top of page
ismaniarsutardi

Tips Mencegah Kucing Anxiety Saat Travelling

Ingin mengajak kucing bepergian tapi takut malah drama di tempat kejadian kalau-kalau terjadi hal yang merepotkan? Lantas dari keraguan mengajak kucing bepergian, ada lho cara yang membuat kucing bisa anteng dan nggak stress saat diajak pergi ke suatu tempat.

Kucing ada kalanya mengalami anxiety atau kecemasan ketika baru pertama kalinya bepergian. Tidak menutup kemungkinan mencegah kecemasan kucing saat travelling karena pengaruh berubahnya suasana dan kondisi di sekitar ketika berada di alam bebas dan hiruk pikuk kondisi yang tidak biasa, adalah konsernitas setiap cat pawrents.

Begitu juga ketika naik kendaraan, kucing bisa stress karena nggak biasa dengan feel mereka saat sedang berada di mobil maupun motor. Berikut tips agar kucing kita bisa santai dan rileks saat bepergian.


Beberapa Tips Anti-Anxiety Kucing Saat Bepergian

Punya keinginan untuk membawa kucing pergi keluar rumah, pastikan cat pawrents agar menyiapkan baik-baik keperluan anabul. Lalu apa saja tips untuk mencegah kecemasan kucing muncul saat travelling? Simak beberapa poin di bawah ini supaya kucing merasa nyaman dan menikmati waktunya dengan cat pawrents untuk pergi jalan-jalan.


Ajak Kucing Diskusi Sebelum Diajak Pergi

Proses komunikasi kucing dengan para cat pawrents adalah hal yang lumrah. Oleh karena itu, cat pawrents yang paham kebutuhan mereka akan sering mengajak komunikasi kucing setiap saat terutama ketika mengajak mereka untuk bepergian atau jalan-jalan.

Kucing yang memiliki kontak batin dengan cat pawrents-nya akan mudah untuk diajak komunikasi. Setiap ketika melakukan aktivitas yang berhubungan dengan kucing, komunikasi adalah salah satu hal penting.

Pastikan cat pawrents bisa mengajak kucing untuk menangkap maksud dari setiap percakapan komunikasi yang terjadi. Biasakan dengan memberikan isyarat berupa ajakan pergi keluar, misalnya dengan menyiapkan perlengkapan bepergian di dekat kucing dan melihat reaksi mereka.

Apabila kucing mengamati cat pawrents apalagi sampai mengeong, beralihlah dengan mengajak kucing diskusi. Katakan ke anabul jika ingin berpergian, lalu coba gendong kucing dengan menawarkan untuk memakai perlengkapan pergi. Jika tidak ada reaksi memberontak berarti itu tanda lampu hijau dari kucing.


Siapkan Perlengkapan Kucing Saat Hendak Pergi

Kucing putih dalam ransel bening, dipangku seorang wanita dalam mobil.
Pilih pet cargo yang tepat untuk kucing agar ia merasa nyaman

Ketika kucing dan cat pawrents sudah berdiskusi untuk mengajak mereka pergi dan kucing tampak tertarik, maka sekarang adalah waktunya untuk menyiapkan semua perlengkapan kucing ketika akan bepergian.

Biasanya keperluan kucing pergi berbeda dilihat dari seberapa jauh cat pawrents mengajak pergi anabul. Jadi, siapkan keperluan perlengkapan yang disesuaikan dengan destinasi pergi dan juga lamanya waktu pergi.

Beberapa keperluan kucing saat bepergian adalah pet cargo, cat harness, atau tas khusus untuk membaca kucing yang dilengkapi dengan plastik transparan yang ada aliran udaranya. Cat pawrents bisa memperoleh tas dengan style seperti ini agar memudahkan membawa kucing yang rewel tidak mau berjalan sendiri. Jangan lupakan cemilan untuk kucing juga ya!


Beri Kucing Cemilan Terlebih Dahulu Sebelum Pergi

Ada baiknya agar memberi kucing cemilan sebelum bepergian. Kucing yang sudah diberi cemilan bisa mengatasi kerewelan saat kucing hendak dipakaikan harness atau tali kekang. Selain itu kucing yang diberi cemilan akan lebih berkurang sifat agresifnya.

Memberikan cemilan akan mempermudah cat pawrents agar bisa melakukan kegiatan setelah menyiapkan perlengkapan kucing, yaitu dengan memakaikan kucing tali kekang. Ada juga pakaian dan aksesoris yang bisa dipakaikan ke anabul supaya mereka terlihat keren.

Cat pawrents juga perlu melihat waktu yang tepat untuk bisa mengajak kucing pergi, karena di ada waktu tertentu yang bisa membuat kucing jadi mengantuk setelah diberi cemilan. Jadi jika tujuan pergi adalah untuk mengajak kucing refreshing, akan lebih baik jika mementingkan jadwal kucing masing-masing terlebih dahulu ya!


