cat pawrents, itubisa dilakukan, lho! Kebiasaan bersama antara kucing dengan cat pawrents akan menimbulkan kesesuaian dalam aktivitas yang terjadi. Jadi, apabila cat pawrents sedang dalam keadaan  aktif, ada baiknya juga untuk mengajak kucing sama-sama beraktivitas. 

Kenapa sih harus mengenalkan jadwal sehari-hari kucing dengan cat pawrents atau anggota keluarga lainnya? Kucing dan cat pawrents yang sama-sama punya jadwal kegiatan yang kompak, akan mempengaruhi rutinitas tidur kucing yang juga akan teratur. Seperti halnya menyamai waktu ketika beristirahat sampai dengan waktu bermain kucing, akan lebih teratur jika dilakukan dengan bersama-sama. 


Beri Area Khusus untuk Tidur Kucing

Jika kucing sedang tidur secara tidak teratur, ada cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan “memberi tahu” ke kucing dimana tempat atau area khusus tidur mereka. Pastikan cat pawrents menyisihkan sedikit ruangan di sudut rumah atau ruangan lain apabila memungkinkan dengan tempat tidur kucing. Kucing menyukai kardus. Anda bisa meletakkan kardus kesukaan mereka di tempat biasa mereka tidur.

Sesuai dengan kebutuhan kucing tidur, kucing diharapkan akan terbiasa dan mengerti dimana tempat nyamannya untuk tidur yang sudah disiapkan cat pawrents. Jika kucing sudah terbiasa tidur di area tempatnya berada, maka akan mempermudah cat pawrents agar bisa memantau siklus tidur kucing. Lakukan pengecekan waktu tidur kucing. Perhatikan jika kucing terlalu lama tidur, ada kemungkinan dia sedang sakit. Saat hal yang tidak biasa ini terlihat, segera bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan ya!


Kucing gemes Anda mungkin memang punya kebiasaan tidur yang lama. Namun, sebagai cat pawrents yang bijak sebaiknya kita mengetahui siklus tidur kucing setiap harinya. Dengan begitu, cat pawrents bisa mengerti lebih lanjut mengenai kebiasaan dan kondisi kesehatan kucing. Apabila kucing tidak sehat itu bisa terjadi karena siklus tidurnya yang terganggu. Oleh karena itu, yuk pantau terus siklus tidur anabul!


Baca artikel menarik lainnya di sini.


6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page