top of page
ismaniarsutardi

Kucing Takut Terhadap 8 Hal Ini Lho!

Kucing adalah makhluk yang sensitif. Mereka adalah hewan yang sering dikaitkan dengan sifat penakut hingga muncul istilah scaredy-cat. Rasa takut dan cemas yang dialami kucing bukanlah bersifat naluri sehingga kita perlu mengetahui penyebabnya. Berikut 8 ketakutan umum yang sering dijumpai pada kucing.


Orang Asing

Pernahkah kamu mengundang tamu ke rumah dan kucingmu sembunyi entah dimana? Kucing yang kurang bersosialisasi dengan baik terutama dengan pendatang baru sejak mereka masih kecil akan cenderung memiliki sikap ini. Mereka yang takut akan orang asing akan mundur ke tempat tidurnya atau bersembunyi di bawah furnitur.

Orang baru akan membutuhkan perkenalan secara bertahap. Mereka juga punya peran dalam penyesuaian kucing di dalam rumah dengan mereka. Perilaku langsung menyentuh, membelai, atau memeluk kucing menunjukkan ketidaktahuan orang tersebut terhadap perilaku kucing. Kucing mungkin akan melarikan diri, atau lebih parahnya akan bersifat agresif.

Interaksi langsung pada kucing muda diharapkan dimulai pada usia 3 bulan. Di tahap ini kucing sedang dalam masa perkembangan terbaiknya untuk mengolah kepribadian dan rasa penasaran. Pendekatan lebih dini saat adopsi memungkinkan kucing untuk menghindari rasa gugup bertemu orang asing.


Hewan Peliharaan Baru


A cat, a ball, and a chicken
Kenalkan hewan baru dengan kucingmu secara perlahan (sumber gambar: unsplash.com)

Kucing juga sering mengalami stres atau ketakutan jika bertemu kucing baru atau hewan peliharaan lainnya. Keberadaan peliharaan baru di dalam rumah akan membawa kecemasan. Hal ini tentu mengganggu baginya sebab kucing adalah makhluk yang familiar dengan kebiasaan rutin.

Proses pengenalan kucing dengan hewan yang baru pindah ke rumahmu tergolong penting, baik pindahnya untuk sementara (foster) maupun permanen. Cara membiasakan satu sama lain adalah dengan berbagi aroma (bau). Pastikan proses pengenalan ini dilakukan dengan tidak mengancam. Caranya adalah dengan membatasi kontak visual, dengan kandang atau layar. Jangan terburu - buru ya. Pengenalan kucing yang takut memang akan membutuhkan waktu yang lebih lama.


Benda Asing

Benda asing merupakan salah satu hal yang baru bagi kucing, selain manusia dan hewan lainnya. Secara umum benda mati tidak tampak menakutkan, namun sesuatu yang beraroma baru dan belum pernah ada sebelumnya memang perlu penyesuaian. Kamu bisa taruh barang yang biasa di dekat benda asing tersebut, misalnya seprai atau selimut kucing untuk mengurangi aroma benda asing.

Kamu perlu memperkenalkan objek yang sekiranya dapat menimbulkan ketakutan terhadap kucingmu. Hal ini nampak sepele namun tidak begitu bagi mereka. Kita bisa mengurangi riwayat ketakutan mereka dengan benda asing karena objek yang ditakuti mereka akan bervariasi bentuk dan ukurannya.


Permainan yang Bikin Kaget

Rasa takut berasal dari kemunculan yang tiba - tiba, misalnya gerakan mengagetkan ketika sedang bermain. Penglihatan pada kucing bergantung pada jarak. Hal ini mengakibatkan segala yang berubah dalam bidang pandangnya secara tiba - tiba akan membuatnya terkejut. Permainan yang nampak lucu dengan mendekatkan ke wajah kucing, belum tentu menyenangkan bagi mereka. Jadi perhatikanlah dengan seksama jangan sampai bermain denganmu malah membuat mereka takut.


Suara Keras

Kucing ternyata tidak menyukai suara keras terutama jika level bisingnya konsisten dan memicu ketakutan dan kecemasan. Indera pendengaran mereka sangat sensitif. Segala yang bersuara keras dan merusak akan membuat mereka stres, misalnya suara penyedot debu, pengering rambut, volume TV yang berlebihan, dna lain - lain. Jika mereka tidak terbiasa terekspos dengan suara - suara tersebut sejak dini, hal tersebut akan cenderung membuat mereka lebih mudah takut.


Ruangan yang Terbuka Lebar

A cat hid under the sofa
Kucing nyaman berada di tempat tersembunyi (sumber gambar: unsplash.com)

Kucing akan merasa gelisah di ruangan yang terbuka lebar sebab nalurinya adalah seekor predator mangsa yang bersembunyi. Kamu pasti sering menemukan kucingmu bersantai atau tidur di kolong, di dalam kotak, atau tumpukan cucian. Tanpa tempat tersembunyi, mereka akan merasa lebih terekspos dan ini membuatnya tidak nyaman. Karena hal ini, kamu bisa letakkan litter box mereka di tempat yang lebih mudah dijangkau, dengan akses yang tidak melewati ruangan yang terbuka lebar.


Meninggalkan Rumah

Kucing juga merasa terikat dengan rumahnya lho. Penyebab umum ketakutan dan kecemasan pada kucing adalah rasa asing dengan lingkungan yang baru. Hal apapun yang menjauhkan mereka dari rumah yang nyaman dan makanan yang banyak akan membuat stres. Hubungi pet sitter atau cat sitter jika kamu hendak meninggalkan mereka dalam waktu yang lama. Jika kamu pindah ke rumah baru, tempatkan kucingmu di ruang yang kecil seperti kamar mandi untuk membiarkan mereka beradaptasi. Selanjutnya kamu bisa membuka pintu kamar mandi dan berangsur - angsur kucingmu bereksplorasi dengan ruangan lain yang lebih luas.


Hukuman

A cat got afraid with punishment
Jangan hukum kucingmu (sumber gambar: unsplash.com)

Sumber rasa takut dan stres pada kucing yang paling parah adalah memberi hukuman. Memukul, menghukum, dan aktivitas apapun yang tidak menyenangkan baginya akan menimbulkan stres. Aktivitas menghukum kucing menghilangkan rasa percaya kucing terhadapmu. Jika kamu menghukumnya, ia mungkin akan bersifat agresif dan malah mengotori tempat tinggal. Kamu bisa melakukan konsultasi dengan ahli apabila memerlukan bantuan untuk mendisiplikan kucingmu. Jangan pukul mereka ya!

23 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page