top of page
ismaniarsutardi

Meninggalkan Anabul di Rumah Saat Mudik, Yuk Ikuti 4 Tips Berikut!


A cat was looking at the opened door inside a house
Tidak perlu risau, kini kamu bisa meninggalkan anabul mudik dengan cara yang aman (sumber gambar: unsplash.com)

Momen liburan seperti perayaan Idul Fitri atau Natal seringkali meninggalkan kerisauan bagi para pemilik hewan peliharaan. Apakah anabul (anak bulu) akan aman ditinggalkan di rumah saja? Karena anabul tidak diperbolehkan dibawa dengan transportasi publik seperti kereta atau pesawat, tentunya anabul tidak bisa ikut mudik. So, jika kamu hendak meninggalkan anabul saat mudik, pastikan kamu baca tips di bawah sampai selesai ya!


4 Tips Aman Meninggalkan Anabul Saat Mudik

Hal yang menjadi kekhawatiran saat meninggalkan anabul mudik adalah kecukupan makanan dan kebersihan litter box saat ditinggalkan. Apakah mereka cukup makan dan minum? Bagaimana membersihkan kotorannya setiap hari? Sederet pertanyaan itu akan muncul dalam pikiran. Namun tidak perlu khawatir, ada tips aman meninggalkan anabul saat mudik.

1. Pastikan meninggalkan anabul dalam keadaan sehat

Sebelum ditinggal pergi, pastikan mereka dalam keadaan sehat. Untuk memastikannya, kamu bisa membawanya ke dokter hewan dulu. Kucing atau anjing yang memiliki penyakit tentunya akan lebih baik di rumah. Dokter hewan akan memberikan saran dan resep obat - obatan jika diperlukan. Kunjungan ke dokter hewan yang lebih sering juga akan membuat anabul dikontrol pertumbuhan dan kesehatannya. Jika belum pernah ke dokter, kamu bisa bertanya ke sesama pemilik hewan peliharaan untuk mendapatkan rekomendasi dokter hewan.


2. Memasang CCTV di dalam rumah

Menggunakan CCTV di rumah akan memudahkan dalam memantau pergerakan anabul di rumah. Pengawasan dengan CCTV juga bisa dilakukan jarak jauh. Dengan CCTV, kamu bisa memeriksa dokumentasi saat meninggalkan anabul di rumah. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan anabul saat ditinggal mudik.


3. Jauhkan benda berbahaya dari jangkauan mereka

Ada benda-benda berbahaya yang harus dijauhkan dari kucing atau anjing. Karena hewan peliharaan kadang kepo dengan benda tertentu, yang berbahaya perlu dijauhkan supaya tidak menarik perhatian mereka, seperti untaian kabel listrik aktif, bahan pembersih rumah, obat - obatan, dan tanaman hias. Benda-benda tersebut dapat mengancam keselamatan dan membuat mereka keracunan.

4. Menitipkan anabul dengan orang lain

Hewan peliharaan akan aman dipantau jika ada orang yang memperhatikan kebutuhan mereka saat ditinggal. Tren menitipkan hewan peliharaan ini menjadi lahan bisnis bagi sebagian orang, terutama pagi pecinta anjing atau kucing. Rasa aman dengan pemberian makan secara rutin menjadi alasan pemudik menitipkan hewan peliharaannya. Berikut ada 3 cara menitipkan anabul dengan orang lain saat mudik:

1. Menitipkan anabul ke anggota keluarga dekat

Jika di rumah atau di lingkungan sekitar ada anggota keluarga yang bisa mengasuh hewan peliharaan, tentunya akan lebih mudah meninggalkan anabul bersamanya. Titipkan kucing kepada mereka yang memelihara kucing, dan titipkan anjingmu kepada yang juga memelihara anjing. Para pemilik hewan peliharaan akan lebih telaten dalam menjaga anabul sesuai dengan kebiasaannya karena sudah paham cara perawatannya.


2. Menitipkan anabul ke pet hotel

Pet hotel adalah tempat khusus menitipkan hewan peliharaan seperti anjing atau kucing. Sebelum menitipkan anabul di pet hotel, ada ketentuan khusus yang harus dipenuhi para pemilik hewan peliharaan. Kucing atau anjing yang akan dititipkan harus dalam keadaan sehat, sudah divaksin, dan bebas kutu. Biasanya layanan yang ditawarkan berupa paket khusus seperti mengajaknya main, grooming, dan pemberian makanan premium. Pilih tempat penitipan dengan review dan track record yang baik dan ramah di kantongmu ya!


3. Menggunakan jasa pet sitter

Jasa ini kini banyak dicari ketika tidak ada orang yang bisa merawat hewan peliharaan. Pet sitter adalah para pengasuh hewan yang dibayar untuk mengurus hewan peliharaan saat pemiliknya tidak ada di rumah. Para pengasuh ini akan mengurus kebutuhan hewan di rumahmu seperti memberinya makan, membersihkan kotorannya secara berkala, grooming, hingga mengajak mereka main atau jalan - jalan. Layanan ini lebih disukai karena hewan akan tetap tinggal di rumah tanpa harus menginap di tempat lain.


Itulah beberapa tips yang dapat kami rekomendasikan. Beri catatan detail kebiasaan anabul jika hendak dititipkan dengan orang lain dan jadwal menjemputnya. Survei lokasi pet hotel dan periksa review cat sitter jika hendak menggunakan jasa ini. Semoga kamu tidak khawatir lagi meninggalkan anabul di rumah dan bisa mudik dengan tenang.


16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page