top of page
ismaniarsutardi

Karakteristik Unik Kucing Bengal, Kamu Perlu Tahu

Diperbarui: 5 Apr 2023

Kucing Bengal terkenal karena bulunya yang eksotis. Kucing ini merupakan campuran atau mix breed dari Asian Leopard Cat atau macan tutul Asia dengan kucing domestik. Kita lihat keunikannya di bawah ini yuk!


Karakteristik Fisik Kucing Bengal


Kucing Bengal memiliki bentuk kepala segitiga yang besar. Lehernya tebal, kakinya besar, dan ekornya tebal dengan ujung berwarna gelap. Pola bulu pada dasarnya bergantung dan terbatas pada indukan asli yang berupa mix gen kucing Tabby. Bulu kucing Bengal pendek dan sedikit kasar. Dengan tipe bulu seperti ini sebetulnya lebih mudah merawatnya.


Kucing bengal coklat bintik hitam sedang duduk
Kucing Bengal memilki pola dan warna khas (sumber: unsplash.com)

Mata kucing Bengal berbentuk oval hampir bulat dan umumnya berwarna hijau atau biru. Bobot tubuh kucing Bengal bisa mencapai lebih dari 5 kilogram baik untuk kucing jantan maupun kucing betina. Masa hidup kucing bengal diperkirakan 9 hingga 13 tahun. Warna bulunya krem dan coklat gelap dengan pola bintik yang menarik.

Leher kucing Bengal panjang dan berotot. Penopang tubuhnya adalah kaki berukuran sedang. Dua kaki belakang lebih panjang daripada kaki depannya. Saat dia berguling, akan terlihat perutnya yang belang.

Meskipun terlihat sangar, kucing Bengal sangat penyayang kepada keluarga manusianya. Mereka sangat aktif, namun tetap membutuhkan rumah yang sesuai untuk mengatasi energi mereka yang amat tinggi. Kucing Bengal amat lincah dan suka berlari - lari serta melompat. Untuk menjaga bentuk tubuhnya, diperlukan area yang memadai yang cukup bebas. Jika bisa memenuhi kebutuhan mereka akan berlatih dengan meneyediakan ruang yang cukup, Anda akan memperoleh kucing yang pandai dan penyayang di rumah Anda.


Karakter/Sifat Kucing Bengal


Sifat kucing Bengal bukanlah yang lembut dan suka bermalasan. Kucing bengal terlahir atletis, gesit, namun juga anggun dengan dengan bentuk ototnya yang kuat. Kucing seperti ini seolah layak hidup di hutan liar.

Karena keaktifannya bergerak serta kecerdasannya, memelihara kucing Bengal bisa menjadi tantangan tersendiri. Secara umum, kucing Bengal amat percaya diri, banyak bicara, ramah, namun juga selalu waspada. Tidak ada yang luput dari perhatiannya. Mereka sangat suka bermain dan mempelajari trik.

Cakarnya gesit dan hampir menyamai kemahiran tangan manusia. Kucing Bengal yang bosan akan menimbulkan kebiasaan yang tidak umum, misalnya sifat destruktif akan benda - benda di rumah. Bengal mampu menyalakan dan mematikan tombol power lampu rumah. Mereka juga mampu mengambil benda - benda dengan cakarnya yang hebat.

Bengal senang bermain dengan air walaupun mereka mungkin tidak akan melompat ke bak mandi rumah Anda. Mereka akan tertarik dengan akuarium dan kolam ikan. Keberadaan ikan - ikan akan terancam keselamatannya karena Bengal amat pandai.

Secara alami seluruh kucing suka memanjat namun Bengal mampu memanjat lebih baik. Mereka mungkin akan ditemukan di titik tertinggi di rumah Anda. Satu atau dua cat tree yang tinggi akan bagus untuk menantang kecerdasannya.


