top of page
ismaniarsutardi

Kenalan dengan British Shorthair, Si Bulu Mewah yang Manis

Pernah lihat boneka beruang super gempal yang gemesin banget? Nah, kalau kucing British Shorthair ini mirip-mirip kayak gitu, lho! Bulu mereka pendek, tebal, dan wajahnya yang bulat bikin mereka kelihatan super nyaman buat dipeluk. Perawatannya gampang-gampang susah karena harga adopsinya pun ga murah. Pantesan kucing ini banyak dipelihara oleh selebritis Indonesia!


Selain gemesin, kucing ini juga terkenal penyayang dan manja. Sesuai namanya, British Shorthair berasal dari Inggris dan jadi kucing domestik berbulu pendek pertama di sana. Dulu sih kebanyakan warnanya biru keabuan, tapi sekarang British Shorthair bisa ditemui dengan berbagai macam warna dan motif, dari warna solid, bicolor, tabby, tortoiseshell, calico, dan masih banyak lagi!


Sifat Asyik Kucing British Shorthair

British Shorthair biru bermata kuning duduk di sofa bulu putih dengan background terang
Badan British Shorhair tergolong kucing yang matang perlahan, cocok dipelihara cat pawrents yang kalem dan suka ketenangan (sumber: unsplash)

British Shorthair termasuk kucing berukuran sedang-besar, tapi nggak sebesar Maine Coon atau Siberia ya! Kucing jantan British Shorthair bisa mencapai berat 7,7 kg (biasanya betina cuma sampai 5,4 kg). Mereka cocok banget jadi kucing keluarga.

Sifat mereka santai dan biasanya bisa akur sama siapa aja, termasuk anak-anak dan hewan peliharaan lain di rumah. British Shorthair itu aktif tapi nggak hiperaktif, cenderung kalem, dan bisa tinggal dengan nyaman di berbagai ukuran rumah, termasuk apartemen.


Kucing Asyik dan Sehat

British Shorthair termasuk ras kucing yang sehat dan jarang terkena penyakit genetik. Di antara penyakit genetik, mereka paling rentan terhadap penyakit jantung, khususnya hypertrophic cardiomyopathy. Yang pasti sih, kucing manapun bisa sakit, cedera, atau mengalami gangguan kesehatan. Karena itu, penting bagi cat pawrents untuk mengunjungi dokter hewan minimal setahun sekali untuk pemeriksaan fisik guna memastikan kesehatan kucing dan mengetahui potensi masalah kesehatan yang berkembang.


Kucing yang Matang Perlahan

British Shorthair termasuk kucing yang lambat dewasa, baik secara fisik maupun mental. Biasanya mereka baru mencapai ukuran dan berat akhir di sekitar usia 3 sampai 5 tahun. British Shorthair mungkin masih menunjukkan energi dan kegembiraan ala anak kucing sampai mereka dewasa, tapi setelah dewasa, ras ini menjadi tenang dan berperilaku baik.


Sejarah Panjang Kucing British Shorthair

Anak kucing British Shorthair duduk di lantai, sedang dielus kepalanya oleh seorang wanita yang berbaring di sebelahnya
Karena warna bulunya, zaman dulu kucing British Shorthair sempat dinamai British Blue (sumber: unsplash)

British Shorthair mungkin termasuk ras kucing tertua di Inggris. Teori yang paling dipercaya tentang perkembangan ras ini adalah mereka awalnya kucing jalanan berbulu pendek, lalu para breeder menyempurnakan dan membakukan rasnya. Ada yang bilang bahwa British Shorthair dikawinkan dengan kucing lain seperti Persia dan Russian Blue, sampai menjadi British Shorthair yang kita kenal dan sayangi sekarang. British Shorthair termasuk ras yang dipertontonkan di pameran kucing pertama di Inggris pada tahun 1871 lho!


Dulu, ras ini disebut British Blue karena warna biru (biru keabu-abuan), yang sangat umum di awal perkembangannya. Meskipun British Shorthair warna biru masih populer sampai sekarang, mereka bisa ditemui dengan berbagai macam warna dan motif. Ras ini pertama kali dibawa ke Amerika Serikat pada awal 1900-an, tapi waktu itu mereka disebut domestic shorthair. Pengakuan resmi untuk British Shorthair baru diberikan oleh Cat Fanciers Association di tahun 1980. Sekarang, ras kucing populer ini bisa ditemui di seluruh dunia.


Penampilan Menawan Kucing British Shorthair

British Shorthair berukuran medium-besar dengan tubuh yang padat, seimbang, dan kuat. Kucing betina sedikit lebih kecil dari jantan. Salah satu ciri khas ras ini adalah kepalanya yang bulat, dengan pipi bulat, dagu tegas, telinga berukuran sedang, dan mata besar serta bulat. British Shorthair memiliki bulu pendek, tebal, dan tunggal tanpa lapisan bawah. Meskipun British Shorthair warna biru umum ditemui, ras ini bisa memiliki berbagai macam warna dan motif.


Merawat Kucing British Shorthair dengan Mudah

Sesuai namanya, British Shorthair termasuk salah satu kucing bulu pendek yang tidak mudah rontok. Hanya butuh perawatan minimal aja lho! Cukup disisir seminggu sekali menggunakan sikat halus, dan lebih sering saat musim ganti bulu, untuk menghilangkan bulu rontok sebelum berserakan di seluruh sudut rumah.


Potong kuku mereka setiap dua atau tiga minggu dan periksa bagian dalam telinga setiap minggu. Jika ada kotoran sedikit di telinga, gunakan pembersih telinga khusus hewan peliharaan dan bola kapas untuk membersihkannya (jangan pernah menggunakan cotton swab). Jika telinga British Shorthair terlihat merah atau terlalu kotor, buatlah janji bertemu dokter hewan.


Pernah nggak sih cat pawrents kepengen punya kucing gemoy yang mirip boneka teddy bear? Kalau iya, British Shorthair cocok menjadi pilihan prioritas! Jangan lupa perawatan dan pemeriksaannya ke dokter hewan ya!


Selain British Shorthair, cat pawrents yang senang dengan kucing aktif bisa juga lho mempertimbangkan memelihara Bengal. Kucing Bengal di Wilakusuma Cattery terbukti sehat, divaksin, dan aktif banget! Nggak percaya? Hubungi aja Wilakusuma Cattery!



Yuk, baca artikel menarik lain seputar kucing dan perawatannya di sini.


8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page