top of page
ismaniarsutardi

Yuk, Cari Tahu Maksud Bahasa Tubuh Kucing Berikut Ini!

Diperbarui: 7 Apr

Kucing calico rebahan di latar belakang oranye terang
Bahasa tubuh kucing dapat menandakan kasih sayang mereka ke Anda (sumber: unsplash)

Perilaku dan gerak-gerik kucing ke cat pawrents nyatanya merupakan tanda bahwa si anabul sedang mencoba berinteraksi. Kadang kalanya kucing suka mendekatkan tubuhnya ke arah cat pawrents dengan menggunakan beberapa anggota badannya. Ini yang disebut sebagai body language atau bahasa tubuh kucing.

Kucing mengeong untuk menyampaikan maksud atau tujuan mereka kepada manusia. Selain itu, kucing juga terbiasa menyampaikan sesuatu yang ingin ditunjukkannya ke cat pawrents dengan menggunakan bahasa tubuh mereka. Banyak diantara cat pawrents yang secara langsung dapat melihat yang dilakukan kucing ketika 'berbicara' dengan kita.

Penasaran apa sebenarnya maksud dari anabul yang suka sekali menggesekkan tubuhnya? Jangan bertanya-tanya lagi kenapa dan coba gali informasi pada artikel ini untuk mengenal body language kucing yang ada banyak macamnya sehingga mempermudah cat pawrents untuk bisa terkoneksi dengan kucing kesayangan.


Mengenali Bahasa Tubuh Kucing Peliharaan dan Maksudnya


Kucing tabby dengan ekore melengkung, background putih
Bahasa tubuh kucing banyak contohnya, misalnya saat mereka menggoyangkan eokr atau mengeluskan kepalanya (sumber: unsplash)

Ada beberapa maksud dari kelakuan kucing yang mencoba berinteraksi dengan kita, para cat pawrents. Beberapa bahasa tubuh kucing layaknya mengelus-eluskan kepala ataupun juga meregangkan tubuhnya, sebenarnya itu semua ada artinya lho! Yuk, mulai mengenal bahasa tubuh kucing peliharaan dan kenali apa maksudnya di point-point bawah ini.


1. Mengeluskan Badan, Ekor atau Kepala

Tingkah lucu dan gemas kucing saat mengeluskan anggota badannya ke cat pawrents adalah salah satu bentuk rasa sayang anabul. Saat mengeluskan beberapa anggota badan tertentu seperti kepala, ini menunjukkan jika kucing sedang memberikan rasa terima kasihnya ke cat pawrents.

Selain kepala, badan dan ekor kucing yang mengelus ke cat pawrents saat berdiri adalah bahasa tubuh atau body language kucing yang menginginkan agar dimanja atau diperlakukan secara khusus. Kucing sebagai hewan peliharaan adalah salah satu yang sangat suka dimanja. Kedekatan kucing dengan cat pawrents lebih intens jika dibandingkan dengan beberapa anabul-anabul lainnya. Mereka penuh dengan kasih sayang.


2. Menggelengkan Kepala ketika Dilihat

Pernahkah cat pawrents yang melihat ke arah wajah kucing kemudian secara tidak sengaja anabul tersebut menggelengkan kepala saat bertatapan? Jika pernah, maka ini adalah salah satu bentuk bahasa tubuh dari kucing yang menandakan jika mereka sedang punya rasa penasaran. Bahasa tubuh kucing ketika sedang menggelengkan kepala ketika dilihat oleh cat pawrents juga menunjukkan jika mereka sedang bertanya, mengapa anda sedang melihat ke arah mereka.

Ternyata kucing juga memiliki bahasa tubuh seperti menggelengkan kepala ini tidak hanya dilakukan kepada para cat pawrents, namun juga ke kucing lainnya yang saling bertatapan. Tidak menutup kemungkinan, bahasa tubuh ini memiliki arti yang juga sama dengan perilaku kucing ke cat pawrents.


3. Menidurkan Diri dengan Badan Terlentang

Kucing punya gaya tidur yang berbeda-beda, salah satunya adalah tidur dengan posisi terlentang. Posisi tidur kucing dengan tubuh terlentang seperti posisi tidur manusia pada umumnya ketika tidur ini menandakan jika kucing sedang tidur dengan keadaan lelah. Selain berarti kucing sedang kelelahan, tidur terlentang menunjukkan jika kucing sedang tertidur dengan pulas.

Jika cat pawrents menemukan anabul sedang tertidur dengan posisi seperti ini, jangan bangunkan kucing Anda atau melakukan sesuatu yang membangunkan kucing. Alasannya adalah kucing yang sedang tidur terlentang menandakan jika dia lelah dan butuh waktu tidur yang lebih lama.


