top of page
ismaniarsutardi

Kucingmu Malas Minum? Ini Cara Jitu Membantu Kucing Minum!

Sama halnya di tubuh manusia, air punya peran penting di tubuh hewan. Bayangkan jika cat pawrents sedang sibuk sampai lupa minum, hal itu tentu kurang baik bagi kesehatan. Nah, problem yang sama bisa terjadi juga untuk kucing. Beri akses kucing ke air bersih dengan bebas.


Bahkan kini ada banyak kasus kucing yang cenderung malas minum lho! Padahal air itu penting untuk keberlangsungan fungsi tubuhnya supaya tetap optimal. Kekurangan air di dalam tubuh tentu bisa menyebabkan penyakit. Nah, kita bantu kucing-kucing minum yuk! Baca artikel ini sampai habis ya!


Cara Kreatif Membuat Kucing Minum Lebih Banyak

Kenapa kucing harus banyak minum? Baru-baru ini penelitian menunjukkan bahwa 1 dari 3 kucing mengalami masalah ginjal. Penyakit ini diawali oleh dehidrasi yang pada akhirnya berujung pada kegagalan fungsi ginjal kucing. Ikuti cara berikut ini agar kucing mau minum lebih banyak.


Taruh Air Minum di Banyak Tempat

Penempatan air minum itu penting lho! Barangkali kucing malas minum karena mangkok airnya jauh atau ada di lokasi yang jarang dia lewati. Cat pawrents akan melihat perbedaannya jika menaruh mangkok minum kucing di tempat yang lebih tenang. Selain itu, menaruh air minum di banyak tempat akan memancing kucinguntuk lebih sering minum.


Pertimbangkan Memberi Wet Food

Memberi wet food bisa menjadi alternatif mengenalkan cairan ke kucing. Namun sebelum melakukan ini, pastikan kondisi kesehatan kucing cukup aman untuk makan wet food. Kandungan gizi dalam wet food belum tentu cocok dengan kebutuhan nutrisi setiap kucing.


Tambahkan Perisa atau Air di Makanan Kucing

Cat pawrents bisa menambahkan rebusan ayam atau sedikit air ke makanan kucing. Menambahkan perisa dengan bau khas bisa membuat kucing minum air lebih banyak. Setiap kucing punya selera makan yang berbeda. Perbuahan tekstur makanan bisa mempengaruhi selera makannya.


Gunakan Drinking Fountain

Kucing tabby memperhatikan drinking fountain di atas lantai kayu dengan latar tembok bata putih.
Drinking fountain dapat membuat kucing mau minum lebih banyak.

Air mengalir ternyata lebih disukai kucing lho! Saat ini banyak drinking fountain untuk hewan peliharaan yang dijual di e-commerce atau toko peralatan hewan peliharaan. Air yang mengalir akan lebih disukai kucing karena selalu segar.


Jika kucing sering menghabiskan waktunya nongkrong di kamar mandi, ada kemungkinan ia suka minum dari toilet. Walaupun terlihat bersih, lebih baik sediakan sumber air yang mengalir.



Ganti Mangkok Minumnya

Mangkok makanan/minuman kucing warna hijau terbuat dari porselen.
Mengganti mangkok minum kucing bisa membuat kucing minum lebih sering. (sumber: unsplash)

Jika di rumah memelihara lebih dari satu hewan peliharaan, bisa jadi kucing cat pawrents tidak mau minum dari mangkok yang sama. Ganti mangkok minum kucing secara berkala. Untuk mengetes mereka, sediakan air minum di beberapa mangkok dan taruh di tempat berbeda.


Mangkok yang terbuat dari plastik jika dibiarkan berisi air terlalu lama bisa menimbulkan aroma air yang kurang sedap. Ini bisa membuat kucing malas minum. Gunakan mangkok kaca atau yang terbuat dari stainless steel.



Biarkan Kucing Minum dari Sumber yang Disukainya

Jika kucing cat pawrents lebih menyukai air keran, maka biarkan dia minum dari sana. Indra perasa kucing jauh lebih baik dari manusia. Justru karena air dalam gayung di kamar mandi lebih disukai kucing, kita tahu bahwa sumberair tersebut bersih dan tidak berbau.



Kucing punya preferensi minum yang berbeda satu sama lain. Ada yang lebih suka air mengalir, air hangat, bahkan ada yang menyukai minum dari gelas milik Anda. Apapun sumber airnya selama itu bersih, support kebutuhan kucing perihal kebiasaan minumnya ya!


Yuk, baca artikel menarik lainnya seputar perilaku kucing dan kesehatannya di sini.

10 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page