top of page
ismaniarsutardi

Kenalan dengan Himalaya, Kucing Gemes yang Super Populer!

Siapa nih yang sudah ingin adopsi Persia yang elegan tapi kepincut kucing Siam yang stylish banget? Well, kini cat pawrents ga usah bingung lagi. Adopsi aja kucing Himalaya yang jadi gabungan keduanya!

Kenapa Himalaya super populer? Kucing Himalaya adalah gabungan terbaik dari Persia dan Siam! Bayangin deh, anggunnya Persia ketemu stylish-nya Siam, jadi deh kucing super kece si Himalaya! Himalaya juga terkenal kalem dan cocok untuk cat pawrents yang punya anak kecil atau kucing lain. Selain itu, wajah kucing Himalaya yang imut-imut bakalan bikin cat pawrents gemes sendiri!

Dengan kucing secantik itu, tentunya perawatan Himalaya lumayan ekstra. But no worries, cinta dan kasih sayang yang cat pawrents berikan akan dibales berkali-kali oleh Himalaya kesayanganmu! Yuk deh, kenalan lebih jauh dengan kucing kece in!


Asal Usul Kucing Himalaya

Kucing HImalaya bermata biru difoto dari samping.
Fakta unik Himalaya: perkawinan silang Persia dan Siam (sumber: unsplash)

Himalaya lahir dari perkawinan silang kucing Persia dan kucing Siam. Dari kucing Persia, Himalaya mendapatkan wajah cantik nan kalem, sementara dari kucing Siam diperoleh warna bulu yang unik. Awalnya hasil kawin silang ini tidak dilakukan dengan sengaja, tapi ternyata hasilnya jadi kucing yang cantik banget! 

Kucing Himalaya pertama punya badan yang gendut, bulunya lebat, mukanya flat, dan matanya biru bening seperti warna lautan. Kesuksesan ini melahirkan kucing Himalaya yang dikenal hingga sekarang. By the way, nama Himalaya bukian dari pegunungan Himalaya yang terkenal itu. Pada tahun 1930, kucing Himalaya pertama dikembangkan di Amerika Serikat.


Bentuk Badan Kucing Himalaya

Jangan salah lihat, Himalaya terlihat besar karena bulunya yang tebal. Padahal badan Himalaya yang sebenarnya itu mungil dan dengan kakinya yang pendek. Walaupun tergolong berbadan mungil, ada kucing Himalaya yang beratnya hingga 12 kg lho!

Kucing Himalaya jantan biasanya lebih berat lagi. Mukanya bulat dan datar, bikin gemes maksimal. Oh iya, ekornya juga panjang dan lebat, seperti sapu tangan lembut.


Bulu Kucing Himalaya

Inilah yang membuat kucing Himalaya juara! Fakta bahwa bulunya yang panjang, halus, dan mewah, biasanya berwarna putih atau krem, menjadi keunggulan menarik kucing Himalaya. Namun kucing Himalaya juga bisa ada dalam warna lain seperti biru, lilac, coklat, atau hitam. Read this: warna-warna ini biasanya hanya muncul di telinga, hidung, dan ekornya, mirip seperti kucing Siam!


Perawatan dan Kesehatan Kucing Himalaya

Kucing Himalaya punya resiko penyakit ginjal polikistik yang ternyata diturunkan dari kucing Persia. Oleh karena itu, penting untuk membawa kucing Himalaya ke dokter hewan sejak kecil dan memeriksa kondisi kesehatannya secara berkala.

Wajahnya yang cenderung datar juga bisa berpengaruh ke saluran pernapasan, gigi, dan matanya. Jadi, seperti hewan peliharaan lain panda umumnya, Himalaya perlu diperiksa dokter hewan rutin dan divaksin lengkap. Pilih makanan kucing yang berkualitas. Himalaya termasuk kucing yang aktif dan butuh banyak energi. Dengan perawatan yang tepat, maka kucing Himalaya bisa hidup sehat sampai 15 tahun!

Bulunya yang panjang dan lebat perlu disisir setiap hari. Ini dilakukan agar minyak alami di kulit dan bulunya terjaga dan tidak membuatnya gampang kusut. Jika bulunya kusut, bisa membuat dia kurang nyaman saat pergi ke litter box. Selain itu, disisir tiap hari juga bisa mengurangi rontokan bulunya. No worries, Himalaya sebenernya suka kok dirawat. Dia akan dengan senang hati tidur di pangkuanmu sambil disisir-sisir.


Karakter Kucing Himalaya

Kucing Himalaya dengan topi Santa duduk di antara dua ekor anjing Golden Retriever.
Fakta unik kucing Himalaya: bisa dipelihara berbarengan dengan anjing (sumber: unsplash).

Fakta unik lainnya, Himalaya memperoleh sifat kalemnya dari kucing Persia dan Siam. Sama seperti Persia, kucing Himalaya suka rebahan di tempat yang hangat atau pamer kecantikan di sofa. She is the real queen deh! Himalaya tidak secerewet Siam, namun lebih aktif daripada kucing Persia.

Tahukah cat pawrents, kucing Himalaya juga bisa seperti kucing Siam yang senang menjadi bagian dari keluarga. Himalaya akan dengan senang hati ikut bermain bersama anggota keluarga. Namun Himalaya juga cenderung lebih suka berkumpul daripada diajak bermain yang terlalu aktif. Jika di rumah ada anggota keluarga yang lain, maka Himalaya cocok tinggal bersama anak kecil, kucing lain, atau bersama anjing.



Well, apapun ras kucingnya, pastikan mereka mendapatkan haknya sebagai hewan peliharaan. Rajinlah berkunjung ke dokter untuk diberi obat cacing, obat kutu, dan vaksin secara rutin. Pemeliharaan yang telaten diharapkan bisa membuat kucing kesayangan kita bahagia dan berumur panjang.


Bagi cat pawrents yang tertarik mengadopsi kucing Himalaya, pilihlah dari cattery yang punya reputasi baik. Periksa track record cattery dari ulasan pelanggan dan kesehatan indukan kucing. Adopsi kucing lainnya seperti Bengal, bisa cat pawrents lakukan dengan menghubungi kami, Wilakusuma Cattery, di sini.


10 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page