top of page
ismaniarsutardi

Kenalan dengan Larry: Pemburu Tikus di Parlemen Inggris

Tokoh paling menarik dalam kancah perpolitikan di Britania Raya ternyata bukan perdana menterinya, Keir Starmer. Siapa yang sangka sih seekor kucing tabby menjadi favorit masyarakat Inggris? Bagi cat pawrents yang melihat berita di TV tentang Larry, ia adalah seekor stray cat yang sering wara wiri setiap ada kerumunan di Downing Street No.10, rumah dinas Perdana Menteri Inggris.


Larry, The Mouse Chaser of England

Larry lahir di jalan di awal tahun 2007. Sebagai kucing jalanan, Larry dipelihara dengan baik oleh staf di Downing Street sejak tahun 2011. Beberapa sumber mengatakan, Larry ini jagoan dalam hal mengejar buruan karena naluri berburunya kuat banget. Larry juga dikenal sebagai pembasmi tikus yang hebat. Di tahun 2012, Battersea Dogs & Cats Home, animal shelter tertua di Inggris, sempat bilang bahwa Larry membuat tingkat adopsi kucing jalanan naik 15%.


Karir Larry di Inggris

Kucing tabby abu-putih menatap ke depan dengan latar belakang pintu hitam.
Larry, kucing tabby abu-putih yang tinggal di rumah dinas PM Inggris.

Situs web Downing Street ngegambarin tugas Larry sebagai "pemberi salam ke tamu, petugas keamanan, sekaligus ngecek kualitas tidur di furnitur antik". Lucu banget kan! Katanya Larry lagi sibuk "mikirin cara ngusir tikus-tikus" yang tinggal di Downing Street, tapi solusinya masih tahap "rencana".


Ada perbedaan dari pendahulunya sejak 1929. Biaya pemeliharaan Larry ditanggung sukarela oleh para staf. Acara penggalangan dana untuk membeli makanan Larry kabarnya pernah diadakan dengan malam kuis di ruang tamu negara. Ckckck... udah kayak acara penting kenegaraan ya! Seserius itu para staf perdana menteri kalau soal Larry!


David Cameron, Perdana Menteri Inggris sebelumnya, pernah bilang di sesi tanya jawab terakhirnya sebagai Perdana Menteri di 2016, kalau Larry itu pegawai negeri, bukan cuma peliharaan pribadi. So, Larry nggak akan diusir dari Downing Street kalau ada penggantian perdana menteri baru. Dan bener aja kan, Larry tetep jadi "pegawai" di masa pemerintahan May, Johnson, Truss, Sunak, sampe Starmer sekarang.


Well, siapa pun Perdana Menteri Inggris yang menjabat, ayo berharap Larry selalu sehat dan mengemban tugasnya dengan baik.



Baca info menarik lainnya seputar kucing di sini.

Cat pawrents tertarik adopsi Bengal sebagai anggota keluarga tambahan yang jagoan? Hubungi kami.

 

3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page