top of page
ismaniarsutardi

Kucing Merusak Tanamanmu? Lakukan 5 Cara Ini!

Siapa disini yang kucingnya suka pup di pot bunga, atau bikin tanaman rontok karena daunnya habis dimakan? Tidak semua tanaman hias itu aman untuk kucing lho! Ada tanaman yang beracun untuk kucing sehingga dapat membahayakan kesehatan mereka. Jika terlalu bebas main di kebun, kucing bisa merusak taman kesayangan kita. Yuk, ikuti cara berikut supaya kucing menjauhi tanaman dan berhenti buang air di pot kembang.


Mengapa Kucing Memakan Tumbuhan

Kucing abu domestik menggigit dedaunan dengan latar belakang pekarangan blur.
Kucing makan tumbuhan untuk melancarkan pencernaannya, namun perlu diawasi agar tidak merusak tanaman kesayangan di rumah (sumber: unsplash).

Di alam liar, kucing memang memakan tumbuhan kok! Meskipun kucing adalah hewan karnivora, tumbuhan membantu sistem pencernaan kucing, termasuk menggerakkan hairball di perutnya agar keluar saat buang air besar. Namun tidak semua tumbuhan itu baik untuk kucing. Bawang putih penting dan berguna bagi manusia, namun berbahaya bagi kucing karena bisa menyebabkan anemia hingga kegagalan fungsi jantung.


Tanaman yang Berbahaya untuk Kucing

Ada 8 jenis tumbuhan yang beracun untuk kucing. Jauhkan kucing dari jenis-jenis ini jika tanaman berikut ada di rumah. Jika kucing sering main di luar, pastikan kucing aman dengan mengawasinya saat berada di luar.

  1. Azalea

  2. Autumn crocus

  3. Cyclamen

  4. Dafodil

  5. Semua jenis bunga lili

  6. Sago palem

  7. Hyacinthus

  8. Tulip


Cara Menjauhkan Kucing dari Tanaman

Ada banyak kucing yang senang bermain di luar. Mereka akan berlarian di taman, hingga merusak bunga-bungaan yang ditanam. Ada beberapa cara untuk menjauhkan kucing dari tanaman dan berhenti buang air besar di dalam pot. Sebagian besar cara berikut cukup mudah dengan beberapa peninjauan dan perencanaan.


1. Memasang Sprinkler Taman

Sprinkler taman menyala, airnye menyembur ke segala arah, dengan latar belakang pagar kayu dan pekarangan.
Memasang srinkler taman cukup efektif untuk membuat kucing menghindari area pekarangan (sumber: unsplash).

Sprinkler taman adalah alat untuk menyiram tanaman otomatis. Alat ini dipasang di tengah-tengah pekarangan supaya jangkauan airnya mencapai ke seluruh bagian taman. Sprinkler taman menyemburkan air dari bawah ke atas sehingga air bisa menjangkau tanah hingga ke tanaman yang tinggi.

Penyiram otomatis ini dipasang permanen. Air menyala di waktu tertentu yang sudah diatur untuk penyiraman. Jika kucing nongkrong di taman, ia akan tersemprot air dingin sewaktu-waktu. Kebanyakan kucing tidak suka air, sehingga pemanfaatan sprinkler taman akan efektif. Untuk kucing yang tidak takut air, perlu metode lain untuk mengusir mereka dari pekarangan.


2. Menanam Tanaman yang Tidak Disukai Kucing

Pennyroyal dengan bunga ungu dengan latar pekarangan hijau blur.
Pennyroyal adalah tanaman obat yang tidak disukai kucing karena aromanya kuat (sumber: unsplash).

Kucing tidak menyukai aroma rue, lavender, pennyroyal, lemon, dan thyme. Rue adalah tumbuhan herbal dengan aroma kuat yang biasa digunakan sebagai bahan makanan dan teh. Pennyroyal juga merupakan tanaman obat. Menanam tumbuhan herbal di antara bunga-bungaan dapat menarik serangga untuk penyerbukan, sekaligus mengusir kucing dari pekarangan rumahmu.


3. Memasang Jaring Burung

Pekarangan yang dipasangi jaring burung dengan latar tanaman rambat berbunga pink.
Jaring burung bisa digunakan untuk menghalangi akses kucing ke kebun (sumber: unsplash).

Jika kedua metode sebelumnya tidak berhasil, cobalah memasang jaring burung di pekarangan. Jaring burung akan menutup bunga atau tumbuhan yang penting untuk tetap aman. Cara ini mungkin sedikit merepotkan jika taman rumahmu sangat luas. Berapa meter yang harus ditutup?

Memasang jaring burung bisa diakali dengan efektif, misalnya hanya untuk memagari tanaman tertentu agar tidak habis dimakan kucing atau digigiti daunnya. Jaring burung dapat membatasi akses kucing ke area itu, sekaligus menjaga tanaman dari serangan hewan lainnya.


4. Membuat Taman Kucing

Rumput wheatgrass yang dibudidayakan di rumah dalam tray merah.
Menanam wheatgrass dapat menjauhkan kucing dari tanaman kesayanganmu (sumber: unsplash).

Jika kucingmu suka bermain dengan tumbuhan, maka tidak ada salahnya lho membangun area khusus untuk mereka. Kebun ini bisa ditanami dengan tumbuhan yang aman untuk kucing, misalnya catnip dan wheatgrass. Wheatgrass adalah tanaman rumput gandum yang disukai kucing. Tanam wheatgrass jauh dari kebun utama untuk menjauhkan kucing dari merusak tanaman kesayangan.


5. Gunakan Kulit Jeruk

Kucing tidak suka bau jeruk. Tambahkan helai kulit jeruk di sekitar tanaman. Cara ini cukup gampang. Ambil beberapa buah jeruk, makan buahnya lalu tebar kulitnya di tanah pot atau di tanah halaman. Kucing akan menghindari area tersebut.



Memakan tumbuhan adalah perilaku normal pada kucing dan kemungkinan besar mencerminkan bawaan dari nenek moyang kucing di alam liar jaman dahulu kala. Tidak perlu khawatir jika kucing memakan rerumputan yang ditemuinya di kebun. Hindari tanaman berbahaya bagi kesehatan mereka, dan lindungi tanaman hias dari kucing dengan cara-cara yang sudah disebutkan di atas.

Yuk, baca informasi menarik lainnya tentang kucing di sini.

36 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page