top of page
ismaniarsutardi

Kenapa Kucing Suka Sembunyi? Ternyata Ini Alasannya!

Kucing itu ahli banget sembunyi, dan heran kenapa mereka begitu? Pernah ngga sih kucingmu suka banget nongkrong di bawah sofa, masuk ke kardus, bahkan sembunyi di atas lemari? Ini bisa jadi pesona kucing yang bikin kita gemes.


5 Alasan Kucing Bersembunyi

Kucingmu suka tiba-tiba hilang tapi muncul pas lapar doang? Well, you are not alone! Kebanyakan kucing memang suka bersembunyi, tentunya dengan berbagai sebab. Yuk, kita pelajari supaya bisa membuat mereka lebih nyaman lagi berada di rumah!


1. Kucing Sembunyi Karena Malu

Kucing tabby putih bersembunyi di balik gorden.
Kucing merasa malu dengan lingkungan baru (sumber: unsplash)

Ketika merasa malu, instingnya akan membuat dia bersembunyi. Ini adalah respon alami karena kucing ingin merasa nyaman dan terlindungi. Ketika membawa kucing pertama kali ke rumah, kucing mungkin akan merasa malu. Beri kucing waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya dan merasa nyaman dulu.

Nanti juga mereka akan keluar dari persembunyiannya. Kucing akan mendekatimu perlahan ketika dia merasa sudah aman dan cukup familiar dengan keadaan sekitarnya. Sabar ya!


2. Kucing Sembunyi Karena Mau Tidur

Kucing hitam-abu tidur bersembunyi di bawah celah kayu (meja atau kursi).
Bersembunyi saat tidur akan membuat waktu istirahatnya tidak terganggu (sumber: unsplash)

Dengan bersembunyi lalu bergulung di suatu tempat yang tidak terlihat, kucing akan tidur dengan nyaman tanpa terganggu. Sebagian besar waktunya memang terlihat bermalas-malasan (baca: tidur seharian). Bersembunyi saat tidur adalah perilaku alami kucing untuk beristirahat dengan aman. Di alam liar, bersembunyi membuat mereka terlindungi dari predator saat kondisi instingnya lemah.

Kucing rumahan tidak perlu khawatir akan predator lagi. Namun mereka senang tidur di tempat tak terlihat dengan alasan kenyamanan, terutama jika rumahmu penuh orang atau hewan peliharaan lain. Saat ini banyak akesoris cat tree yang dilengkapi dengan cat cave (gua mini) untuk menjadi "sarang berlindung" yang nyaman untuk mereka tidur. Beri alas kain yang lembut agar ia tidur dengan rileks.


3. Kucing Sembunyi Karena Sedang Bermain

Kucing bersembunyi di bawah sesuatu seperti sofa atau meja, bersiap untuk keluar dan main.
Bersembunyi dan tiba-tiba menerjang adalah bagian dari permainan berburu bagi kucing (sumber: unsplash).

Kucing adalah salah satu hewan pemburu. Stalking buruannya dengan bersembunyi adalah bagian dari aktivitas berburu yang menyenangkan. Ketika kucingmu bersembunyi di bawah sofa, lalu tiba-tiba keluar dan menerjang siapapun, itu berarti dia sedang bermain.


Jika kucingmu suka melakukan ini, sediakan cat cave atau kardus sederhana untuk dia bermain. Hal ini akan membuatnya senang bermain-main tanpa merusak perabotan. So, kalau dia tiba-tiba mengejarmu atau hewan peliharaan lain di rumah, dia sedang bercanda. Don't worry!


4. Kucing Sembunyi Karena Merasa Cemas

Anak kucing bersembunyi di bawah rak kayu berukir.
Kucing bersembunyi jika merasa cemas (sumber: unsplash)

Sebagai makhluk sosial, kucing memiliki ikatan kuat dengan pemiliknya. Kucing akan merasa cemas jika pemiliknya meninggalkan mereka sendirian. Untuk mengatasi rasa cemas ini, kucing akan bersembunyi sampai orang yang ditunggu datang.


Alasan ini menjadi sumber masalah jika kucing hanya akrab dengan satu orang saja sehingga anggota keluarga yang lain akan merasa kesulitan menanganinya. Adakalanya seseorang memelihara lebih dari satu kucing atau ada hewan peliharaan lain di rumah sehingga mereka tidak kesepian atau cemas ketika pemilik rumah sedang pergi. So, kamu bisa membuat mereka nyaman dengan menyediakan banyak tempat untuk sembunyi. Kamu mungkin juga perlu mengadopsi kucing lain atau anjing untuk mengurangi rasa cemas karena ditinggal sendirian.


