top of page
ismaniarsutardi

Tips Memelihara Kucing Bersama Anak - Anak

Siapa disini yang ingin memelihara kucing namun khawatir tidak berhasil karena di rumah ada anak - anak? Kucing merupakan anggota keluarga tambahan yang cocok untuk setiap keluarga. Memiliki kucing juga berarti mengajarkan anak - anak untuk mengembangkan rasa empati, kasih sayang, sekaligus melatih sikap tanggung jawab. Di artikel ini kami akan sharing pengalaman bagaimana caranya memelihara kucing jika ada anak - anak di dalam rumah.


Manfaat mengadopsi kucing untuk anak - anak

Tumbuh besar bersama hewan peliharaan adalah pengalaman yang bermanfaat. Ada banyak anak - anak yang berbicara dengan hewan peliharaannya ketika mereka masih kecil. Anak - anak mengobrol dengan hewan peliharaannya karena hewan tidak akan menghakimi. Hewan tidak bisa berbicara, dan hal itu membuat anak - anak akan merasa didengarkan. Berikut manfaat yang kamu bisa dapatkan jika mengadopsi kucing bagi anak - anak di rumah.


A kitten with a little girl played together
Memelihara kucing mempunya manfaat baik untuk anak, salah satunya adalah mengajarkan tanggung jawab (sumber gambar: unsplash.com)

1. Mengajarkan tanggung jawab

Hasil yang diperoleh dari tugas merawat hewan peliharaan akan terasa langsung oleh anak - anak. Perawatan yang dilakukan memungkinkan anak - anak untuk bertanggung jawab terhadap upaya yang dilakukannya dan pengaruhnya terhadap orang lain. Anak - anak akan mendapatkan pengalaman penting dari mempertahankan kebiasaan dari berpartisipasi terhadap perawatan hewan. Kebiasaan tersebut adalah cara grooming, membersihkan litter box, dan memberi makan sesuai jadwal. Kucing akan mengajarkan kesabaran karena sifat kucing yang mudah gelisah di sekitar anak - anak yang cenderung aktif. Anak akan belajar kapan waktunya bermain dan kapan membiarkan kucing sendirian.


2. Membangun rasa persaudaraan

Anak - anak akan membangun rasa empati dan persaudaraan melalui kesadaran akan pemenuhan kebutuhan hewan peliharaannya. Berinteraksi dengan kucing juga mengajarkan anak - anak cara bersikap lembut terhadap hewan kecil yang tidak berdaya. Dengan mempelajari cara bermain dan berbagi kenyamanan dengan kucing, anak akan mengembangkan keterampilan sosialnya. Hal ini membantu anak - anak untuk berinteraksi dengan orang lain dan membangun rasa persaudaraan di sepanjang hidup mereka.


3. Membangun kesehatan mental

Kucing memberikan dukungan emosional yang baik kepada anak - anak. Sebagai pendamping dan sahabat, kucing akan memberikan kenyamanan jika anak - anak merasa kesepian atau sedih. Sebaliknya, anak - anak akan belajar mengendalikan emosi mereka untuk tidak meledak - ledak. Letupan emosi yang tiba - tiba akan menimbulkan reaksi gangguan terhadap kucing peliharaan sehingga anak - anak akan mengatur dan mengendalikan perilakunya.


Cara menempatkan kucing dengan anak - anak di rumah

Penempatan kucing pertama kali di dalam rumah sangat penting bagi anak dan bagi kucingnya sendiri. Karena kesan pertamanya perlu diperhitungkan, hal - hal berikut akan kucing peliharaan hidup nyaman dengan anak - anak di rumah.

  • Bawa sesuatu yang familiar seperti tempat tidur atau selimutnya, karena aroma yang familiar akan membantu kucing merasa lebih nyaman

  • Buat tempat perlindungan bagi kucing di rumah, seperti kotak kardus atau tempat - tempat tinggi yang mudah didaki di dalam ruangan tertutup--terpisah dari area jangkauan anak - anak

  • Bagikan aroma milikmu dengan menaruh sepotong baju atau selimut yang biasa kamu pakai supaya kucing terbiasa dengan bau orang - orang di sekitarnya

  • Beri kucing waktu untuk beradaptasi dengan ruangan barunya terlebih dahulu sebelum bertemu dengan anggota keluarga yang lain, terutama anak - anak

Jika kucing merasa stres saat kamu membawanya pertama kali ke dalam rumah, itu adalah hal yang wajar. Menolak berinteraksi, makan lebih sedikit, dan sering menggaruk atau spraying adalah tanda - tanda stres. Kucing membutuhkan waktu untuk beradaptasi di lingkungan yang baru dan waktu tersebut berbeda - beda untuk setiap kucing.

13 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page