top of page
ismaniarsutardi

9 Tips Sukses Merawat Anjing dan Kucing Supaya Akur

Memelihara kucing atau anjing tentu sangat menyenangkan. Selain menghibur, hewan-hewan berbulu ini bisa menemani kita saat kita butuh teman. Tapi apa jadinya ya kalau kita memelihara anjing dan kucing sekaligus dalam satu rumah? Duh, pasti pusing ya rasanya? Apalagi kucing dan anjing ini terkenal suka bertengkar! Tapi don’t worry, kami punya tips yang tepat untukmu yang ingin memelihara anjing dan kucing sekaligus dalam satu rumah.


Sebenarnya Bisa Tidak Ya Anjing dan Kucing Akur?

Anjing berwarna cokelat-putih bermain dengan kucing belang di halaman rumah
Anjing dan kucing memiliki kepribadian berbeda, namun keduanya membutuhkan kasih sayang yang sama (sumber gambar: unsplash).

Kenyataannya, semua tergantung beberapa faktor, misal saja umur dan kepribadian kedua hewan ini serta pemiliknya, atau ruangan tempat kedua hewan ini tinggal, atau juga waktu yang kamu berikan untuk keduanya. Biar kamu semakin yakin, lancar, dan nyaman dalam memelihara anjing dan kucing, yuk ikuti tips berikut!


1. Berikan Waktu yang Adil Untuk Anjing dan Kucingmu

Kedua hewan ini butuh perhatian dan quality time darimu sebagai pemilik, namun begitu, mereka punya cara yang berbeda dalam menghabiskan waktu bersamamu. Kalau kamu terbiasa memelihara kucing, kamu wajib beradaptasi serta mempelajari bagaimana memelihara anjing. Belum lagi, kamu wajib mencurahkan waktu yang sama untuk mereka. Jangan sampai salah satu di antara mereka merasa kamu tidak adil karena lebih memperhatikan yang lain.


2. Tentukan Area Khusus Untuk Anjing dan Kucing

Kucing adalah hewan teritorial, jadi tidak heran, kucingmu butuh ruangan tersendiri yang tidak bisa diakses oleh anjingmu. Hal ini mencegah kucingmu agar tidak stres, apalagi jika kucingmu baru pertama kali bertemu dengan anjing. Kamu juga wajib memisahkan wadah makan mereka. Hal ini juga membantu mereka untuk punya batasan area sendiri.


3. Berikan Mereka Makanan pada Waktu yang Sama

Memberikan mereka makanan pada waktu yang sama akan membantu mereka dalam bersosialisasi dan saling mengenal satu sama lain. Seperti yang kami sebut di tips sebelumnya, mereka harus makan di wadah yang terpisah. Usahakan memberikan makan kucing di area dekat dengan pintu tertutup, sementara si anjing di sisi lainnya. Hal ini dikarenakan indera penciuman mereka yang peka dan mempersepsikan satu sama lain dengan cara yang berbeda pula. Ketika mereka mengendus satu sama lain saat mereka rileks, kemungkinan besar mereka akan saling menerima kehadiran masing-masing.


4. Kenalkan Anjing dan Kucingmu dengan Mainan Mereka Terlebih Dahulu

Sebelum memperkenalkan anjing dan kucingmu secara tatap muka, ada baiknya kamu memperkenalkan mainan mereka terlebih dahulu. Coba kenalkan anjingmu dengan mainan si kucing, atau sebaliknya. Ini akan membantu mereka untuk mengenalkan mereka dengan hewan yang akan jadi teman mereka nanti. Belum lagi, hal ini juga akan menjawab insting penasaran mereka, sehingga resiko mereka bertengkar bisa menurun drastis.


5. Berikan Mereka Waktu untuk Saling Mengenal

Ketika kamu memperkenalkan pertama kali anjing dengan kucingmu, hindari menemani mereka sendirian. Ajak keluarga atau kerabatmu. Tindakan ini mencegah kedua hewan tersebut merasa tegang dengan satu sama lain, serta denganmu. Nah orang ketiga ini yang akan menjadi penengah di antara kalian.


6. Awasi Terus Perilaku Mereka

Saat pertama kali memperkenalkan anjing dan kucingmu, kamu harus terus memonitor perilaku dan tingkah mereka. Kita tidak akan pernah tau apa reaksi mereka saat bertemu, dan untuk mencegah hal ini, baiknya kamu memberikan pembatas kecil terlebih dahulu dalam memperkenalkan mereka. Bisa saja, saat anjingmu bertemu dengan kucingmu, ia akan menggongong keras dan tubuhnya gemetaran. Saat ini terjadi, tugasmu adalah menenangkan dan mengalihkan perhatian anjingmu. Jika kucingmu tiba-tiba menundukkan kedua telinganya dan ekornya terus bergerak, kamu harus menjauhkannya dari anjingmu terlebih dahulu.


7. Manfaatkan Makanan atau Treat

Baik anjing ataupun kucing, mereka pasti suka makanan atau treat. Nah kamu bisa lho memanfaatkan makanan atau treat ini agar mereka akur. Gunakan makanan atau treat sebagai reward jika perilaku mereka baik satu sama lain. Jangan lupa juga untuk memberikan mereka pujian. Mereka akan terus termotivasi untuk akur satu sama lain!


8. Atur Budget untuk Keduanya

Memelihara anjing dan kucing jelas membutuhkan biaya lebih banyak daripada memelihara satu hewan saja. Bukan hanya perihal makanan, kamu juga harus mengeluarkan biaya untuk perawatan serta kesehatan mereka. Jangan sampai karena keinginanmu memelihara mereka namun kemampuan finansialmu tidak mencukupi, mereka jadi terbengkalai. Atur keuanganmu dengan baik, pikirkan resikonya. Jika sudah siap, kamu bisa lanjut untuk memelihara anjing dan kucing sekaligus.


9. Tetap Tenang dan Fokus

Tips terakhir yang tidak kalah penting: coba untuk tetap tenang dalam memelihara mereka. Percayalah, anjing dan kucing bisa mengendus ketika kamu tegang atau stres, yang akhirnya mempengaruhi mereka juga. Tunjukkan bahwa kamu bisa tenang dan tetap bisa jadi teman yang baik untuk mereka. Sikapmu yang tenang dan positif akan membuat mereka bisa terus akur.





8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

留言


bottom of page