5. Kucing Sembunyi Karena Merasa Sakit

Anak kucing diam tertidur di bawah meja kayu cokelat, dengan latar kayu.
Ada tanda penyakit membuat kucing sembunyi (sumber: unsplash).

Jika kucingmu yang biasanya clingy dan lincah tiba-tiba hilang dari pandangan, lalu menemukannya sedang sembunyi, bisa jadi dia sedang merasa tidak enak badan. Kucing adalah makhluk yang misterius dan suka menyendiri, namun ia merasa nyaman terlihat oleh orang-orang yang familiar dengannya. Sembunyi terus-menerus bisa menjadi ada sesuatu yang salah.


Jika kucing merasa sakit, ia akan sembunyi di suatu tempat, berusaha memulilhkan dirinya sendiri. Well, kita tidak paham bahasa hewan namun kita bisa mempelajari perilakunya. Segera bawa kucingmu ke dokter hewan jika ia sembunyi terus, apalagi jika sampai menolak makanan kesukaannya.


Dimana Kucing Suka Bersembunyi?

Seekor kucing hitam-abu nongkrong di bawah mobil.
Pernah perhatikan ada kucing liar berteduh di bawah mobil? Mobil salah satu tempat favorit kucing bersmebunyi (sumber: unsplash).

Kucingmu mungkin memilih tempat yang aneh untuk bersembunyi. Sebagian besar dari tempat bersembunyi mereka melingkupi area yang kecil atau sempit, gelap, dan tertutup. Area ini termasuk bukaan jendela yang biasa diintip kucing, dan sering dibuat tinggi sehingga kucing dapat mengamati sekelilingnya. Amati tempat-tempat tersebut di dalam rumahmu, bahkan di area outdoor.

Tempat sembunyi di dalam rumah, misalnya:

  • Di bawah furnitur atau tempat tidur

  • Di dalam lemari kabinet

  • Di atas kulkas atau di atas lemari kabinet

  • Di balik mesin cuci

  • Di dalam kotak atau keranjang cucian penuh baju

Tempat sembunyi di luar rumah, misalnya:

  • Di gudang (jika gudang terpisah dengan area rumah utama)

  • Di antara pohon atau tanaman berdaun

  • Di bawah mobil atau celah di antara velg mobil

Selalu waspada dan berhati-hati dengan lemari yang bisa membuka-menutup sendiri. Pastikan kucingmu tidak terkunci di balik lemari kabinet atau ruangan tertutup. Periksa kolong mobil setiap akan bepergian. Banyak kucing liar yang senang tidur dan berteduh di bawah kendaraan yang terparkir di pinggir jalan.


Cara agar Kucing Keluar dari Persembunyiannya

Biasanya, semakin besar effort kamu membuat kucing keluar dari tempat sembunyi, mereka justru akan semakin menolak keluar dari sana. Jadi, kesabaran itu perlu. Dalam banyak kasus, biarkan kucing disana sampai ia keluar sendiri jika kamu ga perlu buru-buru.

Jika kamu harus mengeluarkan mereka dari tempat persembunyiannya misalnya karena sakit dan perlu segera dibawa ke dokter, berikut beberapa tips yang bisa dicoba:

  1. Jaga keadaan sekitarnya tenang. Ajak anak-anak atau hewan peliharaan yang lain agar tidak ada disana. Cukup kamu, atau orang lain yang dipercayainya untuk memanggil namanya agar keluar dari tempat sembunyi.

  2. Ambil makanan untuk memancing. Buat jejak dengan snack atau treat favoritnya, atau buka sekaleng makanan basah di dekat tempat ia sembunyi. Kamu bisa membunyikan piring makannya, atau menggoyang bungkus snack-nya. Kucing rumahan biasanya hafal suara kaleng dibuka atau suara piring makan yang diisi dry food.

  3. Gunakan mainan agar dia keluar dari tempat sembunyi. Ambil tali dan gerakkan di sekitar tempat sembunyi. Ini akan memancingnya keluar untuk menangkap mainan.

  4. Gunakan catnip. Seperti yang kita tahu, catnip sulit ditolak kucing, apalagi yang masih fresh. Gosokkan di mainannya, lalu taruh di dekat tempat sembunyi.


Nah, semoga artikel ini dapat membantu memberikan informasi bagi cat pawrent ya! Butuh kesabaran dalam memelihara kucing, termasuk aktivitas bersembunyi. Perhatikan kebiasaan mereka dan perkirakan alasannya. Bawa segera ke dokter hewan terdekat jika tanda-tanda sakit muncul, seperti hilangnya nafsu makan hingga ia bersembunyi lama dan tidak mau keluar sama sekali. Yuk, baca lagi artikel lainnya untuk memperoleh berbagai informasi mengenai kucing peliharaan.

12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page