top of page
ismaniarsutardi

Pengaruh Buruk Mengurung Kucing di Kandang. Apa Saja?

Diperbarui: 7 Apr

Banyak pet pawrents yang memelihara hewan peliharaan di rumah dengan pilihan menaruh hewan peliharaan di dalam kandang. Begitu pun dengan para pemilik kucing peliharaan. Ada cat pawrents yang membebaskan kucing peliharaan di dalam rumah agar anabul bisa mengenal baik lingkungan tempat tinggalnya. Namun ada pula cat pawrents yang memilih mengurung kucing di kandang dengan alasan menghindari keruwetan jika kucing berkeliaran hingga merusak perabotan. 


Cat pawrents yang menaruh kucing di dalam kandang beranggapan bahwa lingkungan sekitar tempat tinggal masih rentan menerima keberadaan kucing. Banyak yang khawatir kucing dapat menularkan penyakit seperti halnya penularan flu, alergi yang diakibatkan oleh bulu kucing, sampai dengan penyakit-penyakit lainnya yang dapat memungkinkan menulari  lingkungan. Hal ini menjadi salah satu penyebab cat pawrents yang pada akhirnya menaruh kucing peliharaan di dalam kandang. 


Ternyata mengurung kucing di dalam kandang dapat mengakibatkan pengaruh buruk, lho! Kucing yang berlama-lama ada di dalam kandang bisa mengalami perubahan kepribadian. Berikut pengaruh buruk menaruh kucing di dalam kandang dan solusi yang agar cat pawrents bisa menangani permasalahan ini. 


Alasan Cat Pawrents Mengurung Kucing di Kandang 



Kucing abu-abu berada di kandang dengan alas
Kucing yang sakit sebaiknya dikurung di kandang supaya tidak menularkan penyakitnya ke kucing lain (sumber: unsplash).

Ada alasan lainnya selain cat pawrents mengurung kucing di kandang yang berhubungan dengan masalah penularan kesehatan atau ulah kucing yang bisa merusak perabotan. Kucing dimasukkan ke dalam kandang karena beberapa alasan, diantaranya adalah: 

Rumah Sedang Dibersihkan 

Pernahkah cat pawrents menemukan kucing yang takut atau malah berulah ketika sedang proses membersihkan rumah? Ketika sedang menggunakan vacuum cleaner adalah salah satu dari beberapa hal yang menakutkan bagi kucing. Ada kucing yang jadi bersembunyi ketika vacuum cleaner dinyalakan, membuat kucing jadi panik sehingga berlarian kesana kemari. Alhasil kegiatan bersih-bersih rumah jadi nggak maksimal. 

Dengan menaruh kucing di kandang, proses bersih-bersih rumah dapat lebih lancar waktu pengerjaannya. Kucing pun bisa dengan nyaman dan tidak perlu lari bersembunyi ketika mesin vacuum cleaner sedang menyala. 


Mengeringkan Bulu Kucing Saat Grooming

Kucing Anda termasuk sensitif dengan urusan pengeringan bulu menggunakan hair dryer sesudah dimandikan? Jika iya, maka salah satu solusi agar cat pawrents tidak terluka saat kucing reog dan berontak ketika proses pengeringan ini yaitu dengan menaruhnya di dalam kandang. 

Menaruh kucing di dalam kandang sesaat sesudah mandi dapat mempersingkat proses pengeringan bulu. Hal ini juga membuat kucing diam di tempat dan tentunya tidak berontak. Pastinya keberadaan kandang adalah salah satu kebutuhan kucing yang bisa dipergunakan secara efisien atau menyesuaikan dengan keadaan.


Kucing Dibawa Saat Bepergian Jauh

Salah satu kegunaan tepat kandang adalah untuk menaruh kucing di masa-masa tertentu. Contohnya adalah ketika cat pawrents sedang bepergian atau travelling dengan mobil dan anabul dibawa bersama kita. Menaruhnya di kandang membuat kucing lebih rileks daripada berada di cat carrier atau tas kucing yang lebih sempit. 