4. Menelungkupkan Wajah ketika Posisi Bersandar

Kucing juga merupakan hewan yang suka menyandarkan seluruh badannya di tempat yang nyaman. Kadang kala pose kucing yang sedang bersandar ada banyak macamnya. Salah satunya adalah pose menelungkupkan kepala di dasar permukaan tempat bersandar atau posisi kepala tidak dalam keadaan tegak.

Acapkali menemukan kucing bersandar dengan pose tersebut, menandakan jika kucing sedang melamun atau merenungi nasibnya. Ada juga yang mengatakan pose kucing bersandar seperti menelungkupkan wajah berarti anabul sedang bersedih hati. Jika cat pawrents menemukan kucing yang sedang bersandar dan menelungkupkan wajahnya, ajaklah bicara atau bermain dengan mereka.


5. Menggosok Telinga dengan Tangan

Kerap menemukan kucing sedang menggosok telinga dengan tangan mereka ketika sedang duduk adalah salah satu bahasa tubuh yang dilakukan kucing ketika baru saja bangun dari tidurnya. Kucing terbiasa melakukan bahasa tubuh ini ketika mereka merasa sudah puas tertidur dan ingin mengembalikan kesadaran penuh ketika baru saja bangun dari tidurnya.

Bahasa tubuh menggosokkan telinga dengan tangan ini juga ditemukan dalam keadaan lainnya, yaitu ketika kucing sedang nyaman dengan keadaannya. Hal ini membuat kucing jadi bebas untuk mengekspresikan kenyamanannya melalui menggosok-gosok telinga mereka dengan tangan. Kucing yang nyaman dengan keadaannya ini menandakan jika mereka sedang ingin sendirian.


6. Menjilat Tangan dengan Mulut

Salah satu bentuk bahasa tubuh kucing yang menandakan jika mereka sudah kenyang dan perut terisi adalah dengan menjilat tangan dengan mulut mereka. Banyak kucing yang terbiasa melakukan hal ini terutama sesudah diberi makan. Hal ini menandakan bahwa anabul Anda sudah merasa puas dengan jatah makan pemberian cat pawrents.

Selain berarti sudah kenyang, body language menjilat tangan dengan mulut ada artinya jika kucing sedang membersihkan tangan mereka. Kucing termasuk hewan yang suka bersih-bersih dengan menjilat seluruh badannya. Tidak hanya kucing liar yang jarang mandi, kucing peliharaan juga masih bisa reflek menjilat tangan mereka dengan mulut ketika merasa bagian telapak tangannya kotor.


7. Meregangkan Tubuh di Dekat Cat Pawrents

Apabila cat pawrents suka menemukan kucing sedang meregangkan tubuh atau melakukan body stretching di dekat Anda, berarti bahwa kucing ingin mendapat perhatian lebih atau mengajak bermain. Kucing yang aktif biasanya akan melakukan hal ini saat sedang ingin mengajak cat pawrents untuk bermain.

Selain itu, body stretching yang dilakukan oleh kucing pada umumnya menandakan jika mereka ingin bergerak lebih dari keadaan yang sebelumnya sedang bersandar. Bisa jadi karena mereka lelah bersandar dan otot-otot tubuhnya sedang kaku. Sehingga memilih untuk body stretching.


8. Menggoyang-Goyangkan Ekor

Ketika melihat kucing sedang menggoyang-goyangkan ekornya menandakan jika kucing sedang bersemangat. Ada beberapa hal yang membuat bahasa tubuh kucing seperti menggoyang-goyangkan ekor ini terjadi. Diantaranya adalah ketika kucing mengelilingi banyak teman kucing lainnya dan ketika cat pawrents mengajak bermain dan memberi perhatian lebih.

Banyak cat pawrents yang juga suka melihat ekor kucing yang digoyang-goyangkan ketika diajak bermain. Hal ini berarti kucing menikmati permainan dari Anda dan begitu pula mereka merasa otaknya terlatih melalui fokusnya saat sedang bermain bersama. Kucing yang merasa tertantang tidak menutup kemungkinan memiliki body language seperti ini.


Bagi cat pawrents yang masih pemula dalam memelihara kucing, tidak biasa bagi Anda untuk mengenal bahasa tubuh kucing. Namun apabila sudah terbiasa dengan melihat gerak-gerik kucing, maka berbagai macam bahasa tubuh yang dijelaskan di artikel ini sudah bisa diketahui maksudnya. Tidak hanya manusia yang bisa menunjukkan rasa sayang, anabul juga pandai menyampaikannya melalui bahasa tubuh mereka di cara yang tidak terduga.


Baca artikel menarik lainnya mengenai kucing di sini


32 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page