top of page
ismaniarsutardi

Kenapa Sih Lidah Kucing Terasa Kasar?

Ketika sedang bonding, umumnya kucing akan menjilat kita dengan lidahnya untuk menandai bau mereka di orang-orang. Tapi pernah ga sih cat pawrents merasa kok jilatan kucing kurang nyaman? Ternyata lidah kucing kasar ya! Lidah kucing sekasar kertas amplas. Kenapa bisa begitu ya?


Lidah Kucing Ternyata Kasar, Seperti Apa Sih Bentuknya?


Lidah kucing dengan papila
Ada duri-duri halus di permukaan lidah kucing, membuat lidah kucing terasa kasar saat menjilat kita. (sumber: unsplash)

Kalau dilihat dengan mata telanjang, lidah kucing seperti ditumbuhi bulu. Namun ternyata itu bukan bulu lho cat pawrents! Pada lidah kucing ada ratusan duri yang menghadap ke belakang, yang dinamakan papila.

Papila ini bentuknya tajam seperti sendok yang berongga dan tersusun dari keratin. Keratin ini semacam protein ya, biasa tumbuh pada rambut dan kuku manusia. Pada hewan, keratin ada di cakar, kuku, dan tanduk. Papila ada di hewan lain seperti bobcat, macan tutul salju, hingga harimau.


3 Alasan Lidah Kucing Terasa Kasar Seperti Amplas


Kucing abyssinian cokelat makan daging di atas meja.
Tak heran lidah kucing terasa kasar karena fungsinya untuk membantu makan daging. (sumber: unsplash)

Lidah kucing ditutupi ratusan papila yang berdiri tegak seperti duri. Tidak heran terasa kasar saat kucing menjilat kita. Apakah papila kucing ini punya fungsi khusus? Berikut teori para ahli kenapa lidah kucing terasa kasar.


Membantu Kucing Membersihkan Dirinya Sendiri

Pakar hewan meneliti ternyata papila kucing punya dua daerah berongga yang membantu kucing membersihkan diri. Bagian di ujung lidah untuk menyerap air liur dari mulut dan menyimpannya di bulu. Daerah berongga di bagian pangkal bentuknya fleksibel sehingga memudahkan untuk membuang bulu yang tersangkut di lidah. Keren kan fungsinya?

Self-grooming kucing punya tujuan sendiri. Itulah mengapa kucing kadang terlihat grooming bulu badannya lama banget. Perawatan teratur akan membantu menghilangkan kutu, kotoran, dan bulu-bulu yang rontok. Grooming juga menghindari tangled hair atau bulu yang menggumpal di badan kucing. Gumpalan bulu yang kusut itu menyakitkan dan bisa menyebabkan infeksi.


Membantu Kucing Menurunkan Suhu Tubuh

Tidak hanya membantu kucing membersihkan diri, papila juga alat yang cerdas untuk membantu kucing menjaga suhu tubuh mereka tetap stabil. Dalam penelitian, endapan air liur yang di-support papila di dekat kulit kucing ternyata membantu menurunkan suhu tubuh.


Membantu Kucing Saat Makan Daging

Sebagai makhluk karnivora, pastinya kucing butuh banget protein hewani. Nah, papila di lidah kucing punya fungsi penting saat kucing makan daging. Bentuk papila yang tajam akan membantu merobek dan mencengkeram serat daging saat kucing makan. So, ngerti kan kenapa terasa kasar banget saat kucing menjilat kita? Lidahnya dipakai untuk membantu mengunyah daging!


Apakah Lidah Kucing Menyebabkan Hairball?

Papila pada lidah kucing berpotensi menghasilkan hairball lho ternyata! Apalagi jika lidah kucingnya bisa mencengkeram permukaan dengan baik. Namun cat pawrents ga perlu risau. Kebanyakan hairball akan keluar dari pencernaan kucing dengan muntah. Di kebanyakan kasus, jarang ada kucing yang mengalami operasi besar gara-gara hairball.


Yuk, baca pengetahuan menarik lainnya seputar pemeliharaan kucing dan berbagai perilaku kucing yang bisa kita amati di sini.



Sumber: Dailypaws

3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

コメント


bottom of page