top of page
ismaniarsutardi

Kucing Bengal dan Savannah: Serupa Tapi Tak Sama


Pria berkacamata menggendong Bengal di tangan kiri dan Savannah di tangan kanannya
Kucing Bengal dan Savannah punya perbedaan khas di tubuhnya (sumber: unsplash)

Memiliki kemiripan, kucing Bengal dan Savannah seringkali tertukar. Baik Bengal maupun Savannah, keduanya adalah kucing hybrid hasil persilangan dari kucing liar dan kucing domestik. Kedua kucing ras ini masing-masing memiliki kepribadian yang unik dan penampilan yang mencolok. Bengal dan Savannah sering dicari karena coraknya yang khas dan penampilan warnanya yang eksotis. Kamu tahu bedanya ngga? Yuk, kita bahas!


Perbedaan Visual Bengal dan Savannah

Baik kucing Bengal maupun Savannah, keduanya adalah kucing eksotis yang cantik dan unik. Kepopuleran kedua ras tersebut sudah menarik perhatian cat lovers di dunia. Jika kamu tertarik ingin memelihara Bengal, maka Wilakusuma Cattery adalah tempat yang tepat! Yuk, baca penjelasan tentang Bengal dan Savannah berikut ini!


Savannah silver tabby dengan kalung merah
Savannah adalah salah satu kucing domestik besar keturunan Serval (sumber: unsplash)

Kucing Savannah

  • Asal : Amerika Serikat

  • Panjang badan : 40–60 cm

  • Berat badan : 5–11 kg

  • Rentang Hidup : 12–20 tahun

  • Keaktifan : Sangat aktif

  • Family-friendly : Ya

Dikenal di Amerika Serikat, kucing Savannah adalah salah satu dari banyak jenis kucing domestik yang bertubuh besar. Ekornya yang panjang membuat tubuhnya makin terlihat panjang. Terlahir dari keturunan kucing Serval, penampilan Savannah tergolong kucing liar.

Ada banyak bintik di tubuhnya, dan TICA menamai mereka sesuai warna: brown tabby, silver tabby, hitam, juga black smoke. Perkawinan campur dengan kucing domestik menghasilkan Savannah berwarna marmer, pointed, atau warna lainnya yang tercampur di tubuhnya.



Kucing Bengal bintik cokelat duduk menghadap tembok menunjukkan punggung, kepala menghadap kiri dengan pandangan ke atas, latar abu-abu gelap.
Kucing Bengal berasal dari Asia, hasil perkawinan Asian Leopard Cat dengan kucing domestik (sumber: unsplash)

Kucing Bengal

  • Asal : Amerika Serikat

  • Panjang badan : 33–40 cm

  • Berat badan : 3.6–7.7 kg

  • Rentang hidup : 10–16 tahun

  • Keaktifan : Sangat aktif

  • Family-friendly : Ya

Bengal memiliki banyak karakter warna bulu, seperti bintik-bintik cokelat, lynx, sepia, perak, cerpelai, dan semuanya menunjukkan penampilan eksotis yang khas. Ada juga yang bulunya menyerupai marmer dan Bengal adalah satu-satunya ras yang memiliki tanda roset. Tanda roset ini menyerupai kelopak mawar. Bengal amat lentur dan atletis. Badannya sedikit lebih kecil dari Savannah.


Perbedaan Karakter Bengal dan Savannah

Seorang wanita berjongkok di lantai dapur dengan kucing Savannah dan Bengal yang saling menatap, latar oven dan meja dapur.
Bengal dan Savannah adalah kucing aktif yang menyukai interaksi (sumber: unsplash)

Meskipun nenek moyang kedua kucing ini adalah kucing alam liar, ada perbedaan mencolok di antara keduanya. Kucing Bengal bobotnya sedikit lebih kecil daripada kucing Savannah bila mereka dibandingkan. Namun jika dibandingkan dengan kucing ras lainnya, Bengal termasuk kucing besar karena tubuhnya cukup panjang. Kucing Savannah yang jauh lebih besar dari Bengal membutuhkan space yang jauh lebih luas dan lebih banyak ruang untuk menjelajah dan bermain. Savannah juga lebih enerjik secara umum sehingga mereka membutuhkan lebih banyak interaksi dan sosialisasi.

Kucing Savannah bisa digambarkan mirip seperti anjing dalam hal kepribadian dan membutuhkan banyak interaksi untuk membuatnya bahagia. Meskipun Bengal juga merupakan hewan sosial, Bengal tidak begitu menuntut perhatian seperti Savannah. Namun, Bengal justru lebih cerewet lho! Karakter Bengal yang vokal ini bisa membuat kamu kewalahan. Bengal cocok jadi kucing rumahan dan bisa beraktivitas indoor daripada Savannah. Secara keseluruhan, Bengal lebih mudah untuk dirawat.


Savannah atau Bengal? Mana yang Cocok Untukmu?

Baik Savannah atau Bengal, keduanya kucing yang cantik dan bisa dipelihara sebagai anggota keluarga tambahan di rumah. Pastikan kamu memiliki area yang cukup luas untuk main dan berjelajah bagi kucing-kucing ini. Jika kamu menyukai hewan yang mirip anjing, suka mengikuti kemana-mana dan sifatnya clingy, serta punya ruangan besar di dalam dan di luar rumah, maka Savannah adalah pilihan yang tepat.

Punya ruangan yang besar namun tidak ada cukup waktu untuk terus bersama, maka Bengal adalah pilihan yang bagus. Dalam hal temperamen dan energi, Bengal lebih mirip kucing domestik pada umumnya. Pastikan untuk mengunjungi Wilakusuma Cattery untuk mendapatkan informasi lebih lanjut adopsi kucing Bengal yang baik dan sehat.

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page