top of page
ismaniarsutardi

Beragam Kucing Persia yang Kamu Perlu Tahu!

Kucing persia dikenal sebagai salah satu kucing populer yang dipelihara karena cantik dengan bulunya yang panjang dan wajahnya yang flat. Tapi kamu tahu ngga sih, ada juga kucing persia dengan moncong yang lebih panjang dan runcing? Kucing cantik ini ternyata punya beberapa jenis lho! Yuk, kenali lebih baik si kucing diva nan glamor dengan membaca ulasan berikut ini!


Jenis Kucing Persia Berdasarkan Warna Bulunya

1. Solid

Kucing persia solid berwarna putih duduk di atas matras/kasur putih
Kucing persia solid berwarna putih (sumber: unsplash).

Kucing persia solid dapat ditemukan dengan beragam warna, seperti hitam, putih, biru, tabby, dan calico. Bulu mereka juga memiliki banyak corak. Yang paling populer adalah kucing persia putih. Kucing persia putih bisa ada yang berbulu panjang dan pendek. Mereka mudah dirawat namun butuh pemeriksaan dokter secara rutin karena kesehatannya cukup rentan.


Kepribadian kucing ini adalah sifatnya yang ramah dan penyayang. Hal ini menjadi ketertarikan banyak orang untuk bisa memeliharanya. Kucing persia putih telah menjadi salah satu kucing peliharaan favorit di Asia dan Amerika. Kepribadiannya yang suka bersantai cocok untuk orang yang suka suasana tenang.


2. Tabby

Kucing persia tabby dengan garis cokelat dan abu-abu berbaring dengan latar krem
Kucing persia tabby (sumber: unsplash).

Kucing persia tabby memiliki bulu belang yang khas. Biasanya berwarna cokelat atau jingga. Pola ini disebut "ticked" karena garis-garisnya tidak padat tapi bercampur dengan tanda lain, baik solid maupun putih. Kucing persia tabby juga sering disebut domestic long hair karena jenis ini adalah kucing berbulu panjang yang umum.


Kucing persia tabby memiliki kepribadian yang lembut. Umumnya mereka akan cocok dengan anak-anak dan hewan peliharaan yang lainnya. Mereka tidak terlalu aktif namun menyenangkan jika sedang diajak bermain. Kucing ini umurnya cukup panjang hingga 15 tahun. Dibutuhkan banyak interaksi dengan manusia jika ingin mereka berumur panjang dan menyesuaikan diri dengan baik.


3. Tortoiseshell

Kucing persia tortoiseshell berwarna hitam-kuning-putih sedang duduk dengan latar putih
Kucing persia tortoiseshell (sumber: unsplash).

Tortoiseshell adalah jenis kucing persia yang digemari karena corak bulunya yang seperti mantel penyu. Warnanya khas, kombinasi bercak bulu hitam, oranye, dan putih. Kucing ini berbulu panjang dan membutuhkan perawatan telaten untuk mempertahankan penampilan terbaiknya. Seperti pada kucing ras lainnya, tortoiseshell rentan terhadap kondisi kesehatan tertentu. Salah satu penyakit umum yang diderita kucing persia tortoiseshell adalah hyperesthesia, yaitu gangguan berupa reaksi berlebihan terhadap rangsangan seperti suara keras atau gerakan tiba-tiba.


4. Calico

Kucing persia calico berwarna hitam-putih-oranye menatap ke depan dengan latar kayu
Kucing persia calico (sumber: unsplash).

Kucing persia calico dikenali dari jenis bulunya yang unik. Kombinasi putih, hitam, dan oranye adalah yang paling umum. Kepala kucing ini besar dan ekornya panjang dengan bulu halus. Bulunya sangat halus dan biasanya tidak rontok sama sekali.

Kucing persia calico adalah jenis yang langka. Diperkirakan hanya satu dari 10.000 jenis persia yang ada. Kucing persia calico cocok untuk dipelihara oleh orang yang bermasalah terhadap hairball di furnitur mereka karena persia calico tidak sering mengalami kerontokan bulu. Persia calico sangat penyayang sehingga bisa menjadi anggota keluarga tambahan kamu.


5. Himalaya

Kucing persia himalaya warna putih dengan corak abu-abu, berlatar hitam
Kucing persia himalaya (sumber: unsplash)

Kucing persia himalaya dikenal dari bulu cantiknya yang panjang mengagumkan dan kepribadiannya yang manis menyenangkan. Persia himalaya biasanya berwarna kuning pucat atau oranye terang, dengan bintik-bintik gelap di telinga, ekor, dan wajahnya. Mereka memiliki bulu mewah yang tebal serta halus. Ciri utamanya adalah moncongnya yang pendek dengan wajah bulat. Matanya juga cantik, kadang ada yang berwarna biru terang mencolok.


6. Bicolor

Kucing persia bicolor hitam dan putih dengan latar putih
Kucing persia bicolor (sumber: omlet)

Menjadi salah satu kucing ras tertua di dunia, kucing persia bicolor memiliki kepribadian yang tenang, sangat mudah bersosialisasi, serta cerdas. Sifatnya yang lembut membuat kucing ini cocok dipelihara indoor serta ramah anak. Kucing ini senang berada di antara orang-orang dan hewan peliharaan lainnya seperti anjing.

Persia bicolor ada dengan berbagai warna dan corak bulu. Anak kucing bicolor mungkin akan lahir serba hitam, serba putih, atau memiliki bercak campuran hitam dan putih. Warna yang dominan akan tetap ada saat mereka dewasa. Kucing persia bicolor sering disebut "tuxedo" karena warna dominasinya hitam dan putih.


Jenis Kucing Persia Berdasarkan Panjang Bulunya

1. Kucing persia shorthair

Kucing persia shorthair bicolor duduk di atas panjatan kardus cokelat dengan latar dinding putih
Kucing persia shorthair (sumber: unsplash)

Sesuai namanya, kucing ini berbulu pendek. Wajahnya unik sehingga sering disebut peke-faced. Matanya besar dan bulat. Kepribadiannya anggun, manis, dan lembut. Kucing ini sangat penyayang dan bisa menjadi anggota keluarga tambahan yang baik untuk anak-anak. Persia shorthair tidak membutuhkan perawatan ekstra seperti kucing berbulu panjang.



2. Kucing persia longhair

Kucing persia solid putih dengan karakteristik longhair duduk manis di atas matras putih dengan latar kamar tidur
Kucing persia longhair solid berwarna putih (sumber: unsplash)

Kucing persia longhair terlihat cantik menggemaskan dengan bulu panjang yang flowy. Bentuk tubuhnya ramping dengan mata bulat yang besar. Kucing ini penyayang dan bisa menjadi sahabat yang baik. Kucing persia longhair membutuhkan perawatan rutin untuk bulunya agar tidak kusut dan menggumpal.




Apapun jenis dan karakternya, semua kucing membutuhkan perawatan yang sama. Ajak bermain dan hindari hal-hal yang membuatnya stres agar hidupnya berkualitas bersama kita. Lakukan grooming rutin dan periksakan kesehatannya secara berkala ke dokter hewan.

Di Wilakusuma Cattery, seluruh perawatan dilakukan dengan baik, termasuk grooming, pemilihan makanan kucing, serta pemeriksaan rutin ke dokter hewan. Yuk, dapatkan informasi terbaik kucing Bengalmu disini.

12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page