Perlu diperhatikan juga hal-hal penting ketika membawa kucing bepergian dengan mobil bersama kita. Pastikan kebutuhan makan dan minumnya terpenuhi. Taruh litter box dengan pasir bersih di dalam kandang. Ketika anabul selesai berkemih, segera buang kotorannya. Tentunya cat pawrents tidak mau berkendara dalam kondisi mobil yang berbau tidak sedap.


Kucing Sedang Sakit

Kucing betina yang baru mengalami operasi pascasteril lebih baik diistirahatkan di kandang. Menaruhnya di kandang untuk membatasi pergerakan tubuh mereka sehingga luka pascaoperasi bisa sembuh lebih cepat. Selain itu, perubahan nafsu makan kucing juga dapat terlihat jelas jika mereka berada di kandang. Mangkuk yang kosong berarti nafsu makannya membaik.

Jika cat pawrents memiliki lebih dari satu kucing, ada baiknya Anda menyiapkan kandang sesuai dengan jumlah kucing. Kucing yang sakit dapat diisolasi di kandangnya sendiri dan menaruhnya di tempat terpisah. Mengisolasi kucing sakit di dalam kandang diperlukan agar penyakit tidak menular ke kucing lainnya yang sehat.


Beberapa Pengaruh Mengurung Kucing di Kandang

Apa kira-kira pengaruhnya jika kucing ditaruh lama di dalam kandang? Berada di dalam kandang terlalu lama dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan, misalnya masalah yang menyangkut aliran darah yang kurang lancar serta otot yang jadi kaku karena kucing sulit bergerak. Ada pengaruh lainnya mengenai mengurung kucing di kandang yang perlu diketahui cat pawrents. Apa saja itu? Berikut adalah ringkasannya.


Kucing Jadi Lebih Pasif

Ketika menaruh kucing berlama-lama di dalam kandang, memungkinkan adanya perubahan sikap dari kucing yang asalnya aktif menjadi lebih pasif. Sangat disayangkan apabila kucing peliharaan yang tadinya lincah dan aktif apalagi ramah dengan cat pawrents tiba-tiba menjadi pasif dan pendiam karena terus-menerus dikurung di dalam kandang yang sempit. 

Perubahan sikap kucing menjadi introvert ini dapat mengurangi kedekatan kucing dengan cat pawrents. Kucing yang “marah” akan menjauhi kita, bahkan bisa bersikap agresif karena tingkat stres yang diakibatkan pengurungan dirinya di dalam kandang yang sempit. Cat pawrents tentu tidak menginginkan anabul kesayangannya stres. Kucing yang stres bisa mempengaruhi kesehatan mereka. 

Apabila kucing kesayangan ramah dan menyenangkan untuk diajak bermain, mengurungnya di dalam kandang mungkin perlu untuk dipertimbangkan. Pastikan proses mengurung ini tidak terlalu sering dilakukan. Perubahan sikap dari kucing yang dikurung dapat menyebabkan hubungan kedekatannya dengan cat pawrents terganggu. 


Jam Tidur yang Berantakan

Mengurung kucing di kandang menyebabkan kucing jadi lebih suka tidur sehingga jam tidurnya malah berantakan. Bosan berada di dalam kandang, anabul tidak memiliki pilihan lainnya selain tidur. Siklus tidur kucing termasuk panjang durasinya. Namun kalau kucing mengalami jam tidur yang tidak teratur, akibatnya bisa berimbas pada masalah kesehatan kucing Anda. 

Pengaruh kesehatan kucing akibat jam tidurnya yang berantakan ada pada kesehatan mental mereka. Salah satunya adalah perubahan perilaku kucing yang menjadi defensif atau agresif. Selain itu kucing yang tidak ada ruang untuk bergerak bebas punya dampak pada kesehatannya, yaitu masalah pada saraf yang bisa membuat stimulan fisik kucing menurun.


Kucing Jadi Susah Diatur

Menaruh kucing di kandang secara berkepanjangan bisa membuat kucing jadi susah diatur. Ketika kucing lebih sering berada di dalam kandang dan kemudian dibebaskan berada di luar kandang, mereka mengalami perubahan sikap atas interaksi dengan cat pawrents. Ini terjadi karena kucing merasa tidak diperlakukan dengan baik. 

