top of page
ismaniarsutardi

Mengapa Kucing Suka Memijat Manusia?

Kucing mungkin sering melakukan hal yang aneh di masa aktifnya. Salah satunya adalah gerakan memijat (kneading) pada kita. Kucing yang suka memijat adalah hal yang natural kita lihat di masa hidupnya dan seringkali menjadi hal absurd yang tidak kita pahami. Belum ada yang tahu pasti mengapa mereka begini, namun para ahli menjelaskan beberapa teori.


Apa Itu Gerakan Memijat Kucing (Kneading)?

Seekor kucing hitam putih tabby sedang menguleni di atas bantal bulat lunak, denga latar tirai dan jendela.
"Kneading" disebut juga "membuat biskuit" karena gerakannya mirip menguleni adonan (sumber: unsplash)

Pada suatu waktu, kamu mungkin akan menjumpai kucingmu melakukan gerakan seperti memijat atau kneading. Kneading adalah gerakan berirama mendorong paw keluar masuk di benda lunak. Kucing biasanya kneading di atas selimut, kasur, bantal, atau bahkan di atas badanmu! Disebut juga sebagai gerakan making biscuit atau membuat biskuit karena aktivitasnya mirip manusia yang sedang menguleni adonan kue.

Meskipun tidak semua kucing melakukan aktivitas pijat ini, namun perilaku memijat ternyata umum dilakukan kucing muda dan kucing dewasa. Ada kucing yang memijat sambil mendengkur dengan puas. Kucing melakukan kneading tanpa cakarnya, namun ada juga yang memijat dengan mengeluarkan semua cakarnya.

Saat memijat, kucing mungkin akan menggigit-gigit juga. Ada beberapa ide mengapa kucing memijat objek tertentu, bahkan ke kamu.


Mengapa Kucing Memijat Benda Lunak?

Kucing tabby bergaris memijat bantal berwarna krim di atas keranjang, latar belakang ruangan dengan tirai putih, jendela, dan kabinet putih.
Kucing senang memijat benda lunak seperti bantal, selimut, boneka, atau objek lunak lainnya (sumber: unsplash).

Salah satu dari ide yang menjelaskan mengapa kucing memijat benda lunak, adalah insting alaminya sejak dia masih bayi. Anak-anak kucing yang menyusui ke induknya akan melakukan gerakan tersebut untuk menstimulasi produksi ASI. Tapi kok kucing dewasa juga masih begitu ya?

Kucing peliharaan di rumah mungkin akan terlihat memijat boneka, bantal, selimut, dan objek lunak lainnya di sekitar rumah. Meskipun aktivitas ini tidak berkaitan dengan produksi air susu induknya, kucing dewasa selalu mengasosiasikan gerakan memijat karena faktor kenyamanan menyusui yang bermanfaat.


Mengapa Kucing Memijat Manusia?

Kucing Bengal cokelat bergaris hitam memijat dada seorang laki-laki dengan kaus biru, di sofa dengan latar belakang tembok putih.
Kucing memijat manusia sebagai balasan kasih sayang (sumber: unsplash).

Kucingmu suka memijat orang, terutama diri kamu sendiri? Kalau dia meringkuk dan meremas pangkuan kamu saat dibelai, tandanya dia memberi balasan kasih sayang. Oleh karena itu, memijat manusia mungkin merupakan cara kucing menunjukkan cintanya kepada pemiliknya. Sudah dewasa nih kucingnya, tapi mereka akan selalu jadi anak-anak bulu untuk kita kan?

Tapi kok pijatan dia ga enak sih, nyakitin gitu lho karena ada cakarnya? Well, semakin bahagia kucingmu, akan semakin keras dia menggali dengan cakarnya yang tajam. Jangan kasih hukuman karena dia begini ya! Beri alas kain tambahan kalau dia sudah mulai memijatmu supaya badan kamu juga bebas dari luka cakarnya. Kamu juga bisa memastikan kenyamananmu dengan selalu memperhatikan kucingmu dengan cara menggunting kukunya secara berkala.


Cara Menghentikan Kucing Memijat

Memijat menjadi hal yang menyenangkan bagi kucing, dan terlihat gemesin juga kan? Namun aktivitas ini bisa menjadi tidak nyaman buat kamu jika cakarnya terlibat. Lumayan perih! Kucing juga bisa merusak perabot rumah, bahkan menyakiti hewan peliharaan lain dengan cakarnya.

Untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

  1. Potong kuku kucing secara berkala setiap 1-2 minggu sekali

  2. Ajari kucing untuk memijat di tempat yang disediakan seperti selimut atau kasurnya sendiri

  3. Alih perhatiannya dengan snack atau mainan

  4. Jika kucing memijat dengan kukunya yang tajam, selipkan alas lunak lain agar badanmu tidak terluka

  5. Jangan hukum kucing kalau dia senang memijat ya! Pijatan kucing menunjukkan kasih sayangnya. Dia akan cenderung merespon negatif jika insting alaminya dihalangi.


Kucing adalah makhluk yang teritorial. Salah satu cara kucing untuk 'menandai' wilayahnya adalah dengan pijatan pada hal yang disukainya, termasuk pemiliknya. Dengan menempelkan paws pada permukaan lembut, kucing memberikan 'aroma' khasnya sebagai tanda bahwa itu adalah daerah teritorial mereka.

Yuk, baca artikel lainnya tentang kucing peliharaan, disini.



199 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page