top of page
ismaniarsutardi

Mengapa Kucing Menjilatku?

Pernah dijilat kucing? Saat memelihara kucing, beberapa kucing ada yang menjilatmu ketika kamu sedang dekat dengannya. Jilatannya juga terasa kasar kan? Jangan panik dulu. Bukan berarti mereka pikir kamu 'enak' seperti makanannya. Tapi, normal ga sih kucing menjilat kita? Yuk kita bahas!


Normalkah Kucing Menjilat Manusia?

A cat being being held was licking his finger's owner
Kucing suka membersihkan diri (sumber gambar: unsplash.com)

Kucing menghabiskan 8% waktunya untuk grooming, dan sebagian besar waktunya untuk tidur (Eickstein dan Hart BJ: The organization and control of grooming in cats. Animal Behaviour of Science, 2000). Jadi, kelakuan kucing menjilat adalah normal.

Orang - orang yang sudah pernah dijilat kucing akan setuju akan satu hal, yaitu jilatan kucing seperti diusap oleh kertas ampelas. Kasar dan pedih, bro! Lidah kucing tertutup duri kecil yang menancap dan menjulur ke belakang, bernama papila. Papila berfungsi untuk menghilangkan bulu yang lepas dan kotoran dari badannya, juga menutup bulu dengan liur supaya badannya tetap dingin (Noel AC dan Hu DL: Cats use hollow papillae to wick saliva into fur. Proceedings of The National Academy of Science. 2018).



Penyebab Kucing Menjilat Manusia

Para ahli belum menemukan alasan scientific di balik hal ini namun ada beberapa teori yang menjadikan penyebabnya.

Kucing menunjukkan rasa sayang

Kucing yang menjilatmu menunjukkan perilaku yang ramah juga tindakan altruistik. Tindakan altruistik merupakan hal sukarela yang dilakukan tanpa mengharapkan imbalan, kecuali karena balasan perlakuan baik. Induk kucing yang merawat anaknya atau sesama kucing yang saling menjilat dinamakan allogrooming. Allogrooming meningkatkan ikatan sosial di antara kucing, jadi kelakuan kucing yang menjilatmu bisa jadi merupakan tanda pengikat hubungan yang baik.

Kucing mencari perhatian

Kucing belajar bahwa dengan menjilat, hal itu dapat menarik perhatianmu. Jilatan kucing juga mungkin sebagai bentuk balasan akan interaksi kamu dengan dia seperti berbicara atau mengelus.

Kucing menganggap kamu sebagai bagian dari grup

Bukan grup idol ya! Menjilat bermaksud untuk berbagi saliva. Dengan cara ini, kucing menandai kamu melalui bau yang familiar dengan mereka. Karena kamu sudah ditandai, kucing menganggap kamu adalah bagian dari mereka.

Kucing menunjukkan perilaku kanak - kanak (kitten)

Jika kucingmu diadopsi tanpa induk sejak masih bayi, ada kemungkinan ia berperilaku seperti saat kecil. Karena disapih terlalu dini, kucing menjilati seperti saat mencari kenyamanan sewaktu menyusui. Kucing juga mungkin akan purring ketika sedang menjilati kamu.

Kucing menyukai bau pemiliknya

Kucing menjilat untuk mendeteksi aroma. Jika dilakukan terus, ia mungkin menyukai aroma pemiliknya, baik dari bau badan, parfum, bahkan sampo yang dikenakan pemiliknya. Bau badan manusia mengandung garam dan gula juga, dan ini menarik bagi mereka.

Kucing merasa gelisah atau cemas

Menjilat - jilat mungkin suatu bentuk mengatasi rasa stres. Stres yang muncul adalah yang terkait perawatan berlebihan (excessive grooming), tetapi menjilati juga mungkin lebih mengarah kepada pemiliknya. Coba renungkan apakah ada hal yang membuat dia cemas, seperti suara keras, atau orang asing di rumah.

Kucing punya masalah kesehatan

Kucing yang menjilatimu atau benda - benda di sekitar, mungkin saja memiliki masalah medis. Adanya mual, nyeri, atau hal ketidaknyamanan lain menyebabkan ia suka menjilat. Dalam suatu kasus pernah ditemukan kucing yang suka menjilat ternyata memiliki radang usus. Jika jilatan kucing mulai berlebihan, mulailah berkonsultasi dengan dokter hewannya agar ia diperiksa.


Cara Untuk Menghentikan Kucing yang Menjilatmu

Apapun penyebab kucing menjilati kamu, rasanya akan tidak nyaman jika mereka melakukan itu terus kan? Jangan pernah menghukum mereka dengan menyemprot air, memukul, atau menghardiknya dengan kasar ya. Itu akan membuat mereka stres. Berikut tips yang bisa dilakukan supaya kucing berhenti menjilat - jilat.

  • Sediakan mainan agar ia sibuk.tau tutupi anggota tubuh yang membuat kulitmu terekspos ketika sedang berinterkasi dengannya.

  • Sediakan mainan agar ia sibuk

  • Ketika dia mulai menjilatmu, segera bangun dan menjauhlah.

  • Lempar mainan atau catnip ketika dia mulai menjilat. Jika ia mengejar benda tersebut, segera menjauh

  • Ketika kucing sudah bisa berinteraksi denganmu tanpa menjilat - jilat, beri ia reward dengan cemilan kesukaannya atau dengan mengelusnya.


8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page