top of page
ismaniarsutardi

10 Jenis Kucing Ini Populer di Asia

Bukan hanya menggemaskan, kucing juga mempunyai beragam penampilan yang unik. Hal ini menjadi alasan beberapa jenis kucing diminati untuk dipelihara dan dipertahankan keturunannya. Benua Asia menghasilkan kucing-kucing yang dipercaya sangat cantik dan unik. Beberapa diantaranya bahkan dulunya dianggap bangsawan. Nah, kita bahas kucing-kucing populer ini yuk!


Kucing Peliharaan Populer di Asia

Setengah kucing ras di Asia berasal dari indukan yang sama. Siam, Persia, dan Anggora adalah kucng ras tertua yang menjadi indukan utama kucing-kucing ras di Asia. Ketiganya memiliki kepribadian dan bentuk tubuh yang mudah dibedakan.


1. Siamese atau Kucing Siam

Seekor kucing Siam bersantai di atas matras bergaris
Kucing siam berasal dari Thailand (sumber gambar: unsplash).

Kucing siam memiliki mata biru yang indah. Bulunya tiga warna dengan warna dominan gelap di wajahnya. Selain itu, bulunya yang pendek membuat kucing ini cocok dipelihara oleh yang memiliki alergi karena kucing Siam jarang mengalami kerontokan bulu.

Kecantikan kucing siam menjadikannya populer di Asia. Berasal dari Thailand, kucing Siam pernah dianggap bangsawan dan hanya dimiliki oleh keturunan kerajaan atau anggota kerajaan. Kucing Siam juga merupakan salah satu kucing ras tertua di Asia.


2. Persian atau Kucing Persia

Kucing Persia putih bermata hijau duduk tenang di atas kasur putih
Kucing persia adalah salah satu kucing peliharaan favorit keluarga (sumber gambar: unsplash).

Kucing persia dipercaya berasal dari bangsa Mesopotamia, yang menjadi asal usul bangsa Persia. Dikenal dari penampilan bulunya yang panjang dan halus, kucing persia diminati karena kecantikannya. Sikapnya yang manis dan tenang menjadikannya kucing peliharaan favorit di dunia.

Kucing persia sering dijadikan ikon atau bintang iklan komersial produk-produk kucing peliharaan. Terlepas dari keunikan tubuhnya yang sering dilihat di televisi, kucing persia memiliki berbagai warna dan variasi. Bulunya bisa berwarna putih, hitam, abu-abu, oranye, bahkan tiga warna (calico).


3. Turkish Angora atau Kucing Anggora Turki

Kucing anggora turki bermata biru sedang duduk menghadap ke depan (kamera)
Kucing anggora turki bertelinga lebar dan bermata indah (sumber gambar: unsplash).

Anggora turki adalah salah satu kucing ras tertua di dunia, yang hidup sejak abad ke-15. Beberapa teori mengatakan kucing ini adalah mutasi genetik dari kucing liar Afrika. Bulunya yang panjang dan tebal dipercaya sebagai pelindung dari kerasnya cuaca bersalju di Ankara (Turki).


Kucing anggora turki memiliki sepasang mata indah seperti almond dengan telinga yang lebar dan panjang. Matanya bisa berwarna kuning, hijau, biru, bahkan berbeda warna antara kiri dan kanannya (odd eyes). Sifatnya yang ramah dan mudah bersosialisasi menjadikannya cocok sebagai kucing peliharaan keluarga.



4. Bengal

Kucing Bengal belang-belang berdiri menatap ke atas
Kucing Bengal adalah keturunan macan tutul Asia (sumber: Wilakusuma).

Kucing Bengal memiliki corak tegas belang-belang. Asalnya dari macan tutul Asia (Asian Leopard Cat) yang dikawinkan dengan kucing domestik, seperti Abyssinians, Egyptian maus, hingga American shorthair. Tubuhnya panjang dengan kaki-kaki yang panjang dan kuat.


Kepribadian kucing Bengal sangat lincah. Meskipun dapat dipelihara di rumah, pemiliknya harus bisa menyediakan tempat bagi mereka untuk menjelajah. Oleh karena itu, kucing Bengal disarankan memiliki area sendiri untuk berlari, memanjat, dan melompat.



5. Japanese Bobtail

Seekor Japanese bobtail calico berjalan mendekati sebuah mobil yang terparkir
Japanese bobtail adalah kucing asli Jepang berekor pendek (sumber: unsplash).

Sesuai namanya, kucing ini hidup pertama kali di Jepang sejak abad ke-6. Di masa itu, Japanese bobtail adalah kucing domestik yang dipelihara oleh keluarga kerajaan dan bangsawan. Ukuran tubuhnya sedang dengan ekor yang lebih mirip ekor kelinci ketimbang ekor kucing. Bulunya ada yang panjang dan ada pula yang pendek.

Kucing ini cukup pintar untuk mengetahui namanya dan merespon jika dipanggil. Japanese bobtail adalah jenis kucing yang aktif dan juga penyayang. Mereka bisa bermain lempar-tangkap mainan selama berjam-jam.


