top of page
ismaniarsutardi

Kenali Tanda - Tanda dan Penyebab Keguguran Kucing Peliharaan

Tidak sedikit kucing betina mengalami keguguran di masa kandungannya. Yang perlu diperhatikan adalah jika hal ini terjadi pada kucing peliharaan kamu di rumah. Apakah ada tanda khusus untuk mengetahui keguguran janin di dalam perut kucing betina? Bagaimana cara mengurus kucing betina yang keguguran? Simak penjelasan berikut yuk!


Apakah itu keguguran pada kucing?

Kucing Bengal hamil berdiri di atas balkon kayu
Jaga kucingmu dari infeksi untuk menghindari keguguran (sumber gambar: unsplash.com)

Keguguran adalah kondisi matinya janin di masa kehamilan. Kematian janin bisa terjadi kapan saja di masa kehamilan, meskipun tanda - tanda keguguran bervariasi tergantung pada tahap terjadinya. Ada kasus keguguran kucing di paruh awal masa kehamilan, yaitu sebelum 45 hari. Di kasus tersebut embrio seringkali diserap kembali oleh tubuh induknya sehingga tanda kegugurannya tidak terlihat sama sekali.


Pada akhir kehamilan juga memungkinkan terjadinya keguguran. Keguguran di akhir kehamilan mengakibatkan berbagai kondisi. Anak kucing yang dilahirkan akan mati, atau anak kucing sudah mati lebih dulu sebelum kucing melahirkan. Anak yang mati sebelum dilahirkan ada yang masih terbungkus selaput pelindungnya. Secara umum tidak berbahaya bagi induk, namun ada beberapa kasus yang bisa menjadikan infeksi.


Apa penyebab keguguran pada kucing?

Penyebab umum terjadinya keguguran pada kucing adalah infeksi. Infeksi ini dapat berupa virus, bakteri, atau parasit. Kebanyakan keguguran pada kucing disebabkan oleh infeksi virus, yaitu virus panleukopenia, virus leukimia, virus herpes, virus corona kucing, dan virus feline immunodeficiency.

Keguguran pada kucing juga dapat disebabkan oleh abnormalitas dan perubahan hormon. Tanda lain keguguran adalah adanya demam, sakit perut, juga keputihan abnormal setiap saat selama kehamilan. Keputihan pada induk kucing selama masa kehamilan berwarna cokelat, hitam, hijau, atau warna yang serupa nanah. Selain itu induk kucing yang mengalami keguguran akan mulai cepat kontraksi dan anak kucing yang dilahirkan cenderung mati.


Diagnosis keguguran pada kucing

Keguguran pada kucing hanya bisa didiagnosis dengan tepat oleh dokter hewan. Dokter hewan akan melakukan pemindaian dengan ultrasonografi dan memberi penilaian apakah janin kucing dapat diselamatkan atau tidak. Pemantauan kehamilan juga diperiksa melalui tingkat progesteron. Abnormalitas pada progesteron dapat menandakan adanya keguguran.


Kucing Bengal hamil sedang memeriksa makanan di mangkoknya
Diagnosis penyebab keguguran oleh dokter hewan akan membantu menyelamatkan kehamilan kucing yang berikutnya (sumber gambar: unsplash.com)

Untuk mengetahui penyebab keguguran kucing peliharaanmu, dokter hewan mungkin akan melakukan tes darah. Tes darah akan dilakukan pada induk kucing, kemudian dilakukan pemeriksaan kultur vagina dan hispatologi. Hispatologi adalah pemeriksaan laboratorium dari sampel berupa jaringan operasi, biopsi, atau kerokan (currettage) untuk melihat perubahan morfologi jaringan sebagai pendukung diagnosis. Dokter hewan akan menemukan penyebab utama keguguran. Jika hal itu bisa diobati maka kondisinya akan meningkatkan hasil kehamilan induk kucing yang berikutnya.


Mencegah keguguran kucing peliharaan

Salah satu cara menjaga kucingmu dari keguguran adalah mencegahnya dari demam. Sentuh di area telinga untuk memeriksa kondisinya. Termometer bisa digunakan untuk memeriksa suhu tubuh kucing dengan cara pengecekan di bagian anus. Jika kucing mengalami demam saat hamil, ada kemungkinan kucingmu mengalami infeksi. Para pemilik kucing peliharaan harus benar - benar memperhatikan perilaku kucingnya untuk menghindari masalah serius.

Kamu bisa memeriksakan kucingmu di awal kehamilan ke dokter hewan. Dokter hewan akan memeriksa keseimbangan hormon progesteron. Ketidakseimbangan hormon progesteron dapat dicegah dengan pemberian suplemen khusus. Penggunaan obat ini harus dengan pantauan dokter. Pemantauan ini harus terus dilakukan untuk mencegah komplikasi selama kehamilan kucing.


 

Setelah memahami penyebab dan cara pencegahan keguguran pada induk kucing peliharaanmu, diharapkan kita bisa menjaga kehamilan induk kucing sampai waktu kelahiran anaknya. Kehamilan induk kucing Bengal di Wilakusuma Cattery, dipantau dengan baik oleh kami. Kami memastikan anak - anak Bengal yang dilahirkan sehat dan induknya juga dalam keadaan baik. Pemeriksaan rutin ke dokter hewan selama masa kehamilan dilakukan untuk mencegah keguguran. Hubungi kami untuk memperoleh info lebih lanjut tentang induk dan anakan Bengal yang sehat dan lincah.

88 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page