Pengaruh mengurung kucing di kandang membuat perubahan sikap kucing menjadi kucing yang tidak lagi penurut. Kucing yang marah dan stres cenderung menghindari manusia atau malah lebih agresif terhadap manusia daripada biasanya. Oleh karena itu menaruh anabul pada kandang dalam waktu lama tanpa adanya perhatian lebih dari cat pawrents bisa berpengaruh pada perilaku kucing yang tidak mudah menurut ketika diajak berinteraksi.


Kucing Kurang Nafsu Makan 

Bosan ketika ditaruh di dalam kandang dalam kurun waktu yang cukup panjang membuat kucing jadi nggak suka makan. Kucing terbiasa makan dengan teratur dan sesuai porsi itu dapat dipengaruhi ketika anabul merasa kehidupannya sedang makmur. Salah satu indikator kucing merasakan makmur dalam hidupnya adalah ketika mereka diperlakukan dengan baik. 

Mengurung kucing peliharaan di kandang dalam waktu lama termasuk ke dalam perilaku abusif terhadap hewan. Kucing adalah salah satu hewan sosial. Mereka butuh istirahat, makan dan minum cukup serta diajak bermain. Kucing yang kehilangan nafsu makannya dapat memicu masalah kesehatan serius.


Solusi Selain Mengurung Kucing di Kandang 

Apabila memang sedang dalam keadaan yang mendesak sehingga hanya ada pilihan untuk mengurung kucing di kandang, Anda perlu memikirkan solusi lainnya daripada menaruh kucing di dalam kandangnya. Adapun solusi yang bisa dilakukan selain menaruh anabul pada kandangnya ada pada poin-poin di bawah ini.


Menaruh Kucing di Ruangan Tertutup

Apabila pada rumah Anda terdapat ruangan tertutup yang bisa digunakan sementara untuk kucing berada di sana, sesungguhnya hal itu lebih baik daripada harus mengurung kucing di dalam kandang. Selain kucing nyaman berada di ruangan tertutup, mereka juga nggak akan mengalami perubahan sikap. 

Sediakan tempat makan dan minum di dalam ruangan tertutup, bantalan empuk tempat kucing biasa tidur di dalam ruangan, bahkan kotak pasirnya jika perlu menaruh kucing lebih lama di ruangan tersebut. Menyediakan keperluan kucing yang penting selama kita beraktivitas di ruangan lain dapat membuat kucing nyaman berada di sana.


Memberi Kenyamanan Pada Kandang 

Jika cat pawrents terpaksa harus mengurung kucing di kandang, maka berilah kenyamanan pada kandang tempat menaruh kucing. Apa yang bisa dilakukan untuk memberi kenyamanan pada kandang? Memberi alas di atas permukaan kandang berikut dengan selimut tebal, atau menyediakan bantalan tempat kucing tidur adalah cara yang baik agar kucing bisa nyaman di dalam kandang. 

Kucing yang merasa nyaman jadi tidak mudah bosan. Alas kandang yang kotor dan keras membuatnya risih dan sulit tidur. Kandang tanpa alas bisa membuat badan kucing pegal sehingga anabul merasa kurang nyaman berada di dalam terlalu lama.

 

Membebaskan Kucing di Area Pekarangan Rumah

Ada solusi lainnya yang bisa dilakukan cat pawrents ketika ingin mencari cara selain menaruh kucing di kandang yaitu dengan membebaskan kucing di area pekarangan rumah atau taman belakang rumah. Kucing yang diberi kebebasan pada dua area tersebut lebih baik daripada menaruhnya dalam kandang. 

Pastikan mengawasi kucing saat mereka berada di pekarangan rumah agar anabul tidak pergi menyelinap ke luar atau ke rumah tetangga. Cat pawrents bisa menanam semak yang rapat atau membangun pagar di sekeliling pekarangan. Anda juga bisa mengakalinya dengan berinteraksi dengan kucing di sana agar ia tidak keluar dari rumah. 


Ternyata mengurung kucing di kandang punya pengaruh buruknya juga ya! Cat pawrents perlu mengubah kebiasaan mengurung mereka di kandang. Selalu perhatikan kesehatan fisik dan mental, serta kenyamanan kucing juga ya cat lovers! 


Baca artikel menarik mengenai kucing lainnya disini.


185 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page