Kesehatan Kucing Bengal


Seperti pada kucing ras maupun kucing mixed breed, secara umum beberapa masalah kesehatan seperti penyakit akan diturunkan secara genetik. Kucing Bengal pada umumnya sehat namun dapat ditemukan masalah kesehatan seperti berikut ini:

  1. Distal neurophaty, yaitu penyakit gangguan saraf yang akan menimbulkan menurunnya keaktifan kucing. Penyakit ini dapat terjadi sejak kucing menginjak usia 1 tahun. Meskipun terkadang dapat sembuh dengan sendirinya, beberapa kucing akan kambuh.

  2. Flat-chested kitten syndrome, yaitu penyakit kelainan bentuk dengan variasi ringan hingga parah. Anak - anak kucing yang bertahan hidup hingga dewasa biasanya tidak menunjukkan tanda - tanda begitu mereka mencapai usia dewasa.

  3. Hip dysplasia, yaitu kelainan genetik yang mengakibatkan malformasi pada sendi pinggul atau artritis.

  4. Hypertrophic cardiomyopathy, yaitu penyakit kelainan jantung atau biasa disebut “the silent killer” untuk para Bengal. Penyakit ini bisa bersifat resesif atau dormant pada indukannya. Penyakit jantung genetik ini bisa muncul setelah beberapa generasi breeding.

  5. Patellar luxation, yaitu ketidakstabilan pada kaki kucing yang disebabkan dislokasi tempurung lutut. Akibatnya adalah beberapa level nyeri yang dialami kucing hingga ketidakmampuan bergerak. Beberapa kasus luxation patella bisa diatasi dengan operasi.

  6. Progressive retinal atrophy, yaitu penyakit degeneratif yang menyerang sel photoreceptor pada mata. Seiring berjalannya waktu dan usia, kemampuan sel ini akan menurun. Kucing dapat mengalami kebutaan permanen.


Perawatan Kucing Bengal


Kucing Bengal berbulu pendek dan tebal. Oleh karena itu perawatan bulunya lebih mudah dibandingkan kucing berbulu panjang. Bulu Bengal cukup disisir setiap minggu untuk menghilangkan rambut mati dan mendistribusikan minyak di kulit. Tidak perlu terlalu sering mandi.

Kesehatan gigi dapat dilakukan dengan menyikatnya setiap minggu. Selain untuk mencegah penyakit periodontal, menyikat gigi kucing dapat mengurangi bau tidak sedap mulutnya. Bersihkan area ujung mata dengan kain lembut. Gunakan area kain yang terpisah untuk setiap mata agar terhindar dari penyebaran infeksi.

Bersihkan telinga kucing dengan bola kapas atau kain lembut. Jika ditemukan kotoran, bersihkan dengan campuran cuka dan air hangat 50:50.

Sebaiknya memelihara Bengal sebagai kucing rumahan saja (indoor). Memelihara kucing di area indoor dapat menghindari bahaya seperti tertabrak kendaraan atau diserang anjing. Bangun area outdoor yang luas dengan cat tree yang tinggi khusus Bengal untuk tempat beraktivitas mereka.


Karakteristik Bulu Kucing Bengal


Bengal gelap -terang duduk di dekat cermin
Bengal dengan pola bulu gelap-terang (sumber gambar: unsplash.com)

Penampilan luarnya adalah bulu pendek yang terlihat kasar namun halus. Bulu Bengal muncul dalam beberapa warna dan pola, diantaranya adalah brown tabby, seal mink tabby, black silver tabby, dan seal silver lynx point. Pola bulu dapat terlihat secara acak atau dapat dibuat marmer dengan pola garis - garis horizontal diatur secara acak dengan background yang lebih terang. Beberapa Bengal memiliki bulu yang terlihat berkilauan seolah - olah ditaburi emas.







Nah, setelah mengetahui ciri fisik dan karakternya, apakah kamu tertarik untuk memeliharanya sendiri di rumah? Wilakusuma Cattery mengembangbiakkan kucing Bengal yang sehat dengan menjaga indukannya dengan perawatan premium. Kamu bisa melihatnya sendiri di tempat kami dan memilih Bengal mana yang cocok dengan kamu.


17 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page