top of page
ismaniarsutardi

Panduan Adopsi Kucing: Kenali Shelter, Cat Breeder, Atau Cattery

Diperbarui: 15 Jan 2023

Kepingin pelihara kucing di rumah tapi belum tahu apa yang harus dilakukan? Disini kami akan membantu memandu kamu dengan informasi simpel sebelum mengadopsi kucing. Perlu diketahui bahwa kucing bisa dipelihara di dalam rumah baik indoor maupun semi indoor. Kucing yang akan diadopsi bisa berasal dari shelter hewan atau dari breeder dan cattery jika kamu ingin memiliki ras kucing tertentu. Keduanya sama baiknya, dengan pertimbangan yang berbeda pastinya.


Mengadopsi Kucing dari Shelter

seorang perempuan melihat seekor kucing abu - abu putih di dalam kandang
Mengadopsi kucing dari shelter adalah pilihan (sumber gambar: unsplash.com)

Animal shelter yang ada di Indonesia biasanya dimiliki secara pribadi. Dana bisa diperoleh dari donasi penyayang binatang dan kocek pribadi para owner, sukarelawan, maupun para dokter hewan. Yang bekerja disana adalah para profesional dan orang - orang berpengalaman dengan hati yang besar. Animal shelter biasanya sudah bekerjasama dengan beberapa dokter hewan yang menyediakan jasa pemeriksaan kesehatan.


Kita bisa memulai adopsi kucing dengan mencari shelter melalui internet. Animal shelter biasanya memiliki sosial media untuk membagikan aktivitas penyelamatan kucing liar atau kucing hilang. Disana akan berisi informasi proses rescue, info kucing yang siap diadopsi, atau informasi penting seputar event dan jadwal vaksinasi. Datangi lokasi shelter, atau periksa sosial media dan tanyakan seputar adopsi langsung.


Apakah semua orang bisa mengadopsi kucing dari shelter?

Secara teknis belum tentu karena shelter akan memilih adopter yang bertanggung jawab dan lulus uji.

Apakah semua penyelamat hewan adalah animal shelter?


Jika kamu berniat memelihara kucing dari shelter, pastikan dirimu siap dengan interview. Loh, kok kayak yang mau kerja aja pake ada interview segala! Eits, animal shelter juga punya standar bagi para adoptee untuk mereka yang mau mengambil hewan peliharaan dari sana. Beberapa pertanyaan yang diajukan adalah pengetahuan tentang hewan, penyakit umum, data personal seperti kelayakan gaji dan tempat tinggal. Hal ini dilakukan supaya kita sendiri mempunyai tanggung jawab dan komitmen untuk memelihara hewan peliharaan dengan benar.


Keuntungan Mengadopsi Kucing dari Shelter

Dengan mengunjungi shelter secara langsung, kamu bisa mempunyai keuntungan karena melihat seluruh hewan yang ada disana. Kunjungan langsung juga bisa memberikan perasaan senang dan seru karena kamu bisa bermain sebentar dengan hewan - hewan yang ada. Kamu juga bisa bertanya langsung kepada foster parent atau staf shelter mengenai kucing yang akan kamu adopsi. Setiap hewan yang diselamatkan animal shelter akan punya cerita yang berbeda.


Di shelter akan ada banyak kucing dengan beragam usia. Kamu bisa memilih anak kucing, induk kucing berikut dengan anak - anaknya, atau kucing dewasa yang siap tinggal di rumahmu. Kucing anak - anak dan kucing dewasa akan memerlukan penanganan pemeliharaan yang berbeda. Kondisi kesehatan dan fisiknya juga beragam.

Kamu bisa bertanya apakah kucing sudah divaksin dan sudah steril. Animal shelter memiliki catatan vaksinasi bagi setiap hewan yang ditampung disana. Kesiapan dirimu akan komitmen vaksinasi sangat penting karena vaksin akan menjaga kualitas hidup kucing.


Mengadopsi Kucing dari Cat Breeder atau Cattery

Kamu juga bisa mengadopsi kucing dari breeder atau cattery. Apa sih breeder itu? Breeder bertanggung jawab untuk menghasilkan anakan hewan yang diinginkan dengan mengawinkan indukan ras sejenis atau ras campuran. Tujuannya adalah untuk keperluan pertunjukan atau event, olahraga, peliharaan, atau kebutuhan konsumsi makanan. Animal breeder diklasifikasikan berdasarkan hewan khusus yang dipelihara, misalnya kucing, anjing, kuda, sapi, beberapa jenis unggas seperti ayam dan burung, kelinci, bahkan reptil.

Apakah semua cat breeder itu cattery? Tidak semua cat breeder adalah cattery. Untuk menjadi cattery dibutuhkan keahlian dan pengetahuan khusus terhadap hewan tertentu dengan pemenuhan standar dari asosiasi masing - masing. Cattery memiliki izin atau lisensi dari asosiasi kucing sedangkan cat breeder tidak punya lisensi.

Kucing Bengal bernama Aruna di Wilakusuma Cattery
Aruna, kucing Bengal betina di Wilakusuma Cattery

Mengadopsi kucing dari cat breeder memerlukan pengeluaran finansial. Hal ini dapat berarti kita "membeli" jasa proses kawin indukan hewan yang menghasilkan keturunan ras tertentu. Hewan yang biasanya ditawarkan adalah yang berusia belia atau masih anak - anak namun sudah bisa lepas dari induknya. Kucing yang ada pada breeder juga bermacam - macam jenisnya. Breeder yang paling banyak adalah untuk keturunan kucing Persia mix.


Keuntungan Mengadopsi Kucing dari Cat Breeder atau Cattery

Keuntungan yang pasti dalam adopsi kucing dari breeder atau cattery adalah kepemilikan kucing berbagai ras. Cat breeder tentunya memiliki standar pakan dan pemeliharaan yang khusus sesuai dengan ras kucingnya. Perlu diketahui bahwa untuk mengadopsi kucing ras dibutuhkan dan yang tidak sedikit. Harga adopsi yang ditawarkan cat breeder beragam, dari ratusan ribu hingga puluhan juta, bergantung pada jenis rasnya. Dari cat breeder hingga cattery, kamu bisa memelihara kucing ras dengan karakter fisik yang unik.


Cattery memiliki sertifikat khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi kucing ICA (Indonesian Cat Association). Sertifikat adalah bukti kemurnian ras karena silsilah kemurnian kucing (pure breed) akan diketahui 3 hingga 5 generasi. ICA mengeluarkan aturan pemeliharaan standar bagi kucing ras di cattery masing - masing. Organisasi ini sudah tergabung dalam FIFe (Federation International Feline) sehingga diakui secara internasional. Sejak bergabung dengan FIFe, maka sertifikat pedigree kucing dari cattery di Indonesia sudah diakui di seluruh dunia.


Wilakusuma Cattery

Wilakusuma Cattery adalah cattery khusus kucing Bengal yang sudah beroperasi resmi di tahun 2022. Anakan kucing Bengal yang ada kini sudah berusia 3 bulan. Indukannya ada satu jantan dan 3 betina dengan kategory pedigree (kucing dengan silsilah khusus yang diketahui dan memiliki sertifikat). Para adoptee yang tinggal di Semarang dan sekitarnya dapat mengunjungi tempat kami secara langsung. Proses adopsi akan memerlukan dokumentasi dengan kualifikasi adoptee yang sama seperti halnya animal shelter pada umumnya.

Memelihara kucing Bengal akan sedikit berbeda. Ada keunikan tersendiri dari kucing Bengal karena sifatnya yang sangat aktif dibandingkan kucing ras lainnya. Bagi kamu yang berniat mengadopsi Bengal, akan kami beri informasi panduan yang bermanfaat disini. Jika ingin melihat Bengal kami secara langsung, kamu bisa menghubungi kami dan bertanya apa saja mengenai pemeliharaan dan adopsinya. Tunggu apa lagi? Kontak sekarang yuk!

33 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page