top of page
ismaniarsutardi

Kenapa Kucing Suka Masuk ke Kotak Kardus? Ini Alasannya!


British shorthair abu-abu main di dalam kardus boks.
Kucing senang masuk ke kardus, bahkan tidur di dalamnya (sumber: unsplash).

Kalau kamu memelihara kucing, pernah lihat kucing milik orang lain, atau lihat video kucing di internet, kamu pasti tahu kucing senang bermain dengan kotak kardus. Entah masuk ke dalamnya, dikunyah, sembunyi, apapun aktivitas mereka dengan kotak kardus, kucing nampak terobsesi dengan kotak kardus. Mungkin suatu hari kamu pernah terima paket lalu membuka kotaknya dan mengeluarkan isinya… eh si anak bulu langsung melompat dan bermain dengan kotak kardusmu! Gemesin ya?

Tapi kenapa sih kucing suka sekali bermain dengan kotak kardus? Ternyata ada hal yang kamu perlu tahu untuk menambah pengetahuan soal kucing dan misteri otak kardus mereka. Yuk baca lebih lanjut!


1. Kotak Kardus Memberi Kehangatan untuk Kucing

Apa itu ‘insulasi’? Insulasi adalah proses penyekatan atau penghambatan energi, termasuk panas. Gampangnya, insulasi bisa membuat tubuhmu tetap hangat. Nah, ternyata kotak kardus bisa menjadi sarana insulasi untuk kucing.

Kotak kardus akan menyimpan udara hangat sehingga membuat kucing nyaman jika berada di dalamnya. Bagian dalam kotak kardus mampu membuat suhu tubuh alami mereka tetap terjaga. Untuk membuat mereka semakin nyaman, kamu boleh menambah alas kain yang lembut di dalam kotak.


2. Kucing Senang Main, Termasuk dengan Kotak Kardus

Kucing tabby bersembunyi di kotak kardus.
Kotak kardus menjadi tempat persembunyian yang menyenangkan bagi kucing saat bermain (sumber: unsplash).

Kucing pada dasarnya adalah hewan yang sangat suka bermain, apalagi permainan berburu. Kamu pasti pernah lihat dong kucingmu diam-diam bersembunyi kemudian melompat ke benda-benda atau makhluk hidup yang bergerak? Biasanya saat bermain permainan ini, kucing akan mencari tempat persembunyian yang tepat. Betul! Salah satunya adalah kotak kardus ini. Kotak kardus menjadi tempat yang ideal untuk mereka bersembunyi dan bermain.


3. Kotak Kardus Membantu Kucing untuk Beradaptasi

Menurut sebuah penelitian dari University of Utrecht, kucing mampu beradaptasi dengan lebih baik terhadap lingkungan baru di sekitar mereka ketika terdapat kotak kardus. Kotak kardus ternyata punya efek untuk menurunkan tingkat kecemasan kucingmu. Keren ya? Jadi jangan buang dulu kotak kardusmu!


4. Kotak Kardus Jadi Tempat Nyaman untuk Tidur Kucing

Kucing tabby dan kucing oranye-putih tidur berdekapan di dalam kardus boks.
Kotak kardus adalah tempat yang nyaman bagi kucing untuk tidur (sumber: unsplash).

Tahukah kamu kalau kucing bisa tidur rata-rata 18 jam sehari? Tidak heran, mereka akan mencari tempat terbaik untuk tidur, termasuk kotak kardusmu! Buat kucing-kucingmu, kotak kardus adalah tempat mewah untuk mereka terlelap, karena benda ini memberikan rasa proteksi yang aman.


5. Kucing Bisa Berlindung di Kotak Kardus

Bukan hanya dijadikan tempat tidur, kotak kardus juga bisa lho menjadi tempat mereka untuk bersembunyi dari predator. Kucing akan sangat merasa aman di dalam kotak kardus, dan mengira kamu tidak akan menemukan mereka, meski beberapa bagian tubuh mereka terlihat dari luar benda ini.


6. Kucing Suka Mengunyah dan Menggaruk Kotak Kardus

Kucing tabby mengunyah ujung kotak kardus
Permukaannya yang ringan dan bertekstur membuat kucing senang mengunyah kardus (sumber: unsplash).

Tekstur kotak kardus yang lembut namun kokoh menjadi bahan yang tepat untuk kucingmu menggaruk. Bahkan, sudah banyak lho scratching post yang terbuat dari kardus! Kotak kardus juga jadi bahan yang tepat untuk gigitan kucingmu yang senang bermain ini. Bahannya yang ringan dijamin akan membuat kucingmu senang mengigitnya.


7. Kotak Kardus Tidak Berbau Kimia

Penciuman kucing itu sangat tajam lho, tidak heran banyak kucing tidak menyukai mainan yang kamu belikan, karena mereka masih memiliki aroma kimia. Kalau kucingmu menghindari mainan yang kamu belikan, mereka akan menghindari benda tersebut. Maka dari itu, tidak ada salahnya kalau mereka bermain dengan kotak kardus yang terbuat dari bahan lebih alami.


Kardus menjadi alat bermain yang sederhana namun menyenangkan bagi kucingmu. Selain menjadi tempat tidur, kucing juga senang bersembunyi. Siapkan kotak kardus yang berukuran lebih besar dari badan kucing agar ia betah mainnya.

Yuk baca artikel lainnya untuk menambah wawasanmu soal peliharaanmu di sini.



18 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page