top of page
ismaniarsutardi

Kenapa Kucing Takut Air? Mungkin Ini Sebabnya!

Siapa disini yang kucingnya susah banget kalau mau dimandikan? Kucing senang minum air keran, air di tempayan, tapi kenapa sih mereka takut saat grooming? Well, kita mungkin belum tahu sebab utamanya namun para ahli memiliki ide untuk membantu kita memahami para anabul yang takut air.


Mengapa Kucing Takut Air?

Kucing senang minum air dalam mangkok, bahkan air keran di dapur. Namun jika airnya menyentuh bulu mereka, kucingmu yang manis itu bisa berubah jadi singa. Berikut beberapa penyebab ketakutan kucing akan air.

1. Air membuat tubuhnya berat

Seekor kucing berwarna gelap sedang dimandikan dengan shower di dalam bath tub
Kucing tidak suka tubuhnya basah (sumber: unsplash)

Bayangkan kamu mengangkat handuk yang basah lalu bandingkan jika handuknya kering. Handuk basah terasa lebih berat diangkat kan? Hal yang sama terjadi pada kucing.

Saat basah terkena air, kucing akan merasa tubuhnya berat dan tidak bisa bergerak leluasa seperti biasanya. Hal itu membuatnya tidak nyaman. Ketidaknyamanan terkena air membekas di pikirannya.


2. Ada kaitannya dengan sejarah evolusi kucing

Alasan lain kucing membenci air ada kaitannya dengan nenek moyang kucing. Kucing hidup liar dengan nyaman di tempat yang kering dan gersang. Area dengan banyak air seperti laut dan sungai bukan tempat hidupnya dan malah menjadi halangan untuk berburu. Kucing tidak perlu berenang karena buruannya ada di darat.


3. Kucing sensitif terhadap bahan kimia di air

Kucing sensitif terhadap bau. Bagi kita, air biasa tidak berbau. Namun kucing bisa merasakan bau bahan kimia dalam air dan memilih untuk menghindarinya. Tetesan air di paw tidak masalah baginya. Namun jika direndam dalam air yang banyak dapat menghilangkan bau yang familiar dengan tubuhnya.


4. Ada trauma masa lalu

Seekor anak kucing oranye dimandikan di dalam ember putih
Kenalkan kucing dengan air sejak ia masih bayi (sumber: unsplash)

Kini banyak kucing yang dikenalkan dengan air sejak ia kecil. Hal ini terjadi pada kitten yang diurus sejak lahir dengan manusia. Interaksi yang lebih awal dengan air akan mengurangi ketakutan kucing dengan air saat dewasa. Jika kucing merasa takut dan trauma dengan air sejak kecil, atau ada pengalaman tidak nyaman saat interaksinya dengan air, hal ini akan membuat kucing takut mandi saat dewasa.


Adakah Kucing yang Suka Air?

Di sosial media ada banyak konten lucu tentang kucing-kucing yang anteng sewaktu grooming. Kucing-kucing ini tidak rewel dan cenderung santai. Ada juga yang malah bermain dalam ember atau bath tub dengan mainan atau gagang shower. Bahkan beberapa ras kucing berikut dikenal menyukai air lho!

1. Maine Coon

Kucing maince coon abu dengan gradasi putih menatap ke depan, latar berawarna  abu terang
Kucing maine coon adalah penyuka air (sumber: unsplash)

Dikenal dengan ukuran tubuhnya yang besar, kucing maine coon menyukai air. Ia suka bermain air keran, lompat ke wastafel, hingga bermain di dalam tub. Kucing ini adalah salah satu kucing ras yang bisa bermain-main di air dalam waktu yang cukup lama.

Bulunya yang panjang ini ternyata semi waterproof. Walaupun berlama-lama berendam di air, bulunya menjaga mereka tetap hangat.



2. Turkish Van

Kucing turkish van bermata biru dan oranye menatap ke depan dengan latar blur
Kucing turkish van tidak takut air (sumber: unsplash)

Kucing ini dijuluki The Swimming Cat. Bulu mereka lembut dan tahan air. Mereka bisa bermain air dengan lama namun keluar dari sana dalam keadaan relatif kering.

Saat bermain, kucing ini senang melompat sambil berguling dan melakukan gerakan akrobatik lainnya. Sangat aktif ya!




3. Abyssinian

Kucing abyssinian berbaring menatap ke depan
Kucing abyssinian pandai berenang (sumber: unsplash)

Kucing abys sangat pintar dan bersemangat. Mereka sangat penyayang dan mudah akrab dengan hewan peliharaan lainnya di rumah. Karena menyukai air, kucing ini bahkan bisa belajar membuka keran dan bermain dengan air keran. Mereka juga pandai berenang.





16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page