top of page
ismaniarsutardi

8 Ras Kucing Berbulu Panjang yang Menawan, Bikin Gemes!

Diperbarui: 7 Apr

Jika pengetahuanmu tentang kucing berbulu panjang sebatas kucing Persia, baca artikel berikut and you will be surprised. Ada kucing-kucing berbulu panjang lainnya yang punya beragam kepribadian dan menawan hati lho! Apa yang membuat kucing berbulu panjang begitu istimewa?


8 Jenis Kucing Bulu Panjang yang Menawan

Siapa yang tidak jatuh cinta dengan kucing lucu yang bulunya panjang. Kucing berbulu panjang banyak dicari karena lembut dibelai, elegan, dan pastinya punya penampilan yang menawan. Selain itu kepribadian kucing-kucing ini sangat baik, ramah ke manusia. Tertarik mengadopsi salah satunya? Yuk, kita bahas kucing-kucing ras berbulu panjang yang cantik ini!


1. Ragdoll


Ragdoll putih dengan wajah abu kecokelatan duduk, latar belakang blur berwarna cokelat terang.
Ragdoll adalah kucing dengan bulu panjang yang lebat dan bentuk mata seperti anak anjing (sumber: unsplash).

Si fluffy ini banyak dipelihara artis. Kucing Ragdoll amat cantik dengan bulu panjang dan matanya yang biru. Badan Ragdoll juga cukup besar dan panjang. Ragdoll dikenal sebagai puppy cat atau puppy-like karena kepribadiannya yang penuh kasih sayang seperti anak anjing dibandingkan kucing pada umumnya.

Memelihara Ragdoll cocok untuk cat pawrents yang menyukai ketenangan. Ragdoll senang berbaring. Selain itu kucing ini juga mudah untuk dilatih. Dengan rutin berlatih, Ragdoll mudah beradaptasi dengan kebiasaan yang mereka ketahui.


2. Persia


Kucing Persia putih duduk di atas kasur dengan bed cover putih, background bantal putih bordir cokelat.
Kucing Persia punya bulu panjang cantik dengan beragam warna iris mata, mulai dari biru, hijau, hingga emas (sumber: unsplash)

Cat lovers mana yang ga kenal ras kucing Persia. Kepribadiannya yang kalem membuat kucing bulu panjang ini banyak disukai. Bentuk wajah kucing Persia cenderung kecil dengan hidung yang terlihat pesek namun tetap membuat kucing Persia sangat menggemaskan. Badan kucing Persia tergolong kecil walaupun kelihatannya besar karena bulunya yang ngembang banget.

Untuk memelihara kucing ini di rumah, kebutuhan nutrisinya harus dijaga baik agar penampilannya tetap prima. Grooming rutin di rumah dengan menyisiri bulu di sepanjang badannya juga diperlukan supaya tidak mudah rontok atau menggumpal. Bersihkan juga bagian wajahnya supaya bebas dari tear stain, sebab kucing Persia cenderung punya "belek" di kelopak matanya.


3. American Bobtail


American Bobtail oranye sedang duduk santai di atas lantai kayu abu-abu dengan background blur.
Sesuai namanya, kucing bulu panjang yang ramah ini berasal dari Amerika (sumber: unsplash).

Kucing American Bobtail diidentifikasi dari ekornya yang pendek namun bulu badannya panjang. Panjang ekor mereka hanya sepertiga dari panjang ekor kucing biasa. American Bobtail amat penyayang, setia, dan enerjik untuk diajak bermain. Mereka adalah kucing yang cocok untuk menjadi anggota keluarga tambahan di rumah. Sifatnya yang friendly akan menjadi kesukaan anak-anak.

Memelihara kucing American Bobtail cukup simpel. Bulu perlu disisir rutin minimal dua kali seminggu agar tetap terlihat smooth dan sehat. Pastikan juga untuk membersihkan telinga mereka dan memotong kukunya. Selain itu, cat pawrents juga perlu menggosok giginya beberapa kali dalam seminggu.


4. Maine Coon


Maine Coon hitam-cokelat duduk dengan kedua kaki depan menjulur, bakcground dan alas berwarna putih.
Maine Coon adalah salah satu kucing bulu panjang yang badannya besar (sumber: unsplash).

Maine Coon adalah kucing berbulu panjang dengan tubuh yang besar. Tinggi badannya bisa mencapai 40 cm dengan panjang badan menyentuh 1 meter lho! Kucing bongsor ini berotot dengan bahu lebar dan kaki yang kuat. Maine Coon punya bulu panjang berkilau yang memendek di area sekitar bahu, membuatnya terlihat anggun dan majestic.

Meskipun tubuhnya besar, kepribadiannya ga serem. Kucing Maine Coon punya kepribadian lembut dan penyayang. Maine Coon tuh bisa berada di sekitar kita, dan ngikut ke mana aja dari satu ruangan ke ruangan yang lain. Se-clingy itu! Walaupun dia sangat sosial, Maine Coon bukan tipe kucing yang senang dipangku. Maine Coon yang penyabar akan cocok untuk bermain dengan anak-anak.


5. Birman


Kucing birman duduk dengan backgroung putih.
Kucing Birman terkenal dengan bulu panjang yang lebat dan mata birunya yang menawan (sumber: unsplash).

Dikenal dengan nama "The Sacred Cat of Burma", Birman adalah klan kucing yang sudah dikenal berabad-abad dengan bulu panjangnya yang cantik banget. Kucing Birman punya tubuh berukuran sedang dengan bulu lebat berwarna krim dan titik-titik yang gelap. Kakinya berlapis bulu putih. Mata kucing Birman berwarna biru.

Tampilannya yang glamor tidak menjadikannya rewel. Birman kucing yang ramah dan mudah dirawat. Kucing ini bisa dipelihara bersama kucing lainnya dalam apartemen yang kecil. Anyway Birman ga suka ditinggal sendirian. Jika cat pawrents ingin mengadopsi kucing Birman, pastikan ada anabul lainnya di rumah untuk menjadi temannya saat Anda pergi ke luar.


6. Norwegian Forest


Norwegian Forest betina duduk di luar ruangan.
Norwegian Forest adalah kucing bulu panjang dari Norwegia yang punya nama lain skogkatt.

Kucing Norwegian Forest punya bulu panjang cantik yang bakal membuat ia terlihat gede banget. Di negara asalnya Norwegia, ia dikenal dengan nama skogkatt. Badannya atletis dan berotot. Ekornya yang panjang dan lebat bikin dia makin terlihat besar. Kucing jantan Norwegian Forest punya bobot dan ukuran yang lebih besar dari betinanya.

Norwegian Forest punya perkembangan yang agak lambat. Anak-anak kucing Norwegian Forest butuh sekitar lima tahun untuk menjadi kucing dewasa sepenuhnya. Karena butuh waktu lama untuk menjadi dewasa, cat pawrents bisa menikmati masa kecil kucing lebih lama. Tingkah lucu anak kucing Norwegian Forest terlihat dari banyaknya waktu mereka bermain. Mereka suka melompat dan melakukan permainan berburu.


7. Siberia


Kucing Siberia cokelat-hitam berdiri di bangku bersalju.
Kucing SIberia adalah kucing bulu panjang yang tahan cuaca dingin (sumber: unsplash).

Seperti namanya, kucing Siberia berasal dari area Siberia di Rusia. Siberia terkenal dengan musim dinginnya yang panjang dan keras. Asal usul kucing tangguh ini tercermin dari bulu tiga lapis yang panjang dan tahan cuaca, serta tubuh yang kuat. Kucing Siberia amat manis dan doyan dipeluk. Mereka juga setia terhadap pemiliknya dan biasanya bisa berbaur dengan anak-anak atau hewan peliharaan lain di rumah.

Bulu kucing Siberia yang panjang dan tebal dapat muncul beberapa warna, yaitu putih polos, hitam, kemerahan, kebiruan, dan silver. Kerontokannya bisa dua kali setahun; di musim semi dan musim gugur. Bulu kucing Siberia ada di berbagai pola; smokey, bintik-bintik, calico, tabby, tortoiseshell, dan bicolor. Umumnya mata kucing Siberia berwarna keemasan, tembaga, biru, atau hijau.


8. Scottish Fold


Scottish fold abu-abu bermata kuning duduk menengadah dengan melihat ke atas, background berwarna putih.
Scottish Fold adalah kucing bulu panjang dengan kepala bulat yang lucu (sumber: unsplash)

Scottish Fold adalah salah satu kucing bulu panjang yang langka, dengan penampilan imut dan kepribadian yang manis. Dengan kepala bulat, telinga dilipat ke depan, dan mata besar, Scottish Fold akan menarik perhatian. Mereka adalah kucing berbulu panjang yang low maintenance. Paling suka ditemani, Scottish Fold akan menjadi fluffy friend yang pintar di rumah Anda.

Kalau burung hantu dan kucing bisa kawin silang, anaknya ini akan mirip mereka, si Scottish Fold. Kepalanya bulat dengan leher yang pendek, membuat Scottish Fold gemesin banget. Bulunya tergolong medium hingga panjang. Mereka ada berbagai warna; yaitu putih, hitam, cream, dan kemerahan. Nama kucing ini diambil dari tampilan kupingnya yang selalu terlipat atau fold.


Yuk, baca artikel menarik lainnya seputar kucing, di sini.

8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page