top of page
ismaniarsutardi

Serba - Serbi Seputar Kehamilan dan Persalinan Kucing

Masa birahi atau heat cycle pada kucing menandakan kucing tersebut siap untuk kawin. Setelah masa kawin, kucing betina akan hamil dan perawatannya bisa sangat merepotkan. Tentunya kita sebagai cat owner ingin melakukan yang terbaik dalam merawat kucing yang hamil dan mempersiapkan kelahirannya. Informasi berikut kami sajikan sebagai bantuan terkait kehamilan dan kelahiran kucing yang aman serta membuat pengalaman kamu sebagai cat owner lebih menyenangkan.


Heat cycle (birahi) pada kucing betina

A pregnant Bengal cat sat on a wood bench, stared at something
Kucing mengalami siklus birahi beberapa kali dalam satu tahun (sumber gambar: unsplash.com)

Berapa lama sih kucing betina mengalami masa birahinya? Kucing adalah makhluk poliestrus. Binatang poliestrus memiliki beberapa kali siklus birahi dalam satu tahun. Heat cycle atau estrus dapat terjadi beberapa kali dalam setahun. Siklus ini biasanya berlangsung selama beberapa hari. Jika bukan dalam breeding, kucing betina akan birahi lagi setelah 1-3 minggu.


Musim kawin pada kucing bervariasi bergantung pada faktor geografis dan lingkungannya. Faktor suhu dan paparan matahari menjadi penentu. Kucing yang besar di lingkungan tropis atau yang sebagian besar aktivitasnya berada di dalam rumah akan mengalami siklus kawin beberapa kali setiap tahun. Pada daerah belahan bumi bagian utara, siklus kawin kucing betina cukup spesifik, yakni di bulan Januari atau Februari hingga akhir musim gugur.


Tanda - tanda kucing betina sedang birahi

Tanda kucing betina yang sedang birahi atau mengalami heat cycle adalah perubahan perilakunya. Kucing betina yang birahi akan sangat demanding dan penyayang. Mereka akan menggesekkan badannya ke arahmu atau ke furnitur terus - menerus. Kucing juga akan berguling di lantai dan sangat suka dibelai. Mereka akan mengangkat bagian belakang badannya ke atas jika dibelai di sepanjang tulang punggungnya. Tanda birahi yang sangat jelas adalah suaranya yang sangat keras dan bisa mengeong sepanjang hari.

Jika pemilik kucing tidak tahu dengan siklus ini, mereka akan menganggap kucingnya menyebalkan. Kucing betina yang sedang etrus akan mencari kucing jantan. Jika kamu memiliki kucing betina, persiapkan kucing jantan sebagai pasangannya. Kamu juga bisa memilih mengadopsi sepasang kucing yang bukan saudara kandung untuk mempersiapkan keturunan kucingmu.


Periode kehamilan kucing

Masa kehamilan kucing berkisar antara 64 hingga 71 hari. Tanggal kawin kucing perlu diingat untuk mengetahui kapan kucing betina akan melahirkan. Jika kamu lupa masa kawinnya, kamu bisa membawa kucingmu ke dokter hewan untuk diperiksa dan untuk mengetahui prediksi kapan kucingmu melahirkan.

Kucing yang sedang hamil akan makan lebih banyak dari biasanya. Porsi makan mungkin akan naik sampai 50% dari yang biasa diberikan. Saat dalam masa menyusui, porsi makannya akan naik dua kali lipat. Kamu perlu mempersiapkan jumlah pemberian makan per hari supaya kucingmu bisa memenuhi kebutuhan menyusui untuk anaknya. Jaga kondisi kesehatannya supaya kucingmu tidak mengalami keguguran.


Tanda - tanda kucing mau melahirkan

Saat akan melahirkan, kucing akan terengah - engah dan terlihat gugup. Ia juga akan berhenti makan pada hari persalinannya. Air susu akan muncul di satu hingga dua hari sebelum menjelang persalinannya. Banyak kucing yang suka menyendiri saat masa persalinan.


4 kittens after being born
Proses grooming setelah bayi kucing lahir penting untuk stimulasi pernafasan (sumber gambar: unsplash.com)

Kucing yang memiliki kepala bulat dan besar cenderung akan melahirkan anaknya lebih lama. Proses persalinan kucing Persia dan Himalaya akan lebih lama daripada kucing domestik. Jarak persalinan bisa sampai satu jam untuk setiap anak yang dilahirkan. Jika persalinan kucing tidak bisa dilanjutkan selama beberapa jam setelah anak pertama lahir, kamu membutuhkan bantuan dokter hewan. Jangan menundanya.

Setiap anak kucing yang lahir akan tertutup jaringan plasenta. Induk kucing akan merobek plasenta dan menjilat bagian mulut dan hidung anaknya. Proses grooming ini penting sebagai stimulasi. Jilatan induknya akan membersihkan sisa jaringan plasenta yang menempel pada bayi kucing agar bayi kucing bersih dan dapat bernafas. Setelah persalinan sisa plasenta akan dikeluarkan dari dalam tubuh kucing dan ia akan memakannya.


Yang harus dilakukan ketika kucing selesai melahirkan

Ketika kucing selesai melahirkan, pastikan kotaknya bersih dan hangat. Segala bentuk cairan basah yang tersisa pada alas harus segera dibuang. Beri alas kotak dengan kain yang bersih. Pastikan induk kucing langsung merawat bayinya segera. Perhatikan kesehatan induknya. Apabila ada pendarahan pada kucingmu beberapa hari setelah proses persalinanya, segera bawa ke dokter hewan ya!

Ganti makanan kucing setelah dia sudah melahirkan. Banyak merk makanan kucing yang menyediakan produk khusus untuk kucing menyusui. Bayi kucing yang sudah bisa makan sendiri dapat diberikan makanan khusus untuk anak kucing. Makanan khusus untuk anak kucing memiliki nutrisi khusus yang cukup memenuhi perkembangan tubuhnya.

Anak kucing yang lahir mungkin akan terlihat sangat kecil, kurus, dan lahir dengan sedikit atau tanpa bulu. Meskipun mereka akan bertahan hidup, sebagian besar bayi kucing yang lahir prematur akan mati. Jika kamu berusaha untuk menyelamatkannya, dokter hewan akan memberi instruksi spesifik untuk merawat bayi kucing yang lahir prematur.


Apa yang terjadi jika kucingku sulit melahirkan anaknya?

Pada umumnya kucing dapat melahirkan tanpa bantuan manusia. Namun ada beberapa kasus kucing betina yang mengalami kesulitan sehingga kita membutuhkan bantuan profesional dari dokter hewan. Bantuan dari dokter hewan dibutuhkan jika terjadi hal - hal berikut.

  • Kucing mengalami persalinan selama satu jam lebih tanpa satupun bayi kucing yang lahir.

  • Gelembung berisi cairan terlihat di lubang vagina.

  • Ibu kucing terlihat sangat lesu atau depresi.

  • Ada darah segar keluar.

  • Kucing mengalami demam.


8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page