6. Korat

Kucing korat berpose berguling dengan wajah terbalik menghadap kamera
Kucing korat adalah kucing tertua dari Thailand (sumber: unsplash).

Kucing korat menjadi salah satu kucing tertua yang berasal dari Thailand sejak 900 tahun lalu. Warna bulunya hanya satu, biru indah berujung perak yang memberikan mereka tampilan berkilauan seperti halo, menurut Cat Fanciers Association (CFA). Telinganya besar menghadap ke depan dan warna matanya hijau peridot. Bentuk wajahnya unik menyerupai bentuk hati jika dilihat dari depan maupun dari atas.

Korat adalah ras kucing cerdas. Sifatnya yang cenderung santai sering membuatnya dianggap bijaksana. Bagi kucing ini, ada waktunya untuk bermain dan aktif, dan ada juga waktu untuk cuddling di pangkuan. Korat akan membentuk ikatan keluarga yang baik, bahkan dengan anak-anak.


7. Dragon Li

Kucing Dragon Li berkalung sedang duduk di lantai
Dragon Li adalah kucing purba dari Cina (sumber: unsplash).

Jika kamu berpikir kucing ini dari Cina, maka tebakanmu tepat. Dikenal dengan nama Li Hua Mao atau Chinese Fox Flower, kucing ini adalah kucing ras asli Cina yang tampilannya liar. Dragon Li dikenal karena kemandirian dan kecerdasannya. Mereka juga setia kepada anggota keluarganya. Kucing Dragon Li menyukai aktivitas di luar ruangan dan senang berburu.

Dragon Li mempunyai bentuk kepala besar seperti berlian bulat. Di dahinya biasanya ada pola huruf M. Bulunya pendek dan tebal dengan warna cokelat keemasan dan warna yang lebih terang di area perut. Warna matanya hijau, emas, atau kecokelatan.


8. Burmese atau Kucing Burma

Kucing siam sedang duduk di atas lantai abu-abu
Kucing burma adalah keturunan kucing siam (sumber: unsplash).

Kucing burma masih ada hubungan kekerabatan dengan kucing siam. Warna bulu dan bentuk wajahnya juga mirip kucing siam. CFA mengidentifikasi kucing burma dalam empat warna, yaitu sable, platinum, biru, dan champagne.


Dikenal dengan sifatnya yang playful, kucing burma cenderung aktif dan juga pintar. Kucing burma amat ramah dan gemar meringkuk. Ada dua jenis kucing burma yang diidentifikasi, yaitu American Burmese dan European Burmese.


9. Oriental Shorthair

Kucing oriental shorthair putih kecokelatan duduk di lantai kayu dengan tatapan mata ke arah atas
Oriental shorthair memiliki kekerabatan dengan kucing siam (sumber: unsplash).

Berasal dari Inggris, Oriental shorthair memiliki hubungan kekerabatan dengan kucing siam. Tubuhnya panjang dan ramping menyerupai tabung. Otot kakinya terlihat sehingga kucing ini cukup atletis. Warnanya beragam dengan pola bermacam-macam, seperti warna solid, dua warna, tabby, hingga corak totol-totol. Matanya seperti almond dengan warna hijau atau biru.


Selain penampilannya yang cantik, kepribadiannya juga easy going. Mereka menyukai hampir semua orang yang ditemui, termasuk anjing peliharaan. Jika kebanyakan kucing senang menyendiri, kucing ini justru senang hidup berkelompok lho! Karena sifat sosialnya yang tinggi, mereka butuh perhatian yang cukup agar tidak depresi.


10. Singapura

Kucing singapura berwarna tabby sedang bermain-main di atas permukaan kain biru
Kucing singapura adalah kucing ras kecil yang umum ditemukan di Asia Tenggara (sumber: unsplash).

Jika kamu menyukai kucing berbadan kecil, Singapura cocok menjadi pilihan utama. Bobot tubuh kucing singapura dewasa hanya mencapai 3.5 kg saja. Walaupun tubuhnya kecil, kucing ini lincah dan atletis lho!

Penampilan kucing singapura cukup unik dengan warna eksotis bergaris-garis seperti cheetah di wajahnya dan bulu warna sepia yang lembut. Bulu berwarna krem terang ada di sepanjang perut, dada, moncong, dan dagu. Matanya berwarna kuning, hijau, dan kecokelatan.


Setiap kucing punya kepribadian yang berbeda dan menarik. Kucing siam dan korat senang memijat atau menguleni dengan tangannya untuk mendapatkan perhatian. Singapura adalah kucing yang clingy dan lincah dengan memanjat tempat-tempat tinggi. Bengal adalah kucing hybrid yang liar dengan tampilan eksotis. Kepribadian kucing harus cocok dengan pemiliknya. Untuk bisa memperoleh kucing bengal berkualitas tinggi, kamu bisa menghubungi kami disini.


17 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page