top of page
ismaniarsutardi

Tanaman di Rumah yang Aman untuk Kucing (Part 1)

Ada kucing di rumah itu penting bagi cat pawrents untuk mastiin segala benda-benda termasuk tanaman, aman untuk mereka. Karena rasa penasaran, kucing suka banget ngunyah benda-benda, termasuk tanaman. Ada tanaman yang sebaiknya dijauhkan dari kucing, tapi ada juga lho tanaman yang menambah rasa betah di rumah, sekaligus aman jika dikunyah kucing. Apa aja sih? Yuk, kita bahas!


Jenis Tanaman yang Aman untuk Kucing

Tinggal bareng hewan peliharaan terutama kucing itu seru. Namun cat pawrents harus berhati-hati kalau punya tanaman di dalam rumah atau di pekarangan. Ada yang berbahaya bagi kesehatan kucing karena sifatnya beracun! Jangan khawatir, cek jenis tanaman berikut ini yang membuat rumah segar dan tentunya aman untuk kucing-kucing.


1. Pakis Boston atau Boston Ferns

Pakis Boston dalam pot hitam di atas meja kayu, background tembok bata putih
Pakis Boston adalah salah satu tanaman hias yang aman untuk kucing, daunnya yang lebat bikin kucing penasaran (sumber: unsplash)

Pakis Boston (Nephrolepis) ini tanaman hias yang cantik, klasik, dan banyak populer di antara pecinta tanaman hias. Nah, cat pawrents bisa melihat bentuk daunnya yang lebat ini bakal menggoda anabul untuk ngunyah. Tapi tenang aja, ga bahaya kok buat kucing dan anjing. Cocok banget nih buat ditaro di ruang tamu atau kamar mandi biar makin cakep.


Pakis Boston butuh pencahayaan yang teduh namun cukup terang. Sirami Pakis Boston dengan air sedikit-sedikit aja seminggu sekali. Butuh tipe tanah yang lembab dan subur agar bisa tumbuh dengan baik.


2. Violet Afrika

Bunga Violet Afrika di pot ungu, background putih.
Violet Afrika adalah tanaman yang aman dipelihara jika tinggal bersama kucing di rumah (sumber: unsplash)

Violet Afrika bentuknya mungil dan termasuk yang hits nih karena bunganya cantik dan aman buat hewan peliharaan. Asyiknya lagi, Violet Afrka bisa tumbuh subur walaupun cahaya remang-remang, suhu ruangan biasa, dan lembap dikit.


Sama seperti Pakis Boston, Violet Afrika butuh tipe pencahayaan yang teduh dengan cukup sinar matahari.

Siram bagian bawahnya saja dan jangan sampe terendam air ya! Violet Afrika tumbuh subur di tanah yang lembab dan cenderung asam.


3. Baby Tears

Lucu kan namanya? Baby Tears tumbuh merayap mirip permadani, cocok banget ditanam di terrarium, pot gantung mini, atau jadi tanaman tambahan di antara pohon hias di rumah. Bonusnya, si Baby Tears ini bisa ngehalangin anabul yang suka gali-gali tanah tanaman!


Baby Tears butuh pencahayaan yang teduh dan sedikit remang-remang. Jaga agar selalu lembab. Tanah yang dibutuhkan adalah yang subur, lembab, dan cenderung asam.


4. Pilea atau Chinese Money

Pohon Pilea dalam pot coklat dan putih di atas meja batu
Pilea aman ditanam di rumah jika ada kucing atau anjing. Tumbuhan ini juga mudah dirawat (sumber: unsplash)

Ini dia tanaman hias yang gampang dirawat! Daunnya bulat, tebal, dan warna hijaunya indah dipandang mata. Walaupun termasuk keluarga jelatang (Urticaceae), Pilea ini aman ditanam jika di rumah ada kucing dan anjing. Idealnya sih, taro di tempat yang terkena cahaya matahari tidak langsung. Namun jika pencahayaannya remang-remang, Pilea masih bisa hidup kok!


Biarkan tanaman Pilea tumbuh dengan sedikit air, alias jangan terlalu sering disiram. Tunggu tanahnya kering dulu baru nanti disiram lagi. Tanda-tanda kalo kelupaan menyiram, daunnya yang biasanya segar mulai kelihatan lemes.


5. Pohon Pisang

2 pohon pisang berjejer dengan latar putih
Pohon pisang, selain aman daunnya juga seluruh bagian tumbuhan ini (sumber: unsplash).

Ga nyangka ya pohon pisang ternyata aman untuk kucing! Pohon pisang bisa tumbuh sampe 2 meter atau lebih, tapi ada juga yang mini, tingginya cuma 1-2 meter. Batangnya tunggal terus bercabang ke daun-daun lebar yang panjang.


Pohon pisang butuh perawatan khusus biar bisa tumbuh subur. Penting banget menggunakan tanah yang subur, cahaya matahari yang banyak, dan disiram secara teratur.


6. Echeveria

Tanaman Echeveria berbagai jenis dalam pot kecil warna putih.
Echeveria yang jadi salah satu succulent cukup aman dimiliki jika tinggal bareng kucing atau anjing (sumber: unsplash)

Echeveria itu jenis succulent yang aman dimiliki kalau tinggal bareng anjing atau kucing. Kelopaknya plumpy, dengan warna hijau-perak, biru kehijauan, bahkan ada yang keunguan. Seperti tanaman succulent pada umumnya, Echeveria nggak perlu banyak perawatan ribet. Cat pawrents cuma butuh menaruhnya di area yang kena sinar matahari langsung, selama 4-6 jam aja.


Perawatan Echeveria juga gampang lho! Beri air jika tanahnya sudah kering dan jika daunnya mengerut. Thats it! Tanaman ini bisa mati kalau kebanyakan air.


7. Bunga Gloxinia

Gloxinia merah dengan daun hijau, latar belakang putih
Gloxinia punya warna kelopak merah yang menarik. Tanaman ini aman untuk kucing (sumber: unsplash).

Bunga Gloxinia tumbuh dengan cantik, warnanya merah dengan ujung kelopaknya putih. Tanaman ini tumbuh dalam bayang-bayang, alias nggak butuh sinar matahari langsung. Kalau cat pawrents lagi nyari tanaman berbunga, Gloxinia cocok jadi pilihan karena tanaman ini juga akan kalo kelopaknya dikunyah anabul.


Bunga Gloxinia butuh disiram berkala. Tanahnya harus selalu lembab dan subur. Selain warna merah, bunga Gloxinia ada yang ungu, biru, lavender, bahkan warna pink.


8. Spider Plant

Spider Plant dalam pot putih, latar belakang putih.
Spider Plant punya daun panjang menjuntai yang disukai hewan. Tanaman ini aman untuk kucing (sumber: unsplash).

Si tanaman laba-laba ini cocok disimpan menggantung atau di tempat tinggi karena daunnya menjuntai cantik banget. Hal ini pastinya bikin penasaran anabul. Namun nggak usah khawatir, daun Spider Plant aman dikunyah-kunyah kucing.


Tanaman Spider Plant sangat fleksibel di berbagai kondisi cahaya, kelembaban tanah, bahkan pengaturan penyiramannya. Tinggal cari tanah yang subur, sisanya ya disirami aja dengan rutin. Cahaya matahari yang ideal untuk Spider Plant tuh yang agak remang, sehingga kalau kebanyakan sinar matahari malah bisa bikin gosong daunnya. 


Kebalikannya, kalau gelap terus malah pertumbuhannya bisa terhambat. Oh iya, sambil tumbuh, tanaman ini ngeluarin tunas-tunas kecil yang menggantung kayak laba-laba, makanya disebut tanaman laba-laba!


9. Venus Flytrap

Venus Flytrap dalam pot-pot biru.
Venus Flytrap yang merupakan penjebak lalat, ternyata aman untku kucing lho! (sumber: unsplash)

Kalau cat pawrents suka tumbuhan yang agak uniknya, Venus Flytrap cocok jadi pilihan. Nah, tanaman pemakan serangga ini bisa jadi koleksi tanaman hias. Namun, kalau kucing usil kepengen main sama jebakannya pas lagi nutup, Venus Flytrap tetap aman kok buat kucing dan anjing. Jadi gak perlu panik ke dokter hewan kalo mereka cuma gigit sedikit karena rasa penasaran.


Biar tanaman penjebak lalat ini tetap bisa maen jebakannya dan tentunya aman buat hewan peliharaan, dia butuh cahaya matahari yang terang dan penyiraman dengan air suling. Venus Flytrap juga butuh tanah berpasir.


10. Palem Kuning

Deretan palem kuning dalam pot putih, latar belakang jendela bertirai putih.
Palem kuning bikin seger di mata, dan pastinya aman jika kucing ngunyah daunnya (sumber: unsplash)

Palem kuning atau palem kupu-kupu ini bikin suasana rumah jadi kayak liburan ke daerah tropis deh! Daunnya kadang menggoda kucing buat main pukul atau gigitin. Namun tenang aja, palem kupu-kupu ini aman buat kucing dan anjing!


Si palem indoor ini butuh cahaya matahari yang terang. Gunakan pot yang lubangnya bagus ya, biar air ngga nempel di akar. Palem kuning nggak butuh disiram sering-sering. Biarkan tanahnya agak kering dulu baru disiram lagi.  Oh iya, tanaman ini sensitif bahan fluoride di air, jadi akan lebih baik disiram dengan air suling atau air hujan yang ditampung.


Punya tanaman emang bikin rumah segar dan pastinya indah dipandang. Tanaman-tanaman yang disebut di atas tergolong aman jika kucing di rumah penasaran dan ingin mencium atau ngunyah dedaunannya. Punya kucing emang kudu memastikan segala sesuatunya aman bagi mereka, termasuk memelihara tumbuhan di dalam rumah aau di pekarangan.


Yuk, baca artikel menarik lainnya, di sini.

5 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page