top of page
ismaniarsutardi

Serba-serbi Memberi Makan Anak Kucing

Diperbarui: 7 Apr

Di rumah ada anak-anak kucing? Merawa anak kucing menjadi tantangan bagi kebanyakan cat pawrents karena memberikan makan ke anak kucing berbeda dengan kucing yang sudah dewasa. Sama halnya dengan membesarkan bayi manusia, memberi makan anak kucing memerlukan perhatian. Bayi kucing yang baru lahir maupun anak-anak kucing yang baru bisa berjalan belum bisa makan makanan yang sama dengan kucing dewasa. Hal ini karena perkembangan alat pencernaannya belum maksimal. 

Ada panduan yang bisa diikuti dalam hal memberi makan anak kucing, misalnya ketentuan umur mereka yang dihitung sejak mereka lahir sampai tumbuh aktif. Ikuti informasi pada artikel ini agar Anda piawai dalam merawat makan untuk anak kucing.


Kebutuhan Susu untuk Anak Kucing yang Baru Lahir 


Anak kucing tabby minum susu dari mangkok putih, latar belakang jendela dan vas bunga bening dengan bunga pink.
Kebutuhan susu untuk anak kucing bervariasi sesuai dengan usianya (sumber: unsplash)

Seperti halnya pada manusia, anak kucing yang baru lahir atau bayi kucing harus mendapatkan asupan nutrisi utama yaitu ASI dari induknya. Setiap induk kucing yang baru melahirkan akan mengurus anaknya yang baru lahir secara alami, termasuk pemenuhan kebutuhan makan bayi kucing dengan ASI. Berikut informasi yang perlu diketahui mengenai pemenuhan ASI dari induk ke anak kucing.


Manfaat ASI untuk Anak Kucing 

ASI sangat dibutuhkan untuk anak kucing yang masih rentan dengan dunia luar. Anak kucing yang baru saja dilahirkan harus mendapatkan ASI induknya untuk memberikan kekebalan tubuh. ASI membentuk antibodi pada tubuh anak kucing yang baru lahir supaya mereka kuat dan mendapat energi cukup.

Ada satu kandungan pada ASI bernama kolostrum, yang merupakan zat pembentuk antibodi pada tubuh kucing selama kurang lebih 72 jam pertama sejak kelahirannya. Kolostrum dapat bertahan beberapa bulan pada tubuh anak kucing sehingga mereka kuat dalam masa tumbuh kembang di awal.


Durasi Anak Kucing Meminum ASI atau Susu Alternatif

Anak kucing yang baru lahir akan minum ASI dari induknya. Anak-anak kucing akan berhenti minum ASI dalam kurun waktu empat minggu atau satu bulan semenjak dilahirkan. Cat pawrents bisa memeriksa bagaimana perubahan anak kucing yang tidak lagi meminum ASI, yaitu ketika tumbuh gigi geraham kecil yang menunjukkan anak-anak kucing sudah bisa memakan kible padat atau makanan lembut. 

Kucing diperbolehkan minum susu alternatif khusus untuk kucing melalui rekomendasi  dokter dengan menggunakan botol. Ini bisa dicoba oleh cat pawrents yang mendapati anak kucing tanpa induk yang masih membutuhkan air susu untuk tumbuh kembangnya. Di pasaran kini banyak tersedia susu formula khusus kucing dengan kualitas nutrisi yang baik untuk mendukung masa berkembang anak kucing.


Cara Menyapih Anak Kucing 

Anak kucing sudah bisa mulai mandiri dengan tidak meminum ASI dari induknya sejak satu sampai dua bulan dari waktu kelahirannya. Coba perkenalkan anak kucing makanan lunak terlebih dahulu seperti wet food khusus untuk anak kucing. Wet food diperkenalkan pada anak kucing yang baru memulai makan makanan padat karena jenis makanan ini mengandung lebih banyak air dan rasanya lebih disukai anak kucing. Untuk selanjutnya, cat pawrents bisa mengenalkan makanan lainnya seperti makanan kucing homemade atau dry food dari pabrikan. 

Jika anak kucing belum terbiasa dengan makanan barunya, cat pawrents bisa memberikan makanan mereka yang dicampur dengan susu formula. Setelah kucing terbiasa makan kemudian cobalah menghilangkan susu pada setiap porsi makannya secara berkala sampai mereka terbiasamakan makanan tanpa susunya.


Panduan Makan Anak Kucing Berdasarkan Umur

Ketentuan makan anak kucing mungkin akan berbeda dan berkembang dari waktu ke waktu. Semakin mereka beranjak dewasa maka jam makan mereka juga berkurang. Anak kucing membutuhkan lebih banyak energi dari saat mereka semakin berkembang dibandingkan kucing dewasa. Berikut panduan memberi ASI dan makanan untuk anak kucing.

Jadwal Memberi ASI 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ASI punya peran yang besar terhadap kebutuhan nutrisi anak kucing. Memberikan ASI ke anak kucing juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Biasanya anak kucing yang masih didampingi induknya akan minum ASI kapan pun mereka merasa haus. Lalu bagaimana jika cat pawrents ingin memberi susu pada anak kucing yang tumbuh tanpa induknya


Ada beberapa ketentuan memberikan susu ke anak kucing sesuai umur mereka: 

  1. Dibawah satu minggu (berat 50-150 gram), berikan susu setiap dua jam sekali sebanyak 2-6 ml 

  2. Umur sekitar 1-2 minggu (berat 150-250 gram), berikan susu setiap 2-3 jam sebanyak 6-10 ml 

  3. Umur sekitar 2-3 minggu (berat 250-350 gram), berikan susu setiap 3-4 jam sebanyak 10-14 ml. 

  4. Umur sekitar 3-4 minggu (berat 350-450 gram), berikan susu setiap 4-5 jam sebanyak 14-18 ml. 


Jadwal Makan Anak Kucing yang Sudah Disapih 

Apabila cat pawrents sudah berhasil menyapih anak kucing yang sudah terbiasa dengan jenis makan kucing pada umumnya, ada jadwal yang bisa menjadi pertimbangan untuk memberikan makan ke anak kucing. 

  1. Usia 6 minggu, beri makan kucing sebanyak empat kali dalam sehari 

  2. Usia 12 minggu ke atas, beri makan kucing sebanyak tiga kali dalam sehari 

  3. Usia 6 bulan ke atas, beri makan kucing sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari 


Jenis-Jenis Makanan untuk Anak Kucing

Perhatikan label pada kemasan makan kucing yang bertuliskan‘kitten’, yaitu makanan kucing yang diperuntukan sesuai umur mereka. Jenis makanan untuk ‘kitten’ memiliki komposisi yang berbeda dengan makanan untuk kucing dewasa. Berikut panduan makanan untuk anak kucing Anda. 

Susu Alternatif Khusus untuk Anak Kucing 

Anak kucing terbiasa meminum ASI jika bersama dengan induknya. Namun jika diadopsi mereka bisa diberikan susu alternatif khusus, seperti merek Growssy, Top Growth Kitten, KMR Kitten Milk, Ameri-Pro, dan masih banyak lainnya yang direkomendasikan dewasa ini di e-commerce lokal. 

Susu sapi atau susu UHT tidak baik untuk diberikan ke anak kucing karena kandungan laktosa pada susu UHT yang susah dicerna pencernaan kucing. Hindari memberikan susu yang dikonsumi manusia ke anak kucing. Susu untuk kucing sudah diformulasikan khusus sehingga aman bagi pencernaan dan baik untuk kesehatan kucing. Anda bisa memperoleh rekomendasi dari dokter hewan jika kesulitan menentukan merk susu kucing yang aman untuk anabul.


Dry Food dan Wet Food untuk Anak Kucing 

Mengenai dry food dan wet food bagi anak kucing, banyak pakar yang mengatakan jika wet food lebih bagus untuk menjadi makan padat awal kucing saat belajar disapih. Wet food memiliki banyak kandungan air dan mineral yang menggantikan cadangan cairan tubuh kucing yang penting untuk nutrisi anak kucing. 

Dry food bisa diberikan ke anak kucing yang berguna untuk membantu meningkatkan berat badan kucing karena banyak mengandung air sehingga kebutuhan hidrasi anak kucing terpenuhi. Apabila anak kucing masih belum bisa mengunyah dengan baik, maka kible pada dry food dicampur dengan susu  yang bertujuan untuk melunakkan dry food sekaligus menambah nutrisi.


Kandungan Nutrisi yang Bagus untuk Anak Kucing

Apa sebenarnya perbedaan nutrisi makanan anak kucing dengan jenis makanan untuk kucing dewasa? Makanan kucing khusus ‘kitten’ ini kaya dengan lemak omega-3 dan tinggi protein. Lemak omega-3 adalah nutrisi yang bagus untuk kesehatan mata pada kucing. Selain itu lemak jenis ini juga bermanfaat pada perkembangan otak anak kucing. Ada beberapa nutrisi yang bagus pada kandungan susu kucing seperti lutein, taurin, oligosakarida mannam, antioksidan, biotin, bebas laktosa, magnesium, potasium, kalsium, fosfor, vitamin C dan E dan masih banyak lainnya. 


Rawat anak kucing dengan penuh kasih sayang dengan mengikuti panduan memberi susu yang aman untuk anak kucing. Selain memenuhi kebutuhan nutrisinya, berikan vaksin lengkap, obat cacing, dan obat kutu agar anak-anak kucing selalu sehat. Anda juga bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap dengan menghubungi veterinarian atau dokter hewan yang lokasinya tidak jauh dengan tempat tinggal Anda. 


Baca artikel kucing yang menarik dan informatif lainnya di sini.

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page