top of page
ismaniarsutardi

Panduan Memelihara Kucing Senior

Kucing senior memiliki usia lebih dari 8 tahun. Karakter kepribadiannya berubah, begitu juga pola makannya. Intip yuk, apa saja tips memelihara kucing senior agar kualitas hidupnya maksimal.


Tips Memberi Makan Kucing Senior


lima mangkuk berisi variasi makanan kucing
Memilih makanan kucing senior (sumber gambar: unsplash.com)

Sebelum memilih makanan yang tepat bagi kucingmu, ada baiknya kamu membawa kucingmu ke dokter hewan terdekat. Dokter hewan akan memberikan rekomendasi berdasarkan keadaan fisik dan evaluasi metabolisme tubuh kucing. Ketika memasuki usia dewasa, kucing akan mengalami kenaikan berat badan dan mengalami perubahan kepribadian. Ini adalah hal yang umum. Namun sebelum memilih makanan kucing senior, rekomendasi dokter diperlukan karena beberapa penyakit umumnya ditemukan pada deteksi awal. Dokter akan memberikan saran nutrisi yang sesuai dengan kondisi penyakit juga, apabila ada.


Mengontrol asupan kalori harian

Kontrol kalori pada kucing senior biasanya mengurangi asupan kalori 20-30%. Namun untuk kucing geriatri, meningkatkan asupan kalori akan lebih penting untuk mempertahankan bentuk fisik normalnya. Kucing geriatri biasanya mengalami penurunan berat badan karena fungsi tubuhnya yang juga mengalami penurunan seiring bertambahnya usia.

Menjaga tubuh yang sehat dan massa ototnya mengurangi resiko penyakit pada kucing.

Pemberian porsi makan memberikan peran penting dalam mengontrol asupan kalori harian. Porsi makan yang tepat dapat menghindari kucing dari resiko kegemukan dan obesitas. Kami pernah membahasnya dengan lengkap disini. Mengontrol porsi makan juga dapat mendeteksi adanya gangguan makan yang merupakan awal gejala penyakit.

Agar lebih pasti, tanyakan porsi spesifik pemberian makan ke dokter hewan. Total asupan kalori harian dapat dibagi 2-5 kali porsi makan untuk memudahkan. Porsi yang kecil juga dapat lebih mudah mengontrol nafsu makan kucing. Bagan pemberian makan dalam makanan kemasan terkadang tidak sesuai dengan kondisi kucing. Setelah mengetahui pemberian porsi yang tepat, kamu bisa menimbang untuk mengecek berat badan kucing dengan rutin.


Memastikan asupan air atau hidrasi

Air adalah nutrisi penting bagi kucing di segala usia.
A bengal cat drank from tap water
Pastikan kucingmu minum ya! (sumber gambar: unsplash.com)

Untuk memastikan hidrasi yang tepat, pastikan kucingmu minum dengan baik. Taruh mangkuk air di tempat - tempat yang biasa dilewati atau di tempat istirahatnya. Penuaan akan mengganggu kepekaan kucing terhadap rasa haus yang sudah rendah. Mereka akan cenderung mengalami dehidrasi. Dehidrasi kronis akan mengganggu fungsi metabolisme normal dan dapat mempercepat perkembangan penyakit.

Mangkuk air bisa disiapkan dengan berbagai ukuran. Menaruh mangkuk air di tempat yang terpisah dengan mangkuk makannya dapat membuat kucing lebih ingin untuk minum. Kucing cenderung tidak minum dan hanya makan jika mangkuk air ditaruh dekat dengan mangkuk makan. Beberapa kucing juga cenderung minum di air mengalir. Jika kamu ada budget lebih, kamu bisa menyiapkan water fountain. Water fountain memberikan air yang lebih bersih dan segar. Memberikan makanan basah atau wet food juga dapat menambah asupan air untuk kucing.


Pentingkah memberi snack pada kucing senior?

Ketika mengunjungi dokter hewan, kamu bisa menanyakan perihal pemberian snack atau treat untuk kucingmu. Snack atau treat bisa jadi malah kurang baik bagi kesehatan kucing. Seperti halnya pada makanan kita, snack atau treat mengandung nutrisi tidak seimbang, dan mungkin mengandung kadar lemak dan natrium yang tinggi.


Penyakit Umum pada Kucing Senior

Masalah kesehatan yang umum terjadi pada kucing senior meliputi penyakit berikut:

  • obesitas

  • periodontal disease (penyakit di gigi dan mulut)

  • gagal ginjal

  • gangguan lever

  • penyakit jantung

  • neoplasia atau kanker

  • FIV

  • osteoarthritis (radang atau degenerasi sendi)


Membuat Kucingmu Nyaman di Usia Tua

Bagaimana cara untuk membuat kucing nyaman dan bahagia di usia tuanya? Kebanyakan kucing akan menua dengan anggun dan menarik sedikit perhatian. Kucing yang menua akan kurang merespon perubahan. Oleh karena itu penting agar melakukan perubahan dengan perlahan. Kucing tua harus memiliki akses ke tempat tidur yang hangat dan nyaman, serta aman dari gangguan. Pentingnya membuat perubahan dan meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit ini memerlukan perhatian dari para pemilik kucing senior.

Kucing sangat pandai menyembunyikan penyakit, jadi kamu perlu mengamati kucingmu dengan baik. Kucing yang sedang tidak enak badan akan sedikit bergerak dan hanya tidur di satu tempat. Masalah kesehatan yang dapat dideteksi lebih awal akan memberikan kemungkinan pengobatan yang jauh lebih berhasil.

18 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page