top of page
ismaniarsutardi

Kenapa Kucing Senang Makan Plastik? Itu Berbahaya!

Kucing memang suka penasaran dengan benda-benda aneh, termasuk plastik. Pernah mergokin kucing kalian ngunyah plastik, sedotan, kabel, dan sebangsanya? Hal ini mungkin jadi pertanyaan di benak cat pawrents semua, ada apa sih dengan plastik dan kenapa kucingku seneng banget ngunyah plastik? Toh setelah dikunyah pun plastik itu bakal dimuntahin juga! Eits, hati-hati dengan benda satu itu ya! Yuk, cari tahu info bahaya kucing makan plastik di artikel berikut ini!


3 Alasan Utama Mengapa Kucing Makan Plastik


Kucing tabby mengunyah plastik.
Kebiasaan kucing makan plastik bisa jadi ada masalah kesehatan yang serius lho! Hindari plastik di sekitar mereka! (sumber: unsplash)

Mengunyah plastik kelihatannya seperti attitude yang nyebelin ya! Faktanya, kucing yang mengunyah dan makan plastik itu punya kecenderungan berbahaya yang disebut pica. Pica itu semacam dorongan untuk mengunyah atau makan benda-benda yang bukan makanan. Konsekuensi makan plastik itu bisa mengancam nyawa kucing lho cat pawrents!


1. Stres atau anxiety

Pernah lihat orang terdekat yang cemas dan melakukan sesuatu yang di luar kebiasaan seperti menggigiti kuku? Nah, kucing-kucing yang punya masalah mental juga biasanya punya gesture abnormal. Mengunyah plastik bisa jadi salah satu coping mechanism kucing untuk mengatasi rasa stres atau cemasnya. Cari penyebab kucing cemas agar kebiasaan mengunyah plastik ini dikurangi.


2. Ada masalah kesehatan

Sebagai makhluk yang misterius, kucing pandai menyimpan rahasia, termasuk masalah kesehatannya. Kucing punya cukup empati untuk tidak memberitahu apa yang mereka rasakan. Sebagai cat pawrents, kenali kucing lebih baik mengenai perilakunya, terutama jika mereka merasa sakit atau tidak nyaman. Kucing yang mengalami pica, ada kemungkinan punya masalah gastrointestinal, seperti radang usus, sumbatan usus, penurunan nutrisi, atau ada parasit di usus. Bisa jadi kebiasaan kucing makan plastik karena ada masalah kesehatan yang serius.


3. Pengalaman kucing

Kucing mungkin punya pengalaman dengan plastik di masa lalu, terutama jika cat pawrents mengadopsinya dalam kondisi sudah dewasa. Jika kucing merasa stres, kurang terstimulasi, atau merasa frustasi, dia akan mengincar sesuatu yang tidak boleh dimakan. Dorongan pica yang tidak diobati bisa menjadi perilaku kompulsif yang terkadang butuh pengobatan seumur hidup, termasuk dengan bantuan obat-obatan.


Bahaya Kucing Makan Plastik

Kucing yang senang makan plastik dapat membahayakan kesehatannya sendiri. Berikut bahaya kesehatan yang ditimbulkan dari memakan plastik.

1. Kemungkinan Sumbatan Usus

Potongan plastik yang tertelan dapat menyebabkan sumbatan usus yang mengancam jiwa. Hal ini dapat memerlukan intervensi medis segera, termasuk pembedahan darurat, untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada kucing.


2. Kerusakan pada Saluran Pencernaan

Plastik yang tertelan dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan kucing, menyebabkan radang usus atau bahkan perforasi usus.


3. Risiko Kehilangan Nutrisi

Mengonsumsi plastik dapat mengganggu asupan makanan dan nutrisi kucing, mengarah pada kekurangan gizi yang dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.


Tanda-tanda Kucing yang Keracunan Plastik

Seperti halnya benda-benda asing lainnya yang bukan makanan, kucing akan menunjukkan tanda-tanda jika dia keracunan plastik. Kenali tanda-tanda ini untuk mencegah bahayanya menjadi lebih parah. Jika kucing menelan benda asing, tanda-tanda berikut akan muncul:

·        Diare

·        Gejala alergi

·        Mengeluarkan liur dan muntah

·        Kehilangan nafsu makan

·        Anoreksia

·        Perubahan sikap

·        Sakit perut


Cat pawrents yang mengamati ada perubahan di kucing bisa segera membawa kucing ke dokter hewan. Kucing yang sakit akan bereaksi berbeda jika Anda mengangkat dan menggendongnya. Sentuh perutnya dan jika kucing berusaha menghindar atau lari, maka ada masalah di perutnya.

Apabila kucing kesayangan tidak nafsu makan, cat pawrents juga dapat mengeceknya dari sisa makanan di mangkok. Tanda-tanda ini bukan hanya berarti kucing keracunan plastik. Setiap perubahan nafsu makan dan tanda vital yang dapat terlihat biasanya menunjukkan ada gangguan kesehatan. Di klinik hewan, kucing bisa diperiksa dengan USG jika memang dia menelan sejumlah plastik.


Cara Mencegah Kucing Makan Plastik


Kucing tabby duduk di dalam plastik bening
Buat kucing sibuk dengan mengajaknya main agar ia tidak kecanduan makan plastik (sumber: unpslash).

Hal paling mudah untuk mencegah kucing makan plastik adalah dengan menyembunyikan plastiknya. Taruh plastik atau benda-benda yang menarik perhatian kucing di dalam lemari tertutup, atau sembunyikan di tempat yang jarang diakses kucing. Selain itu, ada hal lainnya yang cat pawrents bisa lakukan.


Ajak kucing bermain di sela-sela kesibukan

Rasa bosan bisa jadi membuat kucing ingin mengunyah benda-benda asing, termasuk plastik. Perilaku mengunyah dan makan plastik ini juga bisa menjadi salah satu cara kucing menarik perhatian kita.


Beri kucing mainan

Asah insting predatornya dengan memberi kucing mainan buruan. Mainan membuat kucing sibuk dan melupakan dorongannya untuk mengunyah dan makan plastik. Permainan berburu membuat kucing senang dan membantunya rileks.


Sediakan tempat menggaruk atau scratching post

Cat pawrents bisa menyedikan tempat menggaruk atau scratching post di tempat-tempat di sudut rumah yang jadi area favorit kucing bermain. Kucing menggaruk-garuk untuk menandakan teritorinya. Menggaruk juga sjadi aktivitas melepas stres.


Buat kucing tetap sibuk bahkan jika Anda sedang pergi

Merasa khawatir ketika kita sedang pergi dan kucing bakal makan plastik? Selain menyembunyikan plastik di tempat yang tidak bisa dijangkau kucing, cat pawrents bisa membuat kucing sibuk dengan memberinya teman. Hewan peliharaan lain atau kucing lain bisa membuat kucing teralihkan dari kebiasaannya makan plastik. Cat pawrents juga bisa menyembunyikan cemilan favorit kucing dan menjadikannya game seru, scavanger hunt.


Kucing putih abu berbaring di karpet berwarna krim
Beri perhatian pada kucing agar kebiasannya makan plastik teralihkan (sumber: unsplash).

Memelihara kucing adalah bentuk komitmen seumur hidup. Penting bagi siapa saja yang memelihara kucing untuk memperhatikan kebiasaan yang dapat membahayakan kesehatan. Karena makan plastik itu berbahaya, awasi kucing di dalam rumah dan sembunyikan sejumlah plastik yang biasa digunakan agar tidak ditemukan kucing. Pastikan membawa kucing segera ke dokter hewan untuk memeriksakan lebih lanjut jika ada tanda-tanda keracunan.


Yuk, baca artikel menarik lainnya seputar kucing di sini.



Sumber: Daily Paws, petsitter

36 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page