Berikan Kucing Perlengkapan Bepergian


Kucing hitam yang dipasangi cat harness berada duduk diam di atas rumput.
Cat harness mungkin Anda perlukan saat mengajak kucing ke luar rumah

Perlu untuk diperhatikan ketika hendak membawa kucing pergi adalah dengan memberikannya perlindungan. Memakai cat harness mungkin akan diperlukan, yang juga cocok untuk kucing yang sangat aktif. Cat harness fungsinya untuk menjaga kucing agar tidak berada terlalu jauh saat berada di luar.

Cat harness yang ada di pasaran memiliki bentuk pola 8 dan huruf H. Variasi ini memudahkan cat pawrents untuk memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan yang paling cocok dengan bentuk tubuh kucing. Selain itu, pastikan memilih cat harness sesuai ukuran ya.

Selain cat harness, pakaian kucing juga kini tersedia untuk menambah kelucuan kucing saat berada di luar rumah. Jika cat pawrents adalah orang yang senang dengan fashion, maka pakaian kucing bisa menjadi alternatif untuk membuat anabul terlihat keren saat jalan-jalan. Hal ini semakin menambah rasa antusias dari orang-orang yang melihat anabul saat sedang bepergian


Gendong Kucing Saat Sedang Naik Kendaraan

Jika semua persiapan sudah dilakukan saatnya membawa kucing untuk diajak naik kendaraan. Naik mobil maupun motor, setiap kucing lumrah merasa takut dan pastinya perlu untuk mengetahui dan membiasakan diri sehingga mereka merasa nyaman berada di kendaraan.

Oleh karena itu, kucing harus terbiasa dulu diajak naik kendaraan dengan cara digendong terlebih dahulu untuk mengerti medan alat transportasi yang digunakan bepergian. Coba pahami dengan reaksi kucing Anda. Cat pawrents tentunya akan mengajak kucing naik kendaraan untuk pergi ke dokter hewan atau grooming di tempat terdekat.

Biasanya jika kucing tidak memberontak saat dibawa, ada kemungkinan kucing merasa nyaman atau sudah terbiasa untuk diajak bepergian. Jika tidak mau makan, jangan memaksa kucing untuk ikut karena nanti bisa mengganggu kenyamanan saat bepergian.


Beri Kucing Waktu Adaptasi di Alat Transportasi

Ketika kucing sudah ada di alat transportasi untuk diajak bepergian, maka perlu juga agar para cat pawrents mementingkan kenyamanan kucing. Jadi coba tes bentuk adaptasi kucing saat akan berangkat.

Jika menggunakan motor, maka kucing bisa digendong di depan dada menggunakan gendongan. Ada juga yang menaruh kucing di belakang, di dalam tas atau pet cargo. Pet cargo berbentuk ransel bisa dipilih untuk mempermudah posisi Anda membawa motor. Setelah kucing berada di gendongan atau di dalam tas, coba mengajak kucing jalan-jalan naik motor di sekitar perumahan selama 2-3 menit. Ketika kucing merasa nyaman, tidak gelisah dan menikmati perjalanannya, berarti cat pawrents bisa mengajak kucing naik motor ke destinasi yang lebih jauh.

Apabila menggunakan mobil, cobalah untuk tidak membuatnya mengeong ketakutan ketika mobil sudah dalam keadaan terkunci pintunya. Perhatikan kondisi apakah kucing bisa duduk tenang dengan melihat-lihat keadaan sekitar di kursi penumpang depan maupun di belakang. Jika kucing tidak rewel maka cat pawrents sudah bisa mengajak anabul bepergian dengan mobil ke mana saja.


Ajak Kucing Bersenang-senang dengan Keadaan Sekitar

Tujuan utama cat pawrents mengajak kucing jalan-jalan tentunya untuk menghibur kucing atau mengajak mereka turut serta dalam kegiatan kita di luar rumah, seperti refreshing misalnya. Jadi, ajaklah kucing Anda untuk bersenang-senang saat itu. Biarkan mereka mengeksplorasi saat sedang naik kendaraan atau ketika sudah sampai di tempat tujuan.

Kucing Anda akan senang apabila sering diajak berinteraksi karena mereka pada dasarnya adalah makhluk sosial. Merasakan hal yang berbeda dari yang biasanya berada di dalam rumah, kucing akan merasakan pengalaman baru yang membuat mereka jadi semakin dekat dengan pemiliknya.


Setiap diri kita yang berniat membuat ikatan batin dengan mengajak kucing jalan-jalan akan sungguh merasa misinya terpenuhi ketika melihat anabul aktif dan rileks, menikmati setiap perjalanan, bahkan antusias ketika diajak kemana pun Anda pergi.

Mencegah anxiety kucing saat travelling adalah hal yang memerlukan perhatian. Hal ini penting dilakukan terutama sebelum kucing diajak bepergian. Semoga artikel ini bermanfaat dalam menjawab setiap kegundahan cat pawrents ketika akan mengajak kucing jalan-jalan. Anabul yang sehat dan bahagia adalah hal yang tentunya membuat cat pawrents inginkan.

Kunjungi artikel menarik lainnya di sini.

8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page