top of page
Gambar penulisWid Adelies Oktavianda

Panduan adopsi kucing bengal

Diperbarui: 22 Okt 2022




Kucing bengal merupakan ras dengan karakter penuh energi, atletis dan lincah. Berbeda dengan kebanyakan kucing domestik atau ras lainnya.


Sebelum memutuskan adopsi, pastikan anda memahami dahulu karakternya supaya anda bisa memiliki gambaran sebelumnya. Selain itu, seyogyanya disiapkan tempat yang cukup di rumah untuk bermain.


Mengingat banyaknya penipuan terkait adopsi kucing bengal, ada beberapa hal yang sekiranya bisa diperhatikan.

1. Pemilihan breeder

- Jangan tergiur dengan harga/mahar adopsi yang murah. Resikonya antara penipuan atau bukan pure bengal (mixed bengal bisa mirip sekali pada mata awam).

- Apabila budget anda cukup, usahakan memilih adopsi pedigree yang terjamin kemurnian rasnya.

- Apabila budget anda lebih kecil bisa memilih non pedigree pada breeder dengan reputasi baik dan jujur.

- Apabila mengejar kualitas, carilah kitten dari indukan yang proven juara di catshow. Kitten akan memiliki anatomi, postur dan pola warna yang bagus juga.

3. Gunakan rekening bersama

- Apabila satu kota dengan breeder, tidak ada salahnya bertemu langsung. Selain melihat bagaimana breeder mengelola usahanya, juga bisa menjalin silaturahmi dan menambah teman. Metode ini acap disebut PCB alias Pantau Cocok Bayar

- Apabila sudah berpengalaman dengan breeder sebelumnya tentu akan lebih mudah dengan skema transfer maharnya.

- Apabila sama sekali belum berpengalaman dengan breeder tersebut, menggunakan jasa rekening bersama akan memberikan kenyamanan bagi kedua belah pihak.

4. Pengiriman

- Kitten yang dilepas adopsi seyogyanya diatas 3.5 bulan dengan vaksin lengkap (2x vaksin F3 dan F4).

- Apabila lokasi adopter dan breeder masih di pulau Jawa, bisa menggunakan jasa cargo kereta (contoh : Ki8) menggunakan pet cargo dan dijemput di stasiun terdekat.

- Apabila menghendaki opsi yang lebih nyaman maka pilihan pet travel door to door adalah pilihan terbaik, tentu saja biaya yang dikeluarkan jauh lebih banyak serta waktu yang menyesuaikan jadwal pet travel.

- Pengiriman keluar jawa menggunakan jasa pet travel khusus karena kitten perlu mengikuti serangkaian proses karantina binatang di dinas terkait.


Apabila anda ingin adopsi kucing bengal pedigree ICA FIFe bisa menghubungi kami untuk ketersediannya.


59 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page