top of page
ismaniarsutardi

Kucingmu Hilang? Ikuti 5 Tips Ini untuk Menemukannya

Diperbarui: 7 Apr

Sepanik apa sih cat pawrents kalau kucing kesayangan tiba-tiba tidak ada di spot favoritnya di rumah? Sudah lalu lalang cari ke seluruh sudut tersembunyi di dalam rumah dan kolong furnitur namun masih belum ketemu juga. Kucing tu hewan yang seneng banget eksplor tempat baru, benda baru, bahkan hewan lain yang mampir ke rumah kita.

Ketika kucing kita hilang, bisa dimengerti kok kalau perasaan jadi panik bahkan kesal. So, mempersiapkan skenario terburuk menjadi penting supaya kita tidak panik lagi, dan bisa memikirkan langkah terbaik menemukan mereka. Dilakukan beberapa survei oleh para ahli penyelamatan kucing terkemuka untuk mencari tahu cara terbaik menemukan kucing yang hilang dengan cepat dan aman.


Kenapa Kucing Kabur dari Rumah?

Poster pengumuman kucing hilang ditempel di pohon.
Kucing yang hilang bisa ditemukan dengan menyebarkan poster di lingkungan sekitar (sumber: unsplash).

Secara naluriah, kucing adalah makhluk yang teritorial. Itu artinya, kucing akan berada di sekitar tempat yang mereka anggap seperti "rumah" dan mempertahankan teritorinya. Yang sering terjadi, kucing mengalami "accidental escape". Hal ini terjadi jika kucing sedang mondar-mandir di sekitar rumahnya. Dalam situasi ini, kucing cenderung bersembunyi atau mencari tempat sembunyi.

Jadi, apa kira-kira yang membuat kucing lari dari rumah atau area yang akrab dengan dirinya? Jawabannya bervariasi, tergantung dari kucingnya, lingkungan, atau keadaannya. Penyebab umum yang mungkin adalah sebagai berikut:

  • Rasa ingin tahu: pintu atau jendela yang terbuka, ada burung-burung terbang melintas yang tertangkap pandangnya. Hal ini menjadi alasan kucing mengeksplorasi rasa ingin tahu dengan keluar dari rumah.

  • Ketakutan: suara keras, orang asing yang tidak dikenal, atau bahkan hewan peliharaan baru yang membuatnya ingin lari dan bersembunyi.

  • Insting berburu: petualangan di luar ruangan dapat menarik insting kucing, atau dengan aroma mangsa yang menggoda indera.


5 Tips Mencari Kucing yang Hilang


Kucing tabby oranye mengamati buruan, latar belakang semak hijau dan tanah.
Sebagai makhluk dengan insting berburu, ada kalanya kucing pergi keluar mengejar burung atau tupai sehingga ia hilang dari rumah Anda (sumber: unsplash).

Ada sejumlah cara yang bisa cat pawrents lakukan ketika kucing kesayangan hilang.


1. Cari di tempat terdekat

Langkah pertama yang dilakukan adalah mencari dengan teliti di rumah. Hal ini dilakukan jika cat pawrents tidak melihat kucing keluar dari rumah. Namun jika cat pawrents melihat mereka kabur dari rumah, mulailah pencarian di area sekitar rumah yang bisa menjadi tempat kucing bersembunyi, misalnya di bawha dek, di garasi, atau semak-semak pekarangan.

Setelah dicari namun belum ketemu juga, cat pawrents bisa memulai pencarian ke rumah tetangga terdekat. Jangan lupa minta izin lho ya! Mulai pencarian di tempat persembunyian di area rumah tetangga yang bisa cat pawrents bayangkan karena sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa kucing kemungkinan akan ada disana.


2. Lanjutkan pencarian saat fajar dan di malam hari

Kucing kemungkinan ditemukan dekat dengan daerah asal mereka dalam 24 jam pertama setelah hilang. Jadi, penting bagi cat pawrents untuk mencari kucing segera setalah menyadari mereka hilang. Pencarian paling produktif menurut penelitian adalah saat fajar dan senja.

Sebagai hewan krepuskular, kucing paling aktif ketika terbit fajar dan terbenam. So, kucing yang hilang akan aktif berburu atau mencari makanan di waktu-waktu ini. Sisa harinya kucing akan tidur siang dalam tempat persembunyian sehingga susah bagi cat pawrents kalau misi penyelamatan ini dilakukan tengah hari.


3. Beri umpan agar mereka pulang

JIka memungkinkan, buka sedikit pintu rumah Anda. Cat pawrents juga bisa menaruh mangkok berisi makanan kucing di halaman, lalu awasi dengan CCTV. Setelah cat pawrents dapat melihat kucing dari CCTV, cat pawrents bisa menangkapnya dengan perangkap yang aman.

Beberapa cat pawrents juga ada yang menaruh litter box kucing mereka di luar untuk membantu kucing pulang. Litter box yang ditaruh di luar mengeluarkan aroma kotoran mereka sendiri sehingga bisa memudahkan kucing tersesat untuk pulang ke rumah.


4. Buat poster atau pengumuman di sosial media

Cat pawrents bisa membuat selebaran berupa poster dan menyebarkannya di lingkungan sekitar rumah. Masukkan informasi jenis kelamin, ciri fisik, identifikasi dari kalung, serta foto kucing terbaru. Jangan lupa untuk memasukkan informasi kontak yang bisa dihubungi. Cat pawrents bisa memulai menyebarkan poster ke tetangga terdekat, menempelkan di papan pengumuman, atau di komunitas cat lovers sekitar rumah Anda.

Gunakan pengaruh sosial media untuk membuat orang-orang yang melihat kucing Anda membantu memberikan informasi keberadaan kucing tersebut. Kini berita kucing hilang atau kucing nyasar yang ditemukan ditemukan dapat cat pawrents cari menggunakan tagar dengan lokasi yang diinginkan. Pengaruh sosial media cukup penting lho! Beritahu orang terdekat untuk me-repost ulang agar semakin banyak orang yang melihat.

Ingatlah untuk membuat pengumuman sedetil mungkin namun langsung pada intinya. Terlalu banyak informasi juga akan membuat susah dibaca. Cat pawrents bisa menawarkan imbalan jika kucing kesayangan yang hilang ditemukan oleh warga.


5. Kontak dengan shelter dan vet terdekat

Kucing-kucing jalanan yang ditemukan kini biasa ditampung di animal shelter. Kunjungi atau telepon shelter dan klinik dokter hewan terdekat dan beri tahu mereka jika ada informasi dengan ciri kucing Anda yang hilang. Siapa tahu kucing yang hilang ditemukan oleh relawan dan ditampung di sana.


Yuk, temukan berbagai artikel menarik lainnya seputar kucing di sini.


Sumber: gretpetcare

10 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page