top of page
ismaniarsutardi

Tips Adopsi Kucing dari Cattery. Pilih yang Benar!

Diperbarui: 7 Apr

Punya wacana untuk ngemong kucing sebagai peliharaan di rumah, namun masih bingung bagaimana caranya? Salah satunya yang bisa dilakukan adalah dengan adopsi kucing dari cattery. Apa sih cattery itu? Pasti banyak diantaranya yang masih belum paham mengenai cattery

Jadi, cattery adalah sebuah bisnis atau usaha dalam mengembangbiakkan suatu ras atau keturunan kucing. Para cattery biasa menerima penjualan dan pembelian kucing selain juga melakukan pembiakan kucing sehingga memungkinkan untuk menjadi tempat yang tepat untuk mengadopsi kucing dengan memilih salah satu diantara berbagai pilihan.

Kebingungan dengan cara untuk memilih kucing pada cattery untuk diadopsi? Jangan lagi bingung, karena pada artikel ini dibahas cara untuk mengadopsi kucing pada cattery begitu pun mengenai kriteria memilih cattery yang benar untuk Anda yang ingin memelihara kucing ras. 


Tips Mengadopsi Kucing dari Cattery 

Kucing Bengal jantan dewasa duduk santai di area outdoor
Wilakusuma Cattery menawarkan kucing ras Bengal yang sehat (sumber: Wilakusuma)

Mempertimbangkan tempat yang aman untuk mengadopsi kucing, di cattery ditawarkan berbagai pilihan kucing untuk diadopsi, khususnya kucing ras. Di cattery Anda akan direkomendasi kucing yang sesuai dengan keinginan berikut kondisi kucingnya yang prima. Hal ini merupakan langkah yang baik karena pemilik cattery lebih mengetahui kondisi kucing yang dipilih saat hendak diadopsi. Berikut tips yang bisa diikuti ketika cat pawrent memutuskan ingin memelihara kucing ras dari cattery.


Minta Rekomendasi Kucing yang Sesuai Berdasarkan Kriteria Pemilihan

Ketika akan mengadopsi kucing, beberapa dari cat pawrents mungkin kebingungan dan menemukan kendala untuk mengetahui jenis kucing mana yang ingin dibawa pulang. Namun ada juga cat pawrents yang sudah mantap menentukan pilihan di antara berbagai jenis kucing ras atau kucing mix. Meminta rekomendasi merupakan hal yang patut untuk ditanyakan ke pemilik cattery.

Jangan lupa untuk memberikan kriteria lengkap mengenai kucing yang ingin Anda adopsi ke pemilik cattery. Beberapa kriteria yang harus anda pertimbangkan selain jenis kucing adalah ketentuan sudah steril atau tidak, umur kucing, jenis kelamin, dan kelengkapan vaksin kucing. Cat pawrents perlu meminta foto lengkap atau rekaman video dari daftar kucing yang sudah direkomendasikan oleh pemilik cattery sebelum Anda pergi untuk meninjau dan mengadopsi kucing pilihan. 


Kunjungi Cattery untuk Melakukan Peninjauan Kucing

Setelah meminta rekomendasi kucing ke cattery dan sudah menentukan beberapa pilihan kucing yang ingin diadopsi, sebaiknya Anda juga pergi mengunjungi cattery untuk melakukan peninjauan langsung terhadap kucing pilihan Anda. Atur janji dengan pemilik cattery untuk mengadakan kunjungan dan meminta mereka untuk menyiapkan beberapa pilihan kucing pilihan Anda sebelum pada akhirnya mengadopsi mereka. 

Tujuan berkunjung ke cattery adalah untuk melihat keadaan langsung kucing yang akan Anda bawa pulang. Melakukan peninjauan ke cattery dilakukan agar cat pawrents bisa mengenal kucing yang akan diadopsi, melihat tingkah laku kucing secara langsung, dan mencoba membuat interaksi pertama dengan kucing. Dengan begitu Anda dapat memilih adopsi kucing yang tepat sesuai kriteria.


Ketahui Kondisi Kesehatan Kucing

Merasa cocok dan dekat dengan kucing saat meninjau langsung ke cattery bukan merupakan hal yang utama dalam mengadopsi kucing. Kondisi kesehatan kucing adalah hal penting sebelum cat pawrents membawa mereka ke rumah. Cat pawrents pastinya ingin mengadopsi kucing yang sehat sehingga tidak menemukan kendala di masa yang akan datang.

Kucing yang sakit tentu akan menimbulkan masalah finansial di kemudian hari karena memerlukan perawatan ke dokter hewan. Oleh karena itu pastikan untuk menanyakan kondisi kesehatan kucing ke pemilik cattery. Ada kalanya cat pawrents justru ingin mengadopsi kucing dengan masalah kesehatan tertentu. 

Kucing-kucing yang sakit ini jarang bisa mendapatkan adopter yang baik untuk mengatasi masalah kesehatan mereka. Jika Anda salah satunya, pastikan cat pawrents sudah berkomitmen dengan menyiapkan budget khusus untuk perawatan kucing ke dokter hewan, serta perhatian dan kasih sayang yang besar untuk kucing-kucing sakit ini. 

Selain mengenai masalah kesehatan kucing, ada hal yang tidak kalah penting yaitu kelengkapan vaksin kucing. Pastikan agar kucing yang akan diadopsi sudah memenuhi syarat vaksin lengkap dengan tipe jenis Core Vaccine atau vaksin inti yang terdiri dari FPL, FHV-1 (Herpes tingkat 1), FCL, dan vaksin rabies. Kucing yang sudah divaksin cenderung lebih sehat dan kebal terhadap virus. Hal ini penting terutama jika Anda sudah memiliki anabul lain di rumah.


Tanyakan Kebiasaan Kucing dan Jenis Makanannya

Ketika akan mengadopsi kucing tanyakan kepada pemilik cattery mengenai kebiasaan makan kucing sehari-hari. Kebiasaan makan kucing melibatkan pilihan makanan antara dry food atau wet food, merk makanan kucing, berikut cemilan kesukaannya. Mengetahui jenis makanan kesukaan kucing akan memberikan gambaran lebih mengenai pengeluaran bulanan ketika adopsi kucing tertentu. 

Cat pawrents juga bisa mengetahui kebiasaan siklus tidur kucing yang diadopsi dengan menyesuaikan kebiasaan Anda di rumah. Apakah Anda cenderung memilih kucing yang aktif dan senang diajak bermain atau kucing yang lebih santai. Penyesuaian gaya hidup di rumah dan kondisi finansial bisa turut menjadi pertimbangan yang baik sebelum mengadopsi kucing.

Jika ada anak-anak di rumah, kucing yang penyayang dan santai mungkin lebih disukai. Ruangan yang luas, memiliki area panjat seperti pohon atau cat tree, serta area outdoor akan cocok menjadi tempat tinggal kucing-kucing aktif, seperti ras Bengal yang membutuhkan ruang untuk menyalurkan energi mereka. 


Kriteria Cattery untuk Proses Adopsi 

Ketika akan mengadopsi kucing lewat cattery pastinya cat pawrents ingin memilih tempat yang sesuai dengan keinginan Anda. Salah satu kriteria cattery yang tepat untuk menjadi tempat memilih pengadopsian kucing adalah yang memang sudah memiliki ulasan yang baik oleh cat lovers. Namun ada kriteria lainnya agar bisa memilih cattery untuk adopsi kucing impian Anda. 

Cattery yang Punya Lisensi

Memilih cattery jangan asal dan terburu-buru hanya karena cattery itu terkenal. Pilihlah cattery yang sudah memiliki lisensi. Ada beberapa lisensi yang harus dimiliki oleh cattery yaitu ICA atau Indonesia Cat Association. Beberapa orang yang ingin menjalankan bisnis cattery biasanya harus melalui tahap seleksi dan memenuhi beberapa syarat yang diajukan oleh ICA. Bagi yang sudah memenuhi syarat dari ICA maka bisa dipercaya. 

Cattery yang sudah memenuhi kriteria lisensi internasional juga adalah pilihan yang lebih baik. Lisensi internasional ini adalah CFA atau Cat Fanciers Organization. Biasanya cattery yang punya lisensi CFA mendapat beberapa keuntungan, diantaranya adalah kucing-kucingnya bisa diikutkan dalam show dan pembinaan anggota CFA di Indonesia melalui beberapa kursus, forum diskusi, serta workshop


Cattery yang Memiliki Website

Jika masih meragukan keberadaan tempat cattery sesuai dengan kriteria atau tidak, Anda bisa meninjau cattery tersebut melalui kelengkapan media online-nya, seperti website dan media sosial. Cattery yang dilengkapi dengan media seperti website dan media sosial akan memudahkan cat pawrents untuk meninjau kredibilitas cattery dari ulasan pengguna dan keaktifan cattery di show-show kucing yang diadakan. 

Tidak menutup kemungkinan, website cattery akan memberikan informasi seperti fitur-fitur lengkap di website-nya sehingga cat pawrents bisa mengetahui informasi penting yang ingin diketahui dari sana. Informasi ini dapat berupa foto dan video, karakter kucing, biaya, dan informasi tambahan seperti blog yang menampilkan artikel-artikel seputar kucing.

  

Keberadaan Cattery Jelas dan Sesuai dengan Kriteria Kualitas 

Mungkin banyak cattery yang Anda temukan pada media sosial yang ternyata belum memenuhi persyaratan namun memberikan harga adopsi kucing yang jauh lebih murah. Ada baiknya cat pawrents perlu meninjau ulang dengan mencari cattery yang jelas kualitasnya dengan cara mendatangi tempat mereka apabila cattery tersebut belum memiliki lisensi. 

Dengan melakukan peninjauan langsung ke tempat cattery, cat pawrents bisa mengetahui kriteria kualitas dengan menilai kelayakan tempat dari kondisi kandang, makanan, serta keaktifan kucing. Kriteria kelayakan yang bisa ditinjau cat pawrents adalah kondisi area tinggal kucing, jumlah kucing yang ada di cattery, dan cara cattery dalam memelihara lingkungan kucing dan tempat tinggal kucing. 



Ingin untuk punya kucing ras sebagai hewan peliharaan di rumah, adopsi kucing dari cattery bisa dijadikan pilihan. Perhatikan tips adopsi kucing dari cattery yang bisa dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti yang sudah dibahas pada artikel ini. Anda bisa mencoba mengadopsi kucing dengan mementingkan informasi yang ada. Selamat mengadopsi kucing!


Wilakusuma Cattery memiliki kucing Bengal yang dipelihara dengan baik dan memenuhi standar ICA. Bagi cat pawrents yang tertarik mengadopsi Bengal, Anda bisa menghubungi kami di sini


Baca artikel menarik seputar kucing lainnya di sini.


8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

留言